Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Untuk Pemula

Aplikasi Belajar Coding Terbaik Untuk Pemula
Placelearn.com - 7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Untuk Pemula. Ada yang bilang kalau belajar coding itu memakan waktu yang lama? banyak yang bilang kalau belajar coding itu memakan waktu apalagi anda tidak sungguh-sungguh dalam belajar maka itu akan sangat rumit lagi. tapi untuk sekarang sepertinya belajar coding bukan suatu masalah lagi karena sudah banyak platform digital yang menyediakan belajar diinternet melalui youtube ataupun google. materi sudah tersebar secara luas dan komplit. 

Dalam pembahasan kali ini Placelearn.com akan membahas perilal applikasi belajar coding .ketika kita mau belajar sesuatu alangkah baiknya kita paham terlebih dahulu apa yang kan kita pelajari untuk itu kita pengenalan terlebih dahulu terhadap coding. apa itu coding ?

Apa Itu Coding?

Sebenarnya coding itu apa sih ? bagaimana cara buat coding ? mengapa harus belajar coding ? banyak sekali orang yang baru mengenal dunia informatika bertanya hal seperti itu.jadi coding itu adalah sebuah kumpulan syntax atau code pemrograman yang cara penulisannya itu sesuai aturan yang baku.

lalu bagaimana sih cara coding ? kalian bisa menggunkan bantuan software text editor , biasanya notepad ++ , sublime text dll sesuai jenis bahasa pemrograman yang ingin dipelajari misal bahasa C , C++ , Phyton dll. lalu untuk apa belajar coding , untuk anda yang tertarik dengan coding , dengan coding anda bisa membuat website , dan applikasi android sendiri dan kemungkinan dimasa yang akan datang hal semacam ini akan banyak dicari oleh perusahaan.

Mengapa belajar Coding ?

pertanyaan ini sering kali dilontarkan oleh orang yang belum mengetahui dan paham mengetahui coding ,didalam dunia coding itu ada banyak sekali jenis coding, ada coding untuk website , applikasi android , game dan lain lain.tetapi mengapa harus belajar coding seperti yang sudah saya katakan diawal tadi kemungkin besarnya banyak perusaaan perusahaan besar yang akan mencari anda jika anda jago coding .

apalagi kita sudah memasuki perkembangan industri 4.0 dan itu merupakan investasi besar bagi anda, jika anda sekarang sedang mendalami coding saya mohon jangan siasiakan itu.belajar yang sungguh-sungguh.dibawah ini  saya berikan rekomendasi untuk anda bebrapa software jika anda ingin belajar coding.

1.Code::Blocks

Code::Blocks

Code:: Blocks adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat digemari. Code::Blocks merupakan applikasi Sumber terbuka, lintas platform, bahasa C , C ++, dan Fortran IDE gratis. Code :: Blocks adalah bahasa C, C ++ dan Fortran IDE gratis yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Ini dirancang agar sangat extensible dan dapat dikonfigurasi sepenuhnya.

Terakhir, IDE dengan semua fitur yang Anda butuhkan, memiliki tampilan, rasa, dan operasi yang konsisten di seluruh platform.Dibangun di sekitar kerangka kerja plugin, Code::Blocks dapat dipasang dengan plugin. Segala jenis fungsi dapat ditambahkan dengan menginstal / mengkodekan sebuah plugin. Misalnya, fungsi kompilasi dan debugging sudah disediakan oleh plugin!

2. Microsoft Visual Studio

Microsoft Visual Studio

Microsoft Visual Studio merupakan aplikasi coding komputer sangat gampang buat pendatang baru. Apabila kalian seseorang pengembang yang menggunakan Komputer dengan sistem operasi Windows, sehingga kalian harus mempunyai aplikasi coding Microsoft Visual Studio. 

Aplikasi satu ini dapat digunakan buat meng- handle bahasa pemrograman simpel semacam C++ maupun yang sangat rumit semacam aplikasi berbasiskan cloud. Tidak cuma itu, Microsoft Visual Studio pula dapat diintegrasikan dengan bermacam platform semacam HoloLens, mixed reality, serta platform- platform Microsoft yang yang lai

Microsoft Visual Studio pula dapat digunakan buat menciptakan aplikasi berbasiskan Android serta iOS. Kalian bisa membuat aplikasi antivirus terbaik buat Android dengan gampang melalui dorongan Xamarin.

Perlu kalian tahu, Microsoft Visual Studio mempunyai 3 tipe. tipe awal ialah tipe Community yang dibandrol secara cuma- cuma alias gratis, tetapi sangat sedikit fitur. Tipe kedua ialah Professional serta tipe yang ketiga ialah Entreprise. Keduanya berbayar, tetapi tipe Entreprise jauh lebih baik serta sanggup menjawab bermacam kebutuhan coding seseorang pengembang.

