Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Makan Buah Pepaya Jika Rutin Mengonsumsinya

11 Manfaat Makan Buah Pepaya

Placelearn.com - Manfaat Makan Buah Pepaya Jika Rutin Mengonsumsinya. Seperti yang kita ketahui buah pepaya merupakn buah asli dari indonesia yang bisa tunbuh subu di mana saja. Tidak hanya rasa nya yang enak, pepaya yang rendah kalori ini ternyata punya segudang kandungan mineral dan vitamin. Tak heran jika ada banyak manfaat pepaya bagi tubuh kita.

Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari rekomendasi harian yang disarankan. 

11 Manfaat Makan Buah Pepaya Jika Rutin Mengonsumsinya

Tidak hanya itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Dengan segudang nutrisi tersebut, pepaya memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

Gangguan pencernaan bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari kurang serat, kurang air, hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Untuk mengatasinya, tentu banyak cara yang kamu lakukan. Namun, solusi alami yang banyak direkomendasikan adalah rutin mengonsumsi buah-buahan kaya serat seperti pepaya. 

Sejak dulu, buah ini memang terbukti ampuh membantu melembutkan kotoran dan membuat proses pembuangan lebih lancar. Tapi, tahukah kamu, tak hanya baik untuk sistem pencernaan, buah ini juga memiliki banyak manfaat lain yang juga luar biasa, lho. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 11 manfaat pepaya yang bisa kamu rasakan jika rutin mengonsumsinya.

Apa saja manfaat pepaya? Selain baik untuk sistem pencernaan, inilah 11 manfaat pepaya lainnya yang bisa kamu rasakan. 

1. Menurunkan kolesterol

Buah pepaya memiliki kandungan serat, vitamin, dan antioksidan. Kandungan itu sangat efektif untuk mencegah penumpukan dan menurunkan kolesterol dalam darah.

Semakin banyak kolesterol yang menumpuk, tentu akan mengganggu kelancaran aliran darah seseorang sehingga penyumbatan yang terjadi bisa memicu serangan jantung dan stroke. Untuk itu, rutin mengonsumsi buah pepaya bisa membantu kamu menjaga dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang menjalani program diet atau penurunan berat badan, tentu dianjurkan untuk mengonsumsi buah pepaya secara rutin. Bahkan, banyak yang merekomendasikan buah ini sebagai camilan sehat penunda lapar.

Anjuran itu tentu tidak sembarangan. Direkomendasikannya buah ini tidak lain karena jumlah kalorinya yang rendah. Sebagai perbandingan, pepaya berukuran sedang hanya mengandung 120 kalori saja.

Namun, seratnya memiliki keunggulan dalam menjaga rasa kenyang lebih lama. Akibatnya, kamu lebih mudah mengontrol rasa lapar sehingga lebih mudah menekan keinginan untuk makan.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Hanya dengan makan satu buah pepaya, maka kebutuhan vitamin C harian kamu terpenuhi hingga 200%. Vitamin C sendiri memainkan peran penting sebagai antioksidan. 

Terutama, untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan terjaganya sistem imun, maka tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

4. Baik dikonsumsi penderita diabetes

Meskipun pepaya memiliki rasa yang manis, namun kandungan gula di dalamnya terbilang rendah. Apalagi, indeks glikemiknya pun demikian.

Alasan inilah yang membuat pepaya menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Selain itu, fitonutrien di dalamnya juga berperan penting untuk menekan munculnya risiko diabetes.

5. Menjaga kesehatan mata

Selain vitamin C, pepaya juga tinggi akan vitamin A dan jenis flavonoid lainnya, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin.

Kombinasi semua nutrisi tersebut berperan dalam menjaga selaput lendir mata agar tetap sehat. Efek panjang mengonsumsi buah ini secara rutin, yaitu mencegah terjadinya degenerasi makula pada mata.

6. Mencegah radang sendi

Salah satu manfaat buah pepaya yaitu menjaga sendi tetap sehat. Caranya, kamu rutin mengonsumsi buah ini setiap hari. Buah pepaya merupakan sumber antiinflamasi dan vitamin C yang baik dalam menjaga kesehatan sendi. Saking pentingnya, tubuh yang kekurangan vitamin C memiliki risiko 3 kali lebih besar mengalami arthritis atau radang sendi.

7. Menjaga sistem pencernaan

Seperti penjelasan di awal, buah pepaya memang dikenal baik untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Hal ini tidak lain karena kandungan zat papain di dalamnya berfungsi untuk menjaga hal itu. Kandungan lain seperti serat dan enzim juga berperan sama, yaitu menjaga kerja sistem pencernaan tetap optimal.

8. Meringankan nyeri saat menstruasi

Manfaat yang satu ini tentu sangat dirasakan oleh wanita. Saat sedang haid atau menstruasi, wanita biasanya mengalami rasa nyeri dan sakit yang sangat tidak nyaman. Kandungan papain pada buah pepaya diyakini mampu melancarkan aliran darah haid, sehingga rasa nyeri dan sakit otomatis akan berkurang.

9. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C dan vitamin E yang tinggi membuat pepaya cocok dikonsumsi sebagai solusi alami mencegah penuaan dini.

Selain kedua vitamin tersebut, kandungan antioksidannya (termasuk beta karoten) terbukti ampuh melindungi kulit dari efek radikal bebas yang muncul. Akibatnya, keriput dan gejala penuaan bisa diatasi dan diminimalisir.

10. Merangsang Pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat buah pepaya yaitu membantu pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin A miliknya mampu merangsang pertumbuhan sebum, yaitu kandungan penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut, sehingga rambut akan terlihat lebih indah, tebal, dan kuat.

11. Mencegah risiko terjadinya kanker

Antioksidan, phytonutrient, dan flavonoid dalam pepaya secara efektif bisa berperan sebagai antikanker. Tak heran, buah pepaya kerap dikonsumsi sebagai pencegah paparan radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat ini tidak lepas dari kandungan beta karoten di dalamnya, sehingga bisa menjadi pencegah risiko munculnya kanker prostat dan usus besar.

Akhir Kata

Terima kasih sobat telah membaca artikel "11 Manfaat Makan Buah Pepaya Jika Rutin Mengonsumsinya" Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tulis di komentar. Sobat tidak di perbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

1 komentar untuk "11 Manfaat Makan Buah Pepaya Jika Rutin Mengonsumsinya"

  1. Mantap, ini salah satu buah yang sangat saya sukai...hampir tiap hari saya makan ini buah

    BalasHapus
close