Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Telegram Dari Dasar Dengan Mudah

Cara Menggunakan Telegram Dari Dasar

Placelearn.com - Cara Menggunakan Telegram Dari Dasar Dengan Mudah. Kalian tentu sudah pernah mendengar telegram. Telegram adalah salah satu aplikasi android yang sedang populer saat ini seiring dengan penggunanya terus meningkat per hari ke hari. Hingga saat ini sudah mencapai 1 juta lebih pengguna di seluruh dunia. Sebagian pihak menilai aplikasi Telegram menjadi media alternatif aplikasi Whatsapp.

Bagi yang telah senior atau pemain lama bermain aplikasi Telegram pasti tidak mengalami kesulitan cara menggunakan Telegram. Namun bagi pemula tentu membutuhkan panduan cara menggunakan Telegram secara baik serta benar.

Bagaimana Cara Menggunakan Telegram Dari Dasar?

1. Melakukan  pemasangan apk telegram

Hal pertama dilakukan dalam memulai cara menggunakan telegram yaitu memasang apk Telegram pada hp milik Kalian. Apabila Kalian memakai hp sistem android maka dapat  mendownload apk Telegram di Google Playstore. Sedangkan bagi pengguna ponsel sistem IOS dapat mengunduh apk  Telegram di AppStore.

Inilah langkah-langkah memasang apk Telegram pada hp android Kalian , antara lain :

  • Pastikan Kalian mempunyai koneksi internet yang stabil lancar supaya pemasangan apk  Telegram pada hp  berjalan lancar. Kemudian  juga ponsel android mempunyai ruangan memori memadai  untuk penyimpanan apk  Telegram sebesar 27 MB.
  •  Jalankan apk Google Playstore pada hp.Kemudian pada kolom pencarian masukkan kata “Telegram”. Lalu tekan tombol pencarian. Kalian mendapatkan tampilan apk Telegram dapat diinstall pada hp. Silahkan klik tombol “Install” berwarna hijau. Tunggulah sampai proses instalasi selesai. Untuk menyelesaikan proses instalasi maka Kalian bisa membuka aplikasi tersebut untuk memulai menggunakannya.
  • Melakukan pengaturan izin

Pada tahap ini, Kalian bisa memberikan pengaturan izin pada aplikasi telegram. Seperti ijin untuk akses kamera, kontak dll. Setelah semua selesai maka akan masuk ke proses selanjutnya yakni proses melakukan  login pada akun Telegram.

2. Lakukan login pada akun telegram

Siahkan bukalah apki Telegram pada hp Kalian, lal klik Start Messaging. Kalian disuruh agar mengisikan  nomor hp Kalian.

Silahkan masukkan no ponsel Kalian secara baik dan benar yang masih aktif. Langkah berikutnya,tekan  opsi ceklis di bagian atas kanan layar supaya dapat meneruskan proses pemasangan telegram secara sempurna hingga dapat menggunakannya secara baik dan benar.

Selepas memasukan no hp, Kalian menerima sebuah kode verifikasi dari pihak Telegram. Namun apabila Kalian tidak mendapatkan kode angka verifikasi,Kalian bisa meminta ulang.

Kalian disuruh melakukan proses verifikasi.  Silahkan masukkan kode verifikasi tersebut sesuai kode yang Kalian dapatkan di ponsel hingga proses verifikasi berjalan baik dan sempurna. Lalu klik tombol opsi ceklis untuk melanjutkan.

Selanjutnya, aplikasi Telegram meminta izin dari Kalian dalam pengaksesan kontak yang terdapat di ponsel. Tekan saja tombol Continue untuk memberikan ijin. Sekarang Kalian telah dapat mengggunakan aplikasi telegram.

Silahkan Kalian bisa melakukan eksplorasi untuk mengenal lebih dalam aplikasi Telegram beserta fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan secara baik. Misalkan  berkirim gambar, dokumen, ataupun teks dll.

3. Mengawali perbincangan  di apk Telegram

Penggunaan telegram secara dasar dapat dimulai dari mengawali perbincangan pada akun apk telegram. Silahkan di bagian bawah kanan tekan tombol bergambar pensil sebagai langkah  mulai mengawali perbincangan di apk telegram. Kemudian melakukan pencarian kontak diperlukan.  Kemudian masukkan kontak tersebut dan diklik hingga Kalian akan masuk pada halaman chat room.

Selanjutnya  menulis teks maupun menambahkan suara/ gambar dll dalam memulai perbincangan. Lakukan pengiriman teks maupun pengiriman  stiker, suara, dll sesuai keperluan kepada orang dituju.

4. Penambahan kontak

Pada dasarnya hampir samadengan aplikasi Whatsapp, di Apk Telegram pun, Kalian bisa menambahkan kontak. Kalian bisa melaksanakan penambahan kontak sesuai diperlukan. Caranya silahkan membuka apk Telegram. Kemudian di bagian sudut bawah kanan, tekan saja menu bergambar pensil . 

Selanjutnya pada bagian layar di sebelahkanan atas tekan menu  tambah. Hingga Kalian bisa menambahkan atau membuat daftar kontak baru sesuai kebutuhan. Silahkan Kalian melaksanakan  penambahan kontak beserta no hp terkoneksi pada telegram. 

Selanjutnya di sudut kanan layar klik ikon ceklis.  Kalian telah sukses melakukan penambahan list kontak baru serta dapat melaksanakan pengecekan pada list kontak terbaru pada apk telegram.

5. Penghapusan percakapan

Bagi Kalian yang mau menghapus perbincangan di telegram tentu bertanya-tanya bagaimana cara menghapus percakapan yang telah dibuat pada telegram?  Silahkan Kalian  tekan serta tahan kontak mau dihapus pada perbincangannya itu. selanjutnya, akan tampil berbagai opsi dapat dipilih oelh Kalian.

Kalian   tekan  saja opsi delete agar  dapat mendelete perbincangan di apk  telegram. Kalian mendapatkan pemberitahuan tentang konfirmasi apakah Kalian mau menghapusnya atau tidak.Jika Kalian tidak mau menghapusnya klik saja tombol no. Namun jika Kalian yakin mau menghapus perbincangan tersebut, tekan saja tombol Ok hingga penghapusan percakapan tersebut berhasil.

6. Pengeditan profil

Cara menggunakan telegram berikutnya adalah melakukan edit profil. Hal tersebut bisa dilakukan secara gampang dengan tujuan agar profil Kalian di telegram dapat menarik serta akurat berdasarkan data terbaru. Cara melakukan pengeditan profil di apk telegram, Kalian bisa melihat tampilan pada layar atas. Kemudian tekan ikon menu hingga tampak sub menu. Kalian klik saja sub menu Pengaturan/Setting. 

Kalian bisa  menjumpai detail informasi tentang profil.  Lalu Kalian dapat melakukan penggantian atau pengubahan no ponsel, username, bio, penggantian foto profil, mengatur suara, pemakaian data, notifikasi, latar ruang percakapan hingga pengaturan keamanan dan lain-lain pada akun telegram.

Akhir Kata

Demikian cara menggunakan telegram secara sederhana dan mudah. Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca semuanya. Walaupun singkat  mudah-mudahan sangat jelas  hingga cara menggunakan telegram tidak sulit bagi seorang pemula sekalipun.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Telegram Dari Dasar Dengan Mudah"

close