Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Nada Dering WA Nama Sendiri dan Nama Pengirim

Cara Membuat Nada Dering WA

Placelearn.com - Hallo sobat semua, pada tulisan kali ini Saya ingin membahas tentang Cara Membuat Nada Dering WA Nama Sendiri dan Nama Pengirim. Untuk informasi lengkapnya silahkan kalian simak postingan ini sampai selesai.

Kemajuan perangkat text to speech membuat dampak positif bagi perkembangan program maupun aplikasi yang memakai  program sepertLOi itu.  Seperti pada aplikasi Shouter yang diminati oleh para penggunanya  dalam pembuatan nada dering Whatsapp.

Untuk Kalian yang masih awam tentunya terkadang tidak mengetahui bahwasanya di dalam aplikasi Whatsapp bisa dipasang nada dering. Cara membuat nada dering WA pun sangat mudah menggunakan sebutan nama pemanggil atau nama sendiri maupun menggunakan lagu yang paling umum.

Cara Membuat Nada Dering WA Menggunakan Nama Sendiri

Ponsel android

Hal yang pertama yang harus dipersiapkan dalam cara membuat nada dering WA adalah mempersiapkan hp android dari berbagai merk. Misalkan merk Oppo, Xiaomi, Samsung dan merk lain sebagainya yang menggunakan sistem android dan support text to speech.

Untuk mengecek sebuah ponsel android telah mendukung text to speech  atau tidak sangat gampang. Caranya  dengan masuk ke menu pengaturan  pada hp dan membuka menu Pengaturan. Kemudian  pilih Bahasa dan Input.

Pada bagian menu layar Kalian bisa menyaksikan apakah ada opsi Text to speech atau tidak. Kalau ada berarti ponsel Kalian mendukung penggunaan text to speech yang bisa dipergunakan untuk pembuatan nada dering di aplikasi whatsapp.

Nada dering yang dipakai pada aplikasi whatsapp bisa berbagai macam. Kalian bisa menggunakan nada dering yang bisa menyebutkan nama pengirim, menyebutkan nama Kalian sendiri, nada dering menggunakan musik MP3 hingga nada dering menggunakan video dari youtube.

Adapun penggunaan nada dering menyebutkan nama sendiri bisa memakai aplikasi notification reader atau Sound of Text.

Paling mudah adalah cara membuat nada dering WA menyebutkan nama sendiri menggunakan situs text to speech yakni Sound of Text. Sound of Text sudah sangat populer saat ini yang bisa mengkonversi sebuah tulisan jadi audio. Kemudian audio tersebut bisa didownload jadi file mp3.

Untuk lebih lengkap, berikut ini cara membuat nada dering WA dengan menyebutkan nama sendiri menggunakan website Sound of Text, antara lain :

Buka situs Sound of Text

  • Langkah pertama, dengan menggunakan ponsel android, Kalian bisa mengunjungi situs sound of text di soundoftext.com.
  • Kemudan dilanjutkan untuk membuat nada dering menggunakan sound of text dengan mengisikan  text nama sendiri yang akan dibuat sebagai nada dering. Pada kolom Voice, Kalian bisa memilih bahasa yang mau dipergunakan. Misalkan bahasa Indonesia.
  • Langkah terakhir adalah menekan tombol berwarna hijau yakni  tombol Submit.

Setelah selesai, Kalian akan menemukan menu Sounds beserta Play dan download.  Kalian bisa melakukan tes hasilnya untuk mendengar nada dering dengan menyebut nama sendiri yang telah dibuat dengan menekan tombol Play.

Jika dirasa sudah bagus dan sesuai keinginan maka Kalian bisa menekan tombol Download untuk  mendownload audio bersangkutan untuk dijadikan nada dering pada whatsapp Kalian.

Sekarang untuk mengaktifkan nada dering dengan menyebutkan nama sendiri yang telah dibuat maka selanjutnya adalah melakukan penggantian notifikasi Whatsapp dengan nada dering nama sendiri tersebut. Berikut ini tahapannya, antara lain :

  • Silahkan ambil ponsel android Kalian, kemudian membuka apk Whatsapp.
  • Pada sudut kanan atas lakukan klik pada tiga titik yang berderet ke bawah. Kalian akan menemukan beragam opsi yang tersedia. Seperti Grup baru, siaran baru, perangkat bertaut, pesan berbintang dan setelan. Pilih saja “Setelan.” Selanjutnya Kalian dapat memilih menu Notifikasi yang berlogo lonceng.
  • Klik menu pesan. Kalian disuruh memasukkan notifikasi untuk nada pesan. Klik pada tulisan Penyimpanan Media dibawah tulisan Aksi. Akan tampil menu daftar nada dering. Dari mulai nada dering default, hening, basic bell, nada dering dari file  dan lain sebagainya.  Kalian dapat klik nada dering dari file dengan memilih nada dering  menyebutkan nama  sendiri yang telah Kalian buat sebelumnya.

Itulah cara membuat nada dering WA menggunakan nama sendiri. Untuk tahap selanjutnya Kalian bisa membuat nada dering dengan sebutan nama pengirim.

Cara Membuat Nada Dering WA Menggunakan Nama Pengirim

  • Silahkan Kalian buka aplikasi Google Playstore di hp android Kalian. Lakukan pencarian aplikasi Shouter. Kemudian download aplikasi Shouter di hp android Kalian yang hanya mempunyai ukuran file sangat kecil sebesar 1,4 MB.
  • Setelah didownload lakukan pemasangan aplikasi pada ponsel android. Klik ok pada saat ada notifikasi ijin akses telepon dan pilih bahasa default bahasa indonesia. Kemudian bakalan tampil notification Access (Important) Needed.   Klik saja tulisan Yes. Lalu pilih ijinkan apk Shouter untuk digunakan pada hp.
  • Pada layar pilih menu App Notification yang terdapat pada menu Manage Shouts.

  • Klik Enable. Lalu pilih Select Apps yang berada dibawahnya untuk menentukan aplikasi yang bisa dipakai dalam pemakaian notifikasi Shouter.
  • Silahkan scroll ke bawah sampai Kalian menemukan apk Whatsapp. Klik saja Kalian centang pada kotak kosong di sebelah kanan tulisan Whatsapp.
  • Selamat, Kalian telah berhasil membuat nada dering menggunakan sebutan nama pengirim  pada saat ada pesan masuk pada aplikasi WA.

Untuk menyempurnakan hasilnya dalam kalimat atau suara pengucapan maka Kalian dapat kembali ke menu Shouter dan pilih App Aplication. Kemudian memilih Voice Settings. Lakukan pengaturan pada Voice test, text to speech languages dan text to speech settings  sesuai yang dikehendaki.

Akhir Kata

Demikianlah cara membuat nada dering WA menggunakan sebutana nama sendiri maupun nama pengirim orang lain yang dapat Kalian aplikasikan pada akun whatsapp Kalian di ponsel android. Tentunya hal ini akan membuat ponsel Kalian lebih keren dan menyenangkan. Bagaimana mudah sekali bukan?

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Nada Dering WA Nama Sendiri dan Nama Pengirim"

close