Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah dan Cepat Screenshot di Windows 10

5Cara Mudah dan Cepat Screenshot di Windows 10
Placelearn.com - Hallo teman teman semua, untuk artikel kali ini saya akan membagikan Tutorial Komputer tentang Cara Mudah dan Cepat Screenshot di Windows 10. Yang bisa kalian simak ulasan nya di bawah ini dengan teliti.

Screenshot atau lebih di kenal dengan sebutan (SS) adalah metode yang digunakan oleh orang untuk mengambil suatu hal gambar pada layar perangkatnya, khususnya disini yang akan saya bahas adalah screenshot PC maupun pada laptop yang menggunakan OS windows 7, 8, 10, hingga 11.

Dengan begitu, Anda dapat dan menyimpan gambar screenshotnya pada file komputernya. Dan Anda tidak perlu menggunakan software/aplikasi lain untuk melakukakan screenshot ini. Karena pada windows sendiri sudah cukup banyak memberikan cara screenshot.

Cara Screenshot di Komputer Windows 10

Banyak jenis type cara ss PC yang bisa Anda pilih/pakai dibawah ini, dengan begitu Anda dapat dengan mudah untuk mengambil gambar pada layar desktop (SS) tanpa ribet. Jika Anda ingin mengirimkan gambar screenshotnya pada seseorang, Anda tidak perlu menyimpannya lagi. Cukup pastekan saja pada mesenggernya.

Berikut 5 cara screenshot (SS) di windows 10 dengan mudah tanpa ribet menggunakan aplikasi ketiga.

1. Snipping Tool

cara screenshot di laptop windows 10

Snipping tool - pada seluruh versi OS windows sudah disediakan fitur software snipping tool. Ini digunakan agar pengguna mudah untuk melakukan screenshot.

Cara menggunakannya:

  1. Buka aplikasi snipping tool.
  2. Setelah muncul aplikasi Snipping Toolnya, untuk cara ss nya Anda cukup mengklik bagian tab New lalu arahkan kursor Anda kebagian yang ingin di screenshotnya.
  3. Setelah berhasil mengambil screenshot, untuk menyimpannya Anda bisa menggunakan cara klik tab File - Save As lalu tinggal memasukan nama untuk hasil screenshotnya.
  4. Selain cara menyimpan menggunakan cara diatas, Anda bisa menggunakan keyboard dengan menekan tombol Ctrl+S.
  5. Jika Anda ingin mengirimkan ke orang lain atau dimasukan kedalam word misalnya. Setelah Anda sudah mengambil gambar layar, Anda tinggal buka halaman kosong word misalnya lalu cukup tekan Ctrl+V saja.

2. Keyboard Prnt Scrn/PrtSc

Cara Screenshot (SS) di Laptop

Kombinasi Prnt Scrn/PrtSc - Jika Anda ingin lebih simpel dan tidak ingin menggunakan aplikasi, Anda bisa menggunakan kombinasi keyboard untuk melakukan ss. Bedanya menggunakan keyboard ini akan menangkap seluruh gambar pada layar desktop. Berbeda dengan snipping tool, bisa ditentukan bagian mana saja yang ingin diambil layarnya.

Dan tombol Prnt Scrn ini berbeda ya antara komputer dan laptop hanya pada penulisannya saja.

Cara menggunakannya:

  1. Tentukan gambar mana yang ingin Anda ambil (screenshot).
  2. Tekan tombol Prnt Scrn/PrtSc.
  3. Jika sudah, buka sofware paint pada windowsnya.
  4. Lalu tekan Ctrl+v secara bersamaan untuk mempastenya.
  5. Dan tinggal save saja seperti cara yang sudah dijelaskan diatas.

3. Kombinasi Win+Alt+Print Scrn

5 cara screenshot di laptop windows 10 tanpa ribet

Kombinasi Win+Alt+Print Scrn - Cara yang ketiga yang bisa Anda gunakan ialah dengan menggunakan kombinasi keyboard ini secara bersamaan. Selain kita memami cara screenshot, pasti Anda akan berpikir apa perbedaan antara cara lainnya.

Perbedaan screenshot ini, Anda tidak perlu melakukan penyimpanan kembali. Dengan menggunakan metode ini file akan tersimpan secara otomatis. Dimana letak disimpannya? yaitu pada folder capture.

Cara menggunakannya:

  1. Tekan kombinasi tombol Win+Alt+Print+Scrn secara bersamaan pada layar desktop.
  2. Maka secara otomatis akan tersimpan pada folder Capture windowsnya.
  3. Untuk melihat hasil gambar screenshot yang Anda ambil caranya: Buka file explorer - pilih folder videos - lalu pilih folder capture.
  4. Dan fitur screenshot ini ialah salah satu fitur yang digunakan dari game box windows juga.

4. Kombinasi Win+H

Cara Screenshot di Komputer

Kombinasi Win+H - Perbedaan dari screenshot lainnya, ss dengan menggunakan kombinasi keyboard win+H ini yaitu tidak menangkap seluruh layar desktopnya. Yaitu ss yang dihasilkan tanpa adanya gambar taskbar pada windows. Atau artinya tanpa adanya bagian bawah.

Cara menggunakannya:

  1. Tekan kombinasi keyboard Win+H secara bersamaan.
  2. Buka software mircosoft paintnya.
  3. Lalu tinggal Anda simpan saja.

5. Kombinasi Win+Shift+S

Cara SS di Windows 7

Kombinasi Win+Shift+S - Cara ss di PC ini adalah metode yang memiliki banyak fitur dari pada screenshot lainnya.

Jadi, saat Anda menekan tombol kombinasinya, maka akan muncul 4 bagian diatas seperti gambar diatas.

Berikut penjelasan dari beberapa fitur diatas:

  • Rengtacular Snip: Mengambil screenshot menggunakan tanda plus (+) pada layar, caranya adalah klik tanda (+) lalu arahkan kebagian yang ingin Anda screenshot.
  • Free from Snip: Menggunakan fitur ini untuk menangkap layar komputer yaitu dengan menggelapkan bagian mana yang ingin Anda tangkap.
  • Windows Snip: Artinya akan menangkap layar seluruh desktop Anda tanpa taskbar, cara ini sama seperti Anda menggunakan kombinasi keyboar Win+H.
  • Full Screen Snip artinya mengambil screenshot secara penuh (desktop).

Cara menggunakannya:

  1. Tekan kombinasi keyboard Win+Shift+S.
  2. Setelah itu pilih metode ss mana yang ingin Anda gunakan, seperti yang sudah saya jelaskan diatas.
  3. Lalu tinggal simpan saja.

Nah demikianlah Cara Mudah dan Cepat Screenshot di Windows 10 Tanpa Ribet.  semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda dalam menyelesaikan atau memiliki masalah Bagaimana caranya agar anda melakukan screenshot di Windows 10 atau di Windows 8.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah dan Cepat Screenshot di Windows 10"

close