Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Faktor Terbesar Penyebab Gagal Menjadi Blogger Sukses

Faktor Terbesar Penyebab Gagal Menjadi Blogger Sukses

Placelearn.com - Hallo teman-teman semua, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Faktor Terbesar yang menjadi Penyebab Gagalnya Menjadi Blogger Sukses. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel ini sampai selesai supaya tidaj gagal paham.

Menjadi blogger adalah suatu hobi unik, itulah yang berada dalam pikiran saya sampai saat ini. Namun, disamping itu tentu kita tahu bahwa dengan menjadi Blogger juga bisa menghasilkan rezeki tambahan dan bahkan ada yang menjadi jutawan. 

Sekarang semakin banyak saja blogger-blogger baru bermunculan, tapi hanya sedikit saja orang yang beruntung dalam dunia Blogger dan bisa dianggap sukses. Lalu, sisanya bagaimana? Bisa dibilang ada yang masih dalam tahap perkembangan seperti saya atau memang sudah menyerah dan divonis Gagal.

Kegagalan adalah suatu peristiwa yang dimana sang subjek tidak berhasil untuk menggapai target tertentu yang dikehendakinya. Tentu tidak ada orang yang mengharapkan kegagalan, tapi tidak semua orang bisa terhindar dari kegagalan juga.

Tak beda dalam dunia blogging, ada beberapa blogger yang sudah sukses dari blog nya seperti Mas Sugeng dan ada beberapa blogger yang gagal juga dalam target nya menjadi blogger sukses.

10 Faktor Terbesar yang menjadi Penyebab Gagalnya Menjadi Blogger Sukses.

Sebenarnya banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi seorang blogger gagal menjadi blogger sukses. Karena kebanyakan jadi tidak mungkin saya tulis semua di artikel ini.

1. Tidak Ada Niat

Sebelum memutuskan untuk terjun dalam dunia blogging, kita harus tahu terlebih dahulu seluk beluk dunia blogging dan diperlukan niat dan tekad yang kuat sejak dini untuk bisa menjadi blogger sukses. Jika pada saat mulai menjadi seorang blogger tidak disertai niat, maka untuk apa jadi blogger? Ya, saya rasa ini adalah faktor terbesar yang mengakibatkan gagal menjadi blogger sukses. 

Kebanyakan blogger-blogger baru sekarang ini itu menjadi blogger hanya karena iseng-iseng saja dan tidak ada niat dan target nya menjadi seorang blogger. Jadi, sejak dini harus ditanamkan niat yang dan tekad yang kuat dalam diri sobat. Buat apa sobat jadi blogger?

Apa tujuan nya? Maka jawaban nya adalah, Saya Ingin Menjadi Salah Satu Dari Sekian Orang Yang Sukses Dalam Bidang nya, dan Bidang Saya Adalah Dunia Blogging, Saya Pasti Bisa, Saya Harus BIsa, Saya Yakin. Tanamkan kalimat-kalimat yang dapat memotivasi sobat kedalam pikiran sobat sehingga niat dan tekad sobat terus membara. 

2. Tidak Konsisten

Yang kedua ini saya rasa adalah sifat kebiasaan seorang manusia. Untuk menjadi blogger tentu kita harus rajin menulis dan mengupdate artikel secara rutin dan berkala agar blog selalu terlihat fresh. Tapi, untuk melakukan nya apakah mudah? Tentu saja tidak, karena untuk menyajikan sebuah konten berkualitas itu tidak semudah membalikan telapak tangan dan kita juga harus siap untuk mnegupdate nya secara rutin. Jadi, sobat harus mempunyai sifat konsisten agar sobat terus aja menyajikan artikel-artikel berkualitas dan mengejar target.

3. Tidak Punya Cukup Waktu

Menjadi blogger juga bisa dibilang sebuah pekerjaan sampingan dan memerlukan waktu dalam pengerjaan nya. Dari mulai riset keyword, mencari bahan artikel, memikirkan ide dan menulis, belum lagi untuk berpromosi dan proses link building nya. 

Jika dihitung sobat dapat membuat 1 artikel berkualitas dalam 1 hari dan dijumlahkan dengan semua nya sepetri riset keyword dan link building, bisa saja memakan waktu yang cukup lama sekitar 2-4 jam tergantung pada artikel apa yang ditulis dan kecepatan berpikir sobat. 

Itu hanya 1 artikel lho, jadi dalam setiap harinya minimal sobat bisa meluangkan waktu 2 jam untuk mengurus blog sobat. Tapi, jangan sia-siakan waktu sobat dengan hal-hal yang tidak berguna seperti hanya jalan-jalan di blog orang lain.

