Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proyek Python Untuk Pemula: 10 Ide Proyek Pemrograman Python Yang Mudah

Proyek Python Untuk Pemula
Placelearn.com - Proyek Python Untuk Pemula: 10 Ide Proyek Pemrograman Python Yang Mudah. Jadi Anda sudah selesai dengan kursus pemrograman Python pertama Anda ? Sekarang Anda mungkin bertanya: jenis proyek Python apa untuk pemula yang dapat saya buat selanjutnya?

Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman Python, inilah saatnya untuk menggunakan keahlian Anda dan membangun sesuatu yang berguna. Tetapi di mana Anda dapat menemukan ide proyek Python yang mudah dan menyenangkan untuk dibuat?

Faktanya adalah: semakin cepat Anda mulai membangun proyek Python pertama Anda, semakin baik.

Jika Anda sudah familiar dengan dasar-dasar bahasanya, Anda harus mulai berlatih proyek Python yang menyenangkan dan mudah secepatnya. Ini akan membantu Anda memahami cara kerja bahasa yang jauh lebih baik saat Anda membuat sesuatu sendiri, selangkah demi selangkah.

Tidak peduli seberapa besar atau kecil proyek Anda, selama Anda membangunnya tanpa mengikuti tutorial video atau buku. Anda perlu bekerja secara mandiri untuk mempelajari cara menerapkan keterampilan Anda sendiri.

Untuk membantu Anda memulai, saya akan memandu Anda melalui 10 proyek Python yang menyenangkan untuk pemula di posting ini. Semuanya mudah, menyenangkan, dan cocok untuk Anda jika Anda baru mengenal pemrograman.

Di akhir artikel ini, Anda akan dipersenjatai dengan banyak proyek Python untuk latihan guna meningkatkan keterampilan Anda ke level berikutnya mulai sekarang!

Apa Itu Python ?

Jika Anda tidak terbiasa, Python adalah bahasa pemrograman berorientasi objek tingkat tinggi.

Ini telah menjadi salah satu bahasa pengkodean paling populer di seluruh dunia. Python saat ini berada di peringkat # 3 di Indeks TIOBE dan lebih dari 40% responden dalam Survei Stack Overflow 2019 telah menggunakannya.

Alasan terbesar mengapa Python sangat populer adalah karena relatif mudah dipelajari. Ini memiliki sintaks yang jelas dan ramah pemula yang sangat mudah dibaca dan diikuti.

Jadi, jika Anda baru mengenal pemrograman, memilih Python sebagai bahasa pertama Anda berarti Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memecahkan masalah kode Anda dan lebih banyak waktu untuk mempelajari dan membangun proyek.

Selain itu, berkat popularitasnya, Python juga merupakan keterampilan yang diminati di pasar kerja. Rata-rata, Pengembang Python Junior menghasilkan $ 76.751 setiap tahun menurut Memang .

Secara pribadi, yang saya suka tentang Python adalah sangat fleksibel. Anda dapat menggunakannya untuk aplikasi web, pengembangan game, perangkat lunak desktop, analisis data, dan lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda baru belajar kode dan Anda tidak yakin bidang apa yang ingin Anda kuasai, Python adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk banyak proyek yang berbeda.

Anda dapat membaca semua tentang langkah pertama saya dengan Python di artikel saya Bagaimana Saya Belajar Python dalam 4 Minggu Tanpa Pengalaman .

Proyek Python Untuk Pemula: 10 Ide Proyek Yang Menyenangkan

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu Python, mari kita lihat beberapa proyek Python menarik yang dapat Anda buat sebagai pemula.

Setelah Anda mempelajari dasar-dasar Python, hal terpenting adalah mulai menggunakannya untuk menyelesaikan masalah kecil secepatnya. Faktanya, semakin kecil masalahnya semakin baik!

Jadi, jika Anda telah menyelesaikan tutorial Python atau kursus online pertama Anda, Anda adalah programmer yang lebih cakap dari yang Anda kira. Anda memiliki pemahaman dasar tentang cara kerja Python dan bagaimana Anda dapat membuat model situasi kehidupan nyata dalam program kecil.

Secara umum, saya mendorong Anda untuk menyimpan daftar ide proyek Python kecil Anda sendiri di Google Sheets atau Trello, misalnya.

Pikirkan aplikasi web sederhana yang ingin Anda buat, kumpulan data kecil yang dapat Anda analisis, atau video game 2D dasar yang ingin Anda program, misalnya.

Tetapi jika Anda kekurangan ide saat ini, mari kita lihat beberapa ide proyek untuk mendapatkan inspirasi!

Berikut adalah 10 proyek Python sederhana untuk pemula untuk dibangun:

Odd or Even?Mari kita mulai dengan proyek super mudah yang dapat Anda buat segera. Tulis program Python kecil yang meminta nomor pengguna dan memberi tahu mereka apakah itu ganjil atau genap.

1. Guessing the Number

Membuat pengguna menebak angka adalah program Python mudah lainnya yang dapat Anda tulis hanya dalam beberapa baris kode. Ini harus menghasilkan angka acak antara, katakanlah, 0 dan 100. Pemain kemudian perlu menebak angka apa itu.Jika pengguna salah menebak, program harus merespons dengan memberi tahu mereka bahwa tebakan mereka terlalu rendah atau terlalu tinggi. Ketika pengguna menebak dengan benar, program Anda harus menanyakan apakah mereka ingin bermain lagi.

Untuk sedikit tantangan tambahan, Anda dapat membatasi jumlah tebakan menjadi 5, misalnya.