Visual Studio Code ialah aplikasi coding php Banyak sekali code editor yang terdapat di pasaran, salah satu yang harus dipunyai ialah Visual Studio Code. Aplikasi coding satu ini ialah tipe ringan dari code editor IDE buatan Microsoft. Tetapi kelainannya, Visual Studio Code ini menawarkan jenis- jenis bahasa pemrograman yang lebih luas

Kalian dapat mempraktikkan coding, baik itu dengan bahasa pemrograman Javascript, PHP, Typescript, C, C Plus Plus, C Sharp, serta yang lain. Aplikasi satu ini pula sediakan fitur IntelliSense yang menolong dalam menanggulangi bermacam kesalahan penyusunan kode.

Tidak hanya itu aplikasi ini pula sangat sesuai buat Kamu yang menggunakan sistem pembedahan Linux sebab terdapatnya tempat penyimpanan istimewa buat GIT sehingga Kamu tidak butuh mengunduh add- on bonus.

Berita baiknya, aplikasi coding buat laptop satu ini dapat diunduh secara gratis serta dapat digunakan minimun di Komputer dengan Windows 10. 

3. Sublime Text

Sublime Text

aplikasi coding java Aplikasi lain yang harus dipunyai pengembang ialah Sublime Text. Sublime Text ini dapat menjawab bermacam kebutuhan pemrograman dengan kilat serta efisien.

Tidak hanya berisikan fitur- fitur bagus( Integrated Development Environment), aplikasi coding satu ini pula sediakan fitur Phyton Scripting yang sanggup mengkostumisasi bermacam kode pemrograman.

Aplikasi satu ini pula menggunakan API sehingga dapat digunakan di bermacam platform. Tidak cuma itu, tampilannya pula sangat user- friendly, sehingga kalian hendak merasa lebih aman dikala memakainya.

Ada 2 tipe ialah gratis serta berbayar, apabila mau yang lebih powerful, yakinkan kalian menggunakan Sublime Text tipe berbayar. Nah apabila Kamu mau menggunakan lisensi berbayar, sampai Kamu mesti merogoh kocek$70 ataupun kurang lebih 980. 000 dengan kurs 14. 000 pada dikala postingan ini prtama terbit. Aplikasi satu ini pula sangat ringan yaitu 22MB, jadi tidak memberatkan Komputer. 

4. Notepad++

Notepad++

Notepad++ pula saah satu aplikasi pemrograman yang kerap dipakai oleh programer pendatang baru. Pada esensinya, Notepad++ ialah tipe lanjutan dari Notepad. Tetapi Notepad++ ini sangat berbeda dengan Notepad, sebab Notepad++ lebih menunjang bahasa pemrograman.

Aplikasi satu ini menggunakan bahasa C++ serta sanggup mengeksekusi bermacam tata metode coding dengan gampang. Notepad++ ialah aplikasi yang sangat ringan serta sederhana, sehingga kalian dapat memakainya kapanpun, tanpa butuh mengernyitkan dahi.

Kala kalian menuliskan kode syntax, hingga kalian hendak menciptakan banyak garis bercorak. Nah apabila terdapat kode yang salah, hingga applikasi ini bakal memunculkan baris kode yang di- highlight, sehingga memudahkanmu dalam menangani bermacam error

Notepad++ ini dapat Kamu download secara free di web resminya. Karna menggunakan bahasa C++, aplikasi satu ini ukurannya sangat ringan ialah 2. 7MB saja, jadi Kamu dapat mengunduhnya dengan kilat.

Sebab ini merupakan program open source, pengguna dapat menggunakan serta mengenakan aplikasi ini buat bermacam keperluan. Kamu dapat mengedit sistem coding yang telah terdapat, menciptakan bug, memberikan plugin, serta yang lain. 

5. Python

python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bertipe Loosely Typed Language, Maksudnya tidak memerlukan identifikasi jenis informasi secara manual sewaktu Kamu membuat suatu variable

Python memiliki sebagian jenis informasi yang lumayan unik apabila dibanding dengan bahasa pemrograman lain semacam C ataupun Java. Jenis informasi di bahasa pemrograman python dipecah jadi 2 kelompok ialah Immutable serta Mutable.

6. Atom

Atom

atom merupakan salah satu text editor yang cara penggunaannya itu sama dengan applikasi- appliaksi yang lain.atom adalah applikasi open source dan free artinya anda bisa memakainya dengan gratis tanpa harus membeli license kepada pemilik software ini. dalam applikasi ini dilengkapi dengan plugin yang biasa ditulis Node.js yang dibesarkan github

7. Arduino

Arduino

Arduino IDE( Integrated Development Environment) merupakan aplikasi yang di pakai untuk memprogram di arduino, dengan kata lain Arduino IDE sebagai media buat memprogram board Arduino. Arduino Ilham dapat di unduh secara free di web formal Arduino IDE.Arduino IDE ini bermanfaat bagaikan text editor

buat membuat,mengedit, serta pula mevalidasi kode program. dapat pula digunakan buat mengupload ke board Arduino.Kode program yang digunakan pada Arduino disebut dengan sebutan Arduino“ sketch”ataupun diucap pula source code arduino, dengan ekstensi file source code. ino.

Terima kasih sobat telah membaca artikel "7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Untuk Pemula" Semoga artikel ini bergina dan bermanfaat buat Sobat semua. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

Posting Komentar untuk "7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Untuk Pemula"

close