Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Nada Dering Nama Sendiri yang Tampil Dilayar HP Kita

Cara Membuat Nada Dering Nama Sendiri

Placelearn.com - Hallo Teman-teman semua, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Tutorial Cara Membuat Nada Dering Nama Sendiri yang Tampil Dilayar HP Kita. Yang mana cara lengkapnya dapat kalian simak di bawah ini.

Aplikasi whatsapp merupakan aplikasi perpesanan singkat yang sangat tersohor di dunia. Banyak pengguna aplikasi Whatsapp di dunia. Hal tersebut dengan fitur yang disematkannya terus diperbaharui semakin canggih dan disukai penggunanya. Seperti fitur status WA, whatsapp web, whatsapp bisnis, hingga fitur pembuatan nada dering menggunakan nama sendiri ataupun nama yang mengirimkan pesan.

Aplikasi whatsapp mempunyai nada deringnya sendiri. Namun nada dering yang umum terkadang bosan untuk mendengarkannya.

Cara Membuat Nada Dering Nama Sendiri Menggunakan Sound Of Text

Para pengguna whatsapp sekarang ini seiring perkembangan teknologi dapat membuat nada dering sendiri yang berbeda dari yang lain yaitu unik, keren bahkan lucu. Seperti nada dering yang menyebutkan nama sendiri.  Cara membuat nada dering nama sendiri tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Sehingga lebih mudah dan  praktis. Langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pastikan ponsel Kalian sudah tersambung koneksi internet. Silahkan langkah pertama buka browser pada ponsel android Kalian.
  • Kemudian kunjungi  situs resmi text of speech di soundoftext.com. Situs ini merupakan situs yang bermanfaat untuk melakukan konversi suatu tulisan jadi suara atau text to speech. Dalam hal ini, suara nada dering yang akan dihasilkan nantinya akan menyebut-nyebutkan nama Kalian sendiri dengan suara tanpa ekspresi khas Google yang merupakan robot.
  • Input kalimat notifikasi yang ingin dibuat suara nada dering bersama nama Kalian sendiri di dalam kotak kosong pada kolom Text. Misalkan : Hei .... (isi nama Kalian ) ada pesan masuk di Whatsapp mohon segera dibaca. Kalimat bisa singkat dan bisa juga panjang sesuai kebutuhan dan keinginan. Kalimat bisa berupa kalimat heboh, lucu, seru, sapaan, dll.
  • Memilih bahasa pada kolom Voice. Dalam hal ini, Kalian memilih menggunakan bahasa Indonesia. Kalau Kalian memilih bahasa lain seperti English akan tampak unik dengan logat inggrisnya.
  • Kalian bisa memeriksa ulang untuk memastikan semuanya sudah terisi dengan baik dari segi kata-katanya dan juga pilihan bahasa sesuai kehendak Kalian. Setelah sudah benar dan yakin, kemudian langkah selanjutnya Kalian menekan tombol Submit yang berada di bawah halaman.
  • Proses loading akan berlangsung sangat cepat dalam hitungan detik. Suara nada dering yang dibuat oleh situs sound of text sudah jadi dan siap digunakan sebagai nada dering di aplikasi whatsapp.
  • Kalian bisa mencoba melakukan tes hasilnya dengan menekan tombol Play. Apabila dirasa sudah bagus sesuai keinginan maka Kalian bisa mendownloadnya dengan cara klik tulisan Download. Dalam waktu singkat file audio tersebut tersimpan di dalam memori ponsel android Kalian. Kalian bisa mempergunakan sebagai nada dering WA.
  • Sesudah mendownload  audio tersebut maka lakukan pemindahan lokasi file ke nada dering di aplikasi whatsapp hingga terpasang dengan baik. Caranya masuk ke aplikasi Whatsapp. Lalu ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar hp.

Kemudian pilih opsi Setelan. Dilanjutkan memilih menu Notifikasi. Kalian bisa memilih menu Nada Notifikasi. Kemudian memilih opsi “ Pilih dari File”. Kalian memasukkan nada dering nama sendiri yang telah dibuat. Kalian sudah berhasil cara membuat nada dering nama sendiri dengan mudah.

Cara Membuat Nada Dering Nama Sendiri Menggunakan Voice Of Text

Jika Kalian ingin lebih unik lagi maka Kalian bisa menggunakan nada dering nama sendiri dengan suara khas google berbahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Cara ini juga tidak membutuhkan aplikasi. Tapi hanya menggunakan bantuan situs voiceoftext.com.  Berikut ini caranya :

  • Silahkan buka browser pada hp android  Kalian dan tuliskan situs : voiceoftext.com. Kalian akan diarahkan memasuki situs resmi sound of text yang berguna untuk cara membuat nada dering nama sendiri  menggunakan suara Google.
  • Memilih bahasa yang hendak dipergunakan

Pada kolom Voice, Kalian bisa memilih Bahasa Indonesia atau sesuai kehendak Kalian dengan klik lingkaran kosong disamping kanan.

  • Pada kolom Text To Speech, Kalian melakukan pengisian kata-kata yang hendak Kalian buat sebagai nada dering pada WA. Kalian bisa menambahkan memakai nama sendiri. Misalkan : Halo ElanSuherlan ada pesan baru masuk silahkan dibuka. Namun jumlah kata yang bisa dimasukkan sebagai nada dering dibatasi sampai 200 karakter.

Sehingga sebagai gambaran nantinya setiap pesan whatsapp yang masuk ke dalam akun WA Kalian akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan dengan nada dering nama sendiri khas suara Google yang unik seperti tulisan yang telah dimasukkan.

  • Kemudian klik tombol Convert to Voice yang berada di bawah halaman. Langsung saja klik tanda panah yang berada di samping tulisan mp3 audio.  Secara otomatis, tulisan tersebut menjadi suara  format file mp3 yang tersimpan di memori hp android Kalian dan dapat dijadikan nada dering pada WA. Selanjutnya Kalian tinggal melakukan pengaturan di aplikasi whatsapp untuk memasang nada tersebut sebagai nada dering WA.

Jika Kalian merasa masih belum mencukupi untuk cara membuat nada dering nama sendiri suara google maka Kalian bisa menambahkan dengan variasi lain. Seperti nada dering  suara bayi. Situs yang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan tersebut adalah situs voicemaker.in.

Sementara itu, untuk nada dering suara Doraemon bisa menggunakakan situs  fakeyou. Untuk nada dering berbahasa jawa bisa menggunakan sound of text Jawa. Cara di atas bukan hanya bisa dilakukan di perangkat smartphone android tapi bisa juga dilakukan lewat komputer pc atau laptop.

Sangat sayang jika Kalian mempergunakan aplikasi whatsapp dengan nada dering yang itu-itu saja karena akan membuat Kalian bosan. Cara ini bisa juga dipergunakan untuk membuat seru dan menjahili orang lain. Kalian bisa cara membuat nada dering nama sendiri sehingga tampilan ponsel  lebih berbeda, keren dan unik.

Akhir Kata

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Cara Membuat Nada Dering Nama Sendiri yang Tampil Dilayar HP Kita". Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten dari Placelearn.

1 komentar untuk "Cara Membuat Nada Dering Nama Sendiri yang Tampil Dilayar HP Kita"

  1. Ternyata bisa juga ya, nada dering di jadikan nama kita.thanks

    BalasHapus
close