Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memutihkan Gigi Dengan Kulit Jeruk Secara Alami, Cepat dan Praktis

Cara Memutihkan Gigi Dengan Kulit Jeruk

Placelearn.com - Hallo Teman-teman Mannulis semua, Semoga dalam keadaan sehat. Untuk postingan kali ini saya akan membagikan Tips Kesehatan Tentang Cara Memutihkan Gigi Dengan Kulit Jeruk Secara Alami. Untuk informasi lebih detailnya, silahkan kalian simak artikel ini sampai selesai supaya tidak gagal paham.

Memiliki gigi putih bersih dan bersinar dapat menambah kepercayaan diri. Namun menjaga gigi agar tetap putih tidaklah semudah yang kita harapkan, Apa lagi bagi yang jarang menggosok gigi.

Terlebih jika kita perokok aktif dan mengkomsumsi minuman seperti kopi dan teh dalam jangka waktu yang lama, bisa dipastikan gigi putih sudah memiliki noda kuning di mana-mana jika tidak dirawat dengan baik. 

But, don't worry! Hari ini kita akan memanfaatkan salah satu bahan alami untuk memutihkan gigi, yaitu dengan kulit jeruk.

Berbeda dengan cara memutihkan gigi dengan bahan alami lainnya seperti arang dan garam yang ribet dan memiliki efek samping, kulit jeruk lebih aman digunakan untuk memutihkan gigi. Dan pastinya, kulit jeruk juga lebih mudah digunakan, baik secara langsung maupun dijadikan pasta gigi. Tapi bukan berarti tidak ada efek sampinya dan kekurangannya.

Manfaat kulit jeruk untuk memutihkan gigi

Adapun beberapa manfaat kulit jeruk untuk memutihkan gigi yang harus kamu ketahui seperti:

1. Kulit Jeruk Terbukti membersihkan karang gigi

Karang gigi adalah salah satu masalah pada gigi yang paling menjengkelkan. Penyebab karang gigi cepat tumbuh karena kurangnya kebiasaan baik seperti menggosok gigi dengan odol ketika selesai makan dan sebelum tidur malam.

Untungnya, cara membersihkan karang gigi dengan kulit jeruk cukup mudah. Cukup menggosokkan kulit jeruk ke permukaan gigi dan gosok secara perlahan.

Namun untuk menghancurkan karang gigi yang sudah mengeras, cara ini tidak akan terlalu efektif.

Selain prosesnya membutuhkan kerutinan dan proses yang lama, juga memang tidak akan bisa menghilangkan karang gigi secara total terlebih karang gigi yang sudah tebal.

2. Mencegah gigi berlubang dengan kulit jeruk

Salah satu keunggulan dari dari bahan-bahan alami kaitannya dengan kesehatan sebenarnya lebih ditujukan untuk mencegah. Seperti kulit jeruk ini, selain bisa membersihkan noda-noda kuning yang menempel di gigi (plak) juga kandungannya bisa mencegah gigi berlubang.

3. Menghilangkan bau mulut secara alami

Jeruk juga menjadi salah satu bahan alami yang mudah ditemukan yang memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan dan kecantikan. Seperti bisa dapat menghilangkan bau mulut sehingga meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi.

Manfaat lain kulit jeruk bagi gigi seperti mencerahkan gusi, memutihkan gigi, mencegah karang gigi dan banyak lagi Kandungan kulit jeruk yang dapat memutihkan gigi secara alami.

Manfaat dan kandungan kulit jeruk untuk memutihkan gigi

Kulit jeruk pada lapisan sebelah dalam yang berwarna putih (albedo) mengandung zat-zat yang bisa memutihkan gigi secara alami seperti vitamin C, limonene, pektin dan lain sebagainya.

Namun kandungan kulit jeruk juga ada zat asam yang tinggi sehingga tidak cocok untuk gigi sensitif.

Perlu diketahui bagi kamu yang memiliki gigi sensitif untuk tidak melakukan tutorial memutihkan gigi dengan kulit jeruk ini.

Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk secara alami dan cepat

Bagaimana menggunakan kulit jeruk untuk memutihkan gigi dan mencegah karang gigi?

  • Ambil kulit jeruk jenis apa saja yang baru dikupas
  • Gosokkan bagian sisi dalam kulit jeruk yang berwarna putih ke gigi secara lembut selama kurang lebih 1 menit
  • Diamkan sebentar
  • Setelah itu berkumur dan pastikan benar-benar bersih 
  • Lakukan secara cermat dan teratur

Cara membuat pasta gigi dari kulit jeruk mudah

Obat pemutih gigi tradisional memang sangat banyak, seperti baking soda, daun siwak, dan juga kulit jeruk ini. Ternyata kamu bisa lho, membuat pasta gigi dari bahan alami yang bebas bahan kimia sendiri di rumah. Kelebihan dari pasta gigi alami memang sudah terbukti seperti bisa membuat gigi lebih kuat jika dilakukan dengan tepat.

Berikut cara membuat pasta gigi dari kulit jeruk

Bahan :

  • Kulit jeruk yang sudah dikeringkan
  • Soda kue
  • Essence jeruk
  • Gliserin
  • Air

Cara membuat pasta gigi dari kulit jeruk

Resep ini untuk 1 sendok makan bubuk kulit jeruk yang sudah dihaluskan. Jenis jeruk bisa jeruk nipis, jeruk manis dan lain-lain.

  • Jemur kulit jerus di bawah sinar matahari
  • Haluskan kulit jeruk yang sudah dikeringkan menggunakan blender
  • Tambahkan 1/2 sendok teh soda kue
  • Masukkan gliserin 3/4 sendok teh
  • Tambahkan air secukupnya
  • Masukkan 4 1/2 essence jeruk
  • Aduk sampai tercampur rata
  • Pasta gigi kulit jeruk yang sudah mengental siap digunakan 

Cara menyikan gigi dengan pasta kulit jeruk seperti halnya odol. Lakukan secara lembut dengan arah sikat vertikal dari atas ke bawah.

Kulit jeruk juga bisa diganti dengan kulit buah-buahan lain seperti pisang, stroberi, lemon, dan apel.

Perlu diketahui bahwa salah satu kekurangan dari bahan alami untuk memutihkan gigi adalah mengandung partikel kasar. Jika terus menerus menggunakan bahan-bahan seperti ini, bisa merusak email yang menyebabkan gigi mudah keropos dan sensitif.

Tips memutihkan gigi dengan kulit jeruk yang terbukti ampuh

Meskipun kulit jeruk termasuk bahan alami untuk memutihkan gigi, kamu harus tetap menggunakannya sesuai dengan saran dokter gigi. Pentingnya konsultasi itu sangat penting agar tidak salah menggunakan bahan-bahan alami pemutih gigi yang bisa didapatkan dengan mudah di rumah.

Kalau dibandingkan dengan pasta gigi yang ada, sebenarnya kandungan-kandungan dalam bahan alami juga telah disematkan di dalam setiap pasta gigi tersebut. Tentu dengan kualitas dan komposisi masing-masing merk pasta gigi.

Karena itu, tidak ada cara lain untuk memutihkan gigi yang paling baik adalah dengan rajin menyikat gigi dan menghindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi kuning, termasuk kebiasaan merokok.

Sementara untuk menghilangkan karang gigi secara cepat, maka sebaiknya memang ke ahlinya yang sudah disertifikasi. Tapi tentu biaya kesehatan gigi tidak murah. Mengetahui hal tersebut, tidak ada cara yang lebih efektif selain menjaga gigi tetap putih dengan rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Tak perlu khawatir, karena kebiasaan dan pola hidup seperti ini bisa membersihkan karang gigi.

Akhir Kata

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk Secara Alami, Cepat dan Praktis" Semoga artikel di atas bisa bermanfaat. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin  atau (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

1 komentar untuk "Cara Memutihkan Gigi Dengan Kulit Jeruk Secara Alami, Cepat dan Praktis"

  1. Informasi yang sangat Bermanfaat Gan, Saya juga sudah mencoba cara ini dari dulu dan memang sangat Efektif sekali.

    BalasHapus
close