Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Bahaya Tidur Pagi Bagi Kesehatan Tubuh Yang Wajib Kita Ketahui

7 Bahaya Tidur Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Placelearn.com - Hallo Teman-teman semua, semoga dalam keadaan sehat semuanya. Untuk postingan kali ini saya akan membagikan Tips Kesehatan mengenai 7 Bahaya Tidur Pagi Bagi Kesehatan Tubuh Yang Wajib Kita Ketahui. Untuk info lengkapnya silahkan kalian baca postingan ini sampai selesai.

[Baca Juga: 10 Penyebab Gigi Berlubang Mulai dari Plak Sampai Faktor Usia]

Siapa yang menyangka kalau tidur pagi bisa berbahaya bagi otak dan pencernaan. Beberapa penelitian oleh pakar-pakar kesehatan telah membuktikan bahwa terbiasa tidur pagi bisa berakibat buruk pada kesehatan dan menyebabkan penyakit yang mengerikan.

[Baca Juga: 10 Makanan Enak Ini Ternyata Bikin Perut Kamu Tambah Lapar]

7 Bahaya Tidur Pagi Bagi Kesehatan

  • Meningkatkan Resiko Depresi
  • Resiko berat badan naik
  • Meningkatkan resiko diabetes
  • Berakibat buruk pada kesehatan jantung
  • Menurunkan daya kerja otak
  • Sakit kepala dan pusing
  • Tidur pagi tanda malas

Idealnya orang tidur selama 7 sampai 8 jam per hari. Kurang dari itu bisa menimbulkan berbagai masalah dan gangguan. Namun bukan berarti tidur lebih lama baik untuk kesehatan. Tidur pagi terlebih setelah makan bisa menimbulkan beresiko mengalami penyakit jantung dan metabolisme tubuh terganggu. 

Apa Saja Bahaya Tidur Pagi Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui?

1. Meningkatkan Resiko Depresi

Bahaya tidur pagi yang pertama adalah meningkatkan resiko depresi. Penelitian membuktikan 15% penderita depresi memiliki jam tidur yang berlebihan di pagi hari.

[Baca Juga: Cara Memutihkan Gigi Dengan Kulit Jeruk]

Hal ini umumnya disebabkan oleh sulitnya tidur di malam hari. Ternyata kebiasaan tidur pagi tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh secara fisik tapi juga berbahaya bagi kondisi psikis dan mental.

2. Resiko berat badan naik

Puasa tapi kok berat badan naik?

Berbeda dengan hari biasanya, awal bulan puasa membuat setiap orang yang menunaikan ibadah puasa lebih rentan tidur setelah subuh. Jika biasanya bangun pagi pada jam 5, bulan puasa harus bangun di jam 3 subuh untuk sahur.

[Baca Juga: 17 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kita Ketahui]

Tapi tahukan Kalian, tidur setelah makan bisa meningkatkan resiko berat badan naik?

Tidur setelah makan mengganggu proses metabolisme tubuh yang mengakibatkan perut buncit dan berat badan naik sehingga resiko terkena obesitas juga tinggi.

Tidur terlalu lama, terlebih saat puasa juga bisa menimbulkan resiko dan bahaya bagi kesehatan. 

Salah satunya, tidur setelah makan beresiko meningkatkan kadar asam lambung yang bisa berakibat pada sakit maag.

[Baca Juga: 7 Manfaat Kulit Buah Manggis dan Cara Membuatnya]

3. Meningkatkan resiko diabetes

Kurang tidur saat malam hari bisa mengakibatkan tidur terlalu lama di pagi hari. Salah satu penyakit berbahaya yang mengintai jika tidur terlalu lama adalah diabetes. Tidur pagi bisa meningkatkan resiko diabetes dua kali lebih besar.

Diabetes disebabkan oleh sistem metabolisme yang terganggu dan tidak bisa mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dengan baik.

[Baca Juga: 11 Khasiat Buah Tin Untuk Kesehatan Lelaki dan Perempuan]

Sebaliknya, penderita penyakit ini juga lebih sering tidur di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh produksi insulin yang rendah sehingga tidak mampu mengubah glukosa menjadi energi. Tanpa energi, tubah akan lebih rentan letih dan mengantuk di pagi hari.

4. Berakibat buruk pada kesehatan jantung

Terbiasa tidur pagi juga mengancam salah satu organ vital dalam tubuh manusia, jantung. Karena itu, tidur lebih dari 8 jam sehari bisa meningkatkan resiko terkena angina.

[Baca Juga: 11 Manfaat Makan Buah Pepaya Jika Rutin Mengonsumsinya]

Angina adalah rasa nyeri di dada atau rasa sesak yang biasanya disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung Beberapa penelitian juga menyebutkan tidur setelah makan bisa meningkatkan resiko terserang stroke. 

5. Menurunkan daya kerja otak

Bahaya tidur pagi yang selanjutnya adalah menurunkan daya kerja otak. Hal ini menyebabkan kemampuan analisis seseorang bisa menurun yang berakibat pada produktifitas yang menurun pula.

Tidak mau kan kerja harus dikejar deadline karena kemampuan otak menurun?

6. Sakit kepala dan pusing

Ada yang pernah mengalami tidur kembali di pagi hari namun malah sakit kepala? Hal ini disebakan oleh cairan serebrspinal yang terus mengalir di otak karena efek tidur berlebihan.

Tidur berlebihan, termasuk menyambung tidur malam di pagi hari sampai siang bisa menyebabkan sakit kepala dan pusing seharian.

Selain itu, kebiasaan tidur pagi juga meningkatkan resiko terkena anemia. Anemia adalah masalah yang diakibatkan oleh kekurangan kadar hemoglobin dalam darah.

Tidak mau kan sampai bahaya tidur berlebihan ini menyerangmu?

7. Tidur pagi tanda malas 

Berbeda dengan kamu yang shift malam, tidur di pagi hari juga menandakan sikap malas. Salah satu penyakit yang sangat tidak baik ini bukan hanya berakibat pada kesehatan tubuh dan jiwa tapi juga pada kesehatan ekonomi.

Tidur di pagi hari bisa menurunkan daya kerja otak dan produktifitas sehingga masalah keuangan bisa menjadi masalah yang serius di kemudian hari. Ujung-ujungnya, kesehatan fisik juga menjadi taruhannya karena kebiasaan tidur terlalu lama yang tidak baik untuk tubuh. 

Sudah tahu kan bahaya tidur pagi bagi kesehatan?

Tips mengatasi tidur pagi agar kamu terhindar dari masalah kesehatan seperti yang disebutkan di atas adalah dengan selalu menjaga pola tidur teratur dan kurangi begadang di malam hari. Selain itu olahraga yang cukup dan buat jadwal kegiatan hari ini ini menjadi cara mengatasi terbiasa tidur pagi.

Kesimpulan bahaya tidur pagi

Jam tidur yang ideal setiap harinya adalah 7 sampai 8 jam. Tidur lebih lama bisa, terlebih di bawah jam 11 pagi bisa mengakibatkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah terbiasa tidur pagi dan langsung tidur setelah makan yang ternyata bisa berbahaya bagi sistem metabolisme tubuh.

Terima kasih sobat telah membaca artikel "7 Bahaya Tidur Pagi Bagi Kesehatan Tubuh Yang Wajib Kita Ketahui" semoga postingan di atas bermanfaat. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

1 komentar untuk "7 Bahaya Tidur Pagi Bagi Kesehatan Tubuh Yang Wajib Kita Ketahui"

close