4. Menghindari Proses Dan Maunya Instant Saja

Jika sobat benar-benar ingin menjadi blogger sukses dan bisa menghasilkan uang jutaan rupiah setiap bulan nya maka sobat harus menjadi orang yang sabar. Para tokoh Blogger Indonesia atau Internet Marketer Indonesia seperti mas yadi, maxmanroe, mas eke lesmana. 

Mereka itu bisa dengan mudah mendapatkan uang ribuan dollar perupiah. Tapi, itu semua bukan tanpa proses dan hanya instant aja. Para blogger yang sudah sukses juga memerlukan waktu yang panjang. BIasanya seorang blogger sukses menghasilkan uang nya itu membutuhkan waktu bertahun-tahun, jadi jangan cepat menyerah hanya karena tidak mau melalui proses.

5. Tidak Berbakat Dalam Menulis

Pekerjaan utama seorang blogger adalah menulis artikel berkuaitas sehingga menjadi High Quality Content. Tetapi, tidak semua orang yang menjadi blogger itu berbakat dalam menulis dan hal ini lah yang menjadi salah satu faktor terbesar penyebab gagal menjadi blogger sukses. 

Memang pada saat pertama menulis adalah hal yang paling sulit mulai dari menentukan pembukaan, pembahasan sampai penutup yang harus dipikirkan matang-matang sebelum menulis, tetapi jika sudah terbiasa dan sudah lama menjadi blogger saya rasa sudah bisa membuat blogger mempunyai bakat menulis dengan ciri khas bahasa masing-masing. 

Tetapi jika ada blogger yang sudah lama menggeluti dunia blogging tapi masih tidak bisa menulis, maka dapat dipastikan dia tidak bisa sukses dalam menjadi blogger. 

Saya sarankan untuk menghasilkan High Quality Content sobat jangan terpaku terhadap tulisan orang lain, cobalah buat gaya bahasa sobat sendiri dan ini akan menimbulkan ciri khas tersenditi dan sobat makin berbakat dalam menulis dan menempuh jalan menuju blogger sukses.

6. Tidak Tahan Banting Dan Mudah Menyerah

Mungkin banyak orang diluar sana yang berpikir menjadi blogger itu hanya sekedar menulis padahal anggapan orang yang seperti itu salah besar. Untuk menjadi blogger diperlukan mental yang kuat dan tahan banting karena yang namanya Dunia Internet Marketing itu lebih kejam daripada dunia nyata.

Tentu dengan menjadi blogger pasti akan menimbulkan hubungan dalam sosial media dan kadang terjadi transaksi, namun tidak semua hubungan sosial atau transaksi itu berjalan dengan mulus. Seandainya sobat tertipu ratusan ribu atau jutaan rupiah, sobat jangan lah menyerah. 

Mari kita ambil contoh lain, biasanya jika masih awam dalam dunia perbloggingan jika kita bertanya hal basic atau dasar dalam sebuah grup atau forum kemungkinan besar kita akan dibully, nah disinilah diperlukan mental yang kuat. 

Tapi, jangan jadikan bullyan atau pengalaman kena tipu itu membuat sobat menyerah. Justru pengalaman-pengalaman itu adalah gerbang yang akan menuju jalan kesuksesan karena dalam setiap kesalahan pasti ada hikmah nya.

7. Tidak Fokus Dan Gampang Dihasut

Untuk mencapai tujuan kita sebagai seorang blogger, salah satunya kesuksesan diperlukan mainset atau pola pikir yang teguh pendirian dan sobat juga harus menentukan passion sobat. Dalam menjadi blogger, apa target bidang sobat? Apakah Jasa Tulis Artikel? Atau Publisher Google AdSense? Nah sobat harus pelajari dulu satu per satu bidang nya dan sobat pilih mana yang cocok. 

Ketika sudah sobat temukan passion sobat, maka fokuslah pada bidang tersebut dan jangan sampai target sobat sukses jadi Publisher Google AdSense sobat malah jualan artikel. Ini hanya akan membuat sobat semakin jauh dari jalan sukses. Selain tidak fokus, ada 1 faktor terbesar penyebab gagal jadi blogger sukses yang berkesinambungan, yakni mudah dihasut, digoda dan gampang jatuh dalam pera

Jika sobat melihat ada orang yang berjualan atau menawarkan jasa seperti Jasa SEO atau jual ebook ini itu dengan tawaran yang menggiurkan serta fitur yang disajikan, jangan mudah percaya. 

