Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup Chat Telegram Dengan Mudah dan Praktis

Cara Backup Chat Telegram

Placelearn.com - Hallo sobat semua, pada postingan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Cara Backup Chat Telegram Dengan Mudah dan Praktis. Seperti bisa untuk info detailnya silahkan simak artikel ini sampai selesai ya.

Para pengguna telegram saat ini tak sedikit yang melakukan proses pencadangan data telegram dengan tujuan jika akun mereka terhapus masih bisa mengembalikan file, chat, kontak atau data yang pernah dilakukan pencadangan.

Namun memang tidak semua pengguna bisa melakukan proses pencadangan tersebut. Untuk mengetahui bagaimana cara backup chat telegram, maka Kalian perlu baca ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Bagaimana Cara Backup Chat Telegram?

Langkah backup chat pada telegram memang cukup mudah untuk dilakukan. Kalian tinggal mengikuti langkah-langkah yang akan diberikan di bawah ini secara runtut. Ketika Kalian ingin mencadangkan chat di telegram bisa memakai perangkat PC dan di sini menggunakan bantuan telegram desktop.

  • Langkah pertama yaitu Kalian perlu mendownload telegram desktop lebih dahulu.
  • Setelah di sini telegram dekstop telah Kalian unduh, maka langkah berikutnya install aplikasi tersebut di laptop atau PC.
  • Setelah aplikasi tersebut terpasang maka Kalian bisa melanjutkannya dengan login ke telegram dengan menggunakan nomor yang sama seperti ketika Kalian login di smartphone.
  • Jika sudah melakukan login di telegram desktop, maka berikutnya Kalian tinggal tekan icon garis 3 vertikal yang ada di sebelah pojok kiri bagian atas.
  • Di bagian menu garis tiga vertikal tersebut Kalian bisa melanjutkannya dengan memilih pengaturan.
  • Di bagian pengaturan ini Kalian pilih bagian advance.
  • Pilih bagian export telegram data di tampilan menu advance tersebut.
  • Lakukan proses pengaturan atau atur file apa saja yang nantinya akan Kalian backup dengan cara mencentang pilihan yang sudah ditampilkan di dalam menu pop up. Kalian lakukan scroll ke bagian bawah untuk mengatur lokasi penyimpanan backup telegram.
  • Ketika semua telah diatur apa saja yang nantinya hendak Kalian backup dan telah mengatur lokasi penyimpanan backup, maka Kalian bisa melanjutkan dengan menekan eksport untuk memulai proses pencadangan data telegram.
  • Kalian tunggu hingga proses backup chat dan file selesai dilakukan.
  • Jika di sini proses pencadangan file dan juga setelah selesai, maka akan mulai muncul menu pop up.
  • Di tahapan cara backup chat telegram ini cara backup file dan chat di telegram menggunakan perangkat PC dengan bantuan telegram desktop telah berhasil Kalian lakukan.
  • Setelah proses backup chat tersebut sukses dilakukan jika di sini akun telegram Kalian terhapus maka nantinya Kalian masih dapat mengembalikan riwayat chat file dan kontak di akun telegram tersebut.

Cara Backup Chat Telegram Menggunakan HP

Proses pencadangan chat, file, telegram di HP adalah memakai aplikasi Bgram untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Dikarenakan di dalam aplikasi telegram di smartphone yang tidak terdapat menu backup. Tutorial cara backup chat telegram di HP antara lain sebagai berikut.

  • Langkah pertama yaitu Kalian download lebih dahulu aplikasi Bgram secara gratis di Google Play Store.
  • Jika Kalian sudah melakukan download aplikasi, maka Kalian bisa melakukan install di perangkat smartphone.
  • Lakukan login pada aplikasi sama seperti halnya ketika Kalian melakukan lagin di telegram.
  • Jika sudah Kalian lakukan login, maka tekan ikon garis 3 vertikal yang terdapat di bagian kiri atas.
  • Tab B Setting
  • Lakukan scroll ke bawah untuk menemukan pilihan back up yang terdapat di menu B setting
  • Di dalam menu backup tersebut, maka Kalian tinggal memilih Backup All And Save To Cloud.
  • Tunggu hingga nantinya proses backup selesai dilakukan.

Cara Melihat Hasil Eksport

Setelah cara backup chat telegram selesai dilakukan maka nantinya akan muncul pop up pemberitahuan di aplikasi telegram bahwasanya unduhan Kalian telah selesai diproses. Di dalam papan tersebut terdapat tombol show my data, sehingga nantinya Kalian tinggal menekan tombol tersebut agar bisa langsung membuka folder di mana file telegram tersebut berada.

Folder itu memiliki bentuk html yang dapat Kalian  lakukan memakai browser seperti Firefox, chrome, opera dan lain sebagainya. Namun jika suatu waktu di sini Kalian ingin membuka kembali file cadangan data tersebut, maka Kalian dapat melakukan langkah di bawah ini.

  • Langkah yang pertama yaitu Kalian buka file explorer di PC atau laptop Kalian.
  • Buka folder download kemudian cari folder telegram desktop.
  • Nantinya akan terdapat folder dengan nama yang sesuai dengan tanggal ekspor, Kalian tinggal membuka saja folder tersebut.
  • Berikutnya Kalian buka file HTML yang memiliki nama export_result untuk membukanya menggunakan browser.

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang di sini terbilang unik dan berbeda dibanding aplikasi lainnya, terutama untuk hal keamanan data dan juga privasi. Seluruh data serta file yang terdapat di dalam telegram akan langsung tersimpan di memori seperti halnya aplikasi chat lain.

Telegram ini mempunyai kelebihan penyimpanan sendiri untuk melakukan penyimpanan data yang ada di chat. Hal itu juga akan meningkatkan privasi dan keamanan dalam privasi di telegram. Di sini seluruh data chat Kalian tak akan hilang ketika melakukan login ke akun telegram ketika Kalian berganti HP baru.

Hal itu dikarenakan sistem telegram telah merestore secara otomatis. Namun terdapat sebagian orang yang di sini mencari cara mengenai bagaimana mengekspor data telegram ke memori perangkat. Hal itu dilakukan sebagai langkah cadangan jika suatu waktu data atau chat telegram harus dihapus.

Oleh karena itu perlu mengekspor data serta history chat telegram ke memori perangkat supaya tidak hilang. Terlebih lagi jika akun telegram berisi data penting yang mana di sini berkaitan dengan karir dan juga pekerjaan. Saat ingin melakukan pencadangan data maka bisa melakukan cara backup chat telegram seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Akhir Kata

Demikianlah Teman-teman semua ulasan lengkap saya tentang Cara Backup Chat Telegram Dengan Mudah dan Praktis. Semoga informasi yang saya bagikan ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.

1 komentar untuk "Cara Backup Chat Telegram Dengan Mudah dan Praktis"

close