2. Rock Paper Scissors

Rock Paper Scissors (atau RPS) adalah salah satu proyek Python favorit saya untuk pemula. Ini cukup sederhana tetapi tetap menantang karena Anda perlu memikirkan tentang bagaimana mengubah aturan permainan menjadi logika untuk program tersebut.

Aturannya sederhana:

  • Kertas menang atas rock
  • Batu menang atas gunting
  • Gunting menang atas kertas

Minta program Anda menghasilkan jawaban acak untuk komputer - tetapi jangan tampilkan. Kemudian, tanyakan kepada pemain jawabannya.

3. Hangman

Hangman adalah salah satu proyek Python terbaik untuk pemula yang menginginkan sedikit tantangan. Permainan ini tentang menebak kata acak dengan jumlah tebakan terbatas.

Meskipun Hangman mungkin terdengar agak sederhana, Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin penting, seperti:

  1. Anda perlu menetapkan batas maksimum untuk tebakan.
  2. Pemain perlu diberi tahu tentang jumlah tebakan yang tersisa.
  3. Pemain Anda harus bisa memasukkan tebakan mereka.

Untuk memulai, Anda memerlukan cara untuk menghasilkan kata-kata acak untuk ditebak. Cara terbaik adalah dengan membuat file teks terpisah tempat Anda menyimpan kata atau frasa pendek.

Proyek Python ini mungkin akan memakan waktu lebih lama, tetapi ini adalah praktik yang bagus. Anda harus memikirkan pilihan acak, variabel, nilai boolean, input dan output, string, panjang, dan banyak lagi.

4. Acronym

Program Python akronim akan mengambil frase atau teks tertentu dan mengubahnya menjadi akronimnya. Artinya, sebuah kata yang terdiri dari huruf pertama dari setiap kata dalam teks.

Untuk membuat akronim Anda lebih mudah dibaca, lanjutkan dan ubah huruf menjadi huruf besar dengan Python. Juga, pikirkan tentang bagaimana program akan mengambil teks sebagai input dari pengguna sambil memisahkan input pengguna itu dari logika itu sendiri.

5. Password Generator

Buat program Python yang menghasilkan kata sandi acak untuk pengguna. Pastikan program Anda mengambil beberapa masukan dari pengguna:

Berapa panjang kata sandinya?

Berapa banyak karakter yang harus ada?

Haruskah itu memiliki huruf besar dan kecil?

Haruskah itu menyertakan angka dan simbol khusus juga

Bagian terbaik tentang proyek Python kecil ini adalah Anda benar-benar dapat menggunakannya untuk menghasilkan kata sandi yang kuat untuk akun pengguna Anda sendiri di seluruh Web!

6. Word Count

Tulis program Python yang mengambil file teks sebagai input dan output berapa kali setiap kata muncul dalam teks.

Anda dapat memulai dari yang kecil dengan menghitung jumlah kata dalam daftar, misalnya. Gunakan koleksi Counter untuk ini.

Setelah Anda memahami cara kerja koleksi, lanjutkan ke masukan yang lebih canggih, seperti file teks yang lebih panjang. Anda dapat mengakses skrip buku lengkap secara gratis di Project Gutenberg untuk ini.

7. Pong Game

Membuat game Pong sederhana adalah salah satu proyek termudah untuk mempelajari cara menggunakan Python untuk video game sederhana. Anda dapat menggunakan pustaka Pygame untuk mempercepat alur kerja Anda dalam mendesain dan menulis game Anda.

Menggunakan Python untuk membuat game yang sederhana namun menyenangkan jelas merupakan salah satu cara paling menyenangkan untuk belajar bahasa. Selain itu, Anda akan mendapatkan lebih banyak ide untuk mengembangkan game Anda lebih jauh dan menambahkan fitur baru saat Anda bermain.

8. Tic Tac Toe

Tic Tac Toe adalah proyek Python yang menyenangkan untuk dibangun dalam satu hari. Ini adalah permainan di mana dua pemain bergiliran menandai kisi 3 × 3 dengan simbol silang dan lingkaran. Pemain yang mendapat tiga tanda di baris horizontal, vertikal, atau diagonal adalah pemenangnya.

Proyek Python kecil ini menyenangkan untuk dibangun tetapi mengharuskan Anda untuk memikirkan logika permainan dalam kode Anda. Para pemain harus bergiliran dan permainan harus terus berjalan sampai (1) seseorang menang atau (2) grid penuh, misalnya.

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai menulis kode Python yang sebenarnya, petakan berbagai fitur permainan. Pertama, tuliskan semua langkah yang harus dilalui program Anda. Baru kemudian mulailah menulis langkah-langkah itu menggunakan Python.

9. Odd or Even?

Mari kita mulai dengan proyek super mudah yang dapat Anda buat segera. Tulis program Python kecil yang meminta nomor pengguna dan memberi tahu mereka apakah itu ganjil atau genap.Pastikan Anda membagikan postingan ini dengan orang lain dan menyematkannya untuk nanti!

10. Horoscope

Buat program horoskop sederhana yang meminta tanda bintang dari pengguna dan membuat horoskop menyenangkan untuk mereka. Ingatlah bahwa program Anda harus menampilkan pesan kesalahan jika pengguna salah mengetik tanda.

Penutup

Terimkasih sudah membaca sampai akhir Proyek Python Untuk Pemula: 10 Ide Proyek Pemrograman Python Yang Mudah , mudah mudahan tulisan saya ini dapat membantu anda untuk mencari ide proyek python anda .

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Proyek Python Untuk Pemula: 10 Ide Proyek Pemrograman Python Yang Mudah" Semoga bermanfaat dan berguna. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

Posting Komentar untuk "Proyek Python Untuk Pemula: 10 Ide Proyek Pemrograman Python Yang Mudah"

close