Jika orang tersebut sudah sukses dari trik atau cara yang dijualnya, mengapa dia masih berjualan? Nah disini bisa disimpulkan ada beberapa kemungkinan, salah satunya dia malah sukses dari menipu orang dengan produknya atau trik yang dijualnya sudah gagal. 

Tapi memang ada beberapa seller yang benar-benar menjual produk yang berkualitas, sebelum bertransaksi selalu gunakan rekber yang direkomendasikan. Jadi, intinya jangan mudah terhasut oleh hal-hal seperti itu yang ada nantinya sobat malah keluar modal lagi, jadi tetap fokus dalam 1 bidang dan kejar kesuksesan.

8. Terlalu Berambisi Dan Selalu Memikirkan Uang

Mungkin ini adalah faktor yang paling sering ditemui. Kadang blogger-blogger newbie memilih menjadi blogger itu karena tergiur oleh para senior dan mastah yang sukses meraup jutaan rupiah dari blog nya. 

Ketika tahu hal tersebut, blogger newbie malah mencari cara cepat untuk menghasilkan uang dan terlalu berambisi sehingga tiap hari mikirnya hanya uang, uang dan uang saja, padahal blog nya saja masih belum berkembang. 

Bisa dipastikan tipe blogger seperti ini hanya bertahan selama 1-5 bulan dan akhirnya menyerah. Tips dari saya, jika sobat masih baru dalam dunia blogger, jangan selalu memikirkan uang, belajar dulu cara menyajikan konten berkualitas.

9. Banyak Tanya Kurang Praktek

Nah ini juga sangat sering dijumpai. Kadang jika ada yang share foto penghasilan seseorang dan hasilnya memang terlihat wow, pasti banyak blogger yang bertanya kepada orang tersebut, dan kadang pertanyaan nya itu sangat terlalu dasar. 

Bukan hanya kepada orang yang share foto earning nya saja, kepada para senior juga banyak yang bertanya, misalnya, "Bagaimana cara mendapatkan puluhan juta dari blog?", atau "Apa teknik SEO dan bagaimana caranya agar dipageone?" dan atau "Biar dapet ribuan visitor per hari gimana ya?" Itu adalah bagian kecil dari sekian pertanyaan yang banyak dilontarkan, itu adalah pertanyaan yang sangat dasar yang jawaban nya sangat banyak di Google. 

Parahnya, setelah dikasih tau jawabnya hanya Terima Kasih atau bahkan tidak menjawab dan tidak mempraktekan tips yang diberikan. Ini lah yang akan membuat seorang blogger dipastikan gagal dan jika tidak mau praktek, trial & error, tidak mau cape gimana bisa sukses?

10. Kurang Bimbingan Dan Motivasi

Baiklah, ini adalah faktor terakhir dari 10 Faktor Terbesar Penyebab Gagal Menjadi Blogger Sukses. Untuk menjadi seorang blogger yang sukses itu saya rasa diperlukan sosok mentor yang handal dan bisa membimbing sobat melalui jalan menuju kesuksesan. 

Banyak blogger yang gagal karen tidak ada nya bimbingan dari seseorang dan kurang motivasi, mungkin banyak blogger yang sukses dengan cara otodidak, maka mereka adalah orang yang hebat karena sebuah bimbingan dan motivasi agar terus maju itu sanga penting. 

Jika sekarang sobat belum menemukan sosok yang tepat, maka segeralah cari orang yang sobat anggap bisa menjadi pembimbing yang baik dan bisa menuntun sobat djalan yang benar. Saya sendiri malah belajar dari banyak mastah dan hasilnya memang terus membantu saya dalam mengembangkan blog  ini. 

Saya tidak bisa merekomendasikan orang yang bisa menjadi mentor untuk sobat karena setiap orang kan berbeda, pembimbing saya mungkin tidak cocok jika membimbing sobat, jadi carilah orang yang tepat.

Demikianlah 10 Faktor Terbesar Penyebab Gagal Menjadi Blogger Sukses dari sudut pandang saya, Jadi bisa disimpulkan sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi kesuksesan seorang Blogger. Tetaplah fokus pada bidang dan target sobat dan terus saja mempraktekan cara yang menurut sobat cocok dan bisa dipastikan akan sobat rasakan hasilnya.

Akhir Kata

Terima kasih sobat telah membaca artikel "10 Faktor Terbesar Penyebab Gagal Menjadi Blogger Sukses" Semoga bermanfaat. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

1 komentar untuk "10 Faktor Terbesar Penyebab Gagal Menjadi Blogger Sukses"

close