Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan File Sampah di HP Samsung Dengan Mudah

Cara Membersihkan File Sampah di HP Samsung

Placelearn.com - Hallo teman teman mannulis semua, pada postingan kali ini saya akan membagikan kembali Tips Android tentang Cara Membersihkan File Sampah di HP Samsung. Untuk caranya kalian bisa simak postingan ini sampai selesai.

Sampah atau cache yang menumpuk di HP Samsung Kalian tentunya akan memakan memori penyimpanan dan hal tersebut jika terus dibiarkan akan membuat kinerja ponsel Samsung Kalian jadi lemot. Maka dari itu, di sini penting bagi Kalian mengetahui cara membersihkan sampah di HP Samsung.

Bagaimana Cara Membersihkan File Sampah di HP Samsung?

Data cache umumnya terdapat pada semua aplikasi, sehingga Kalian sebagai pengguna perlu menghapusnya. Data cache adalah data sekunder yang memiliki kecepatan tinggi yang mana disini dihasilkan dari aplikasi maupun program yang terdapat di ponsel Samsung.

Makin sering HP tersebut menjalankan aplikasi maupun program, maka hal tersebut akan makin mempercepat pula ponsel mempunyai banyak cache di dalamnya. Kalian sebagai pengguna ponsel Android seperti contohnya Samsung, maka perlu sering-sering menghapus cache pada ponsel.

Untuk cara membersihkan sampah di HP Samsung memang relatif mudah untuk dilakukan. Karena itu, jika Kalian merasa ponsel Samsung milik Kalian sudah mulai tidak bekerja dengan cepat atau lemot, maka langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu menghapus sampah.

Terdapat fitur bawaan di HP Samsung yang memungkinkan bagi Kalian untuk melakukan penghapusan sampah tersebut. Adapun langkah-langkah dalam menghapus cache yang tidak berguna relatif mudah. Untuk mengetahuinya Kalian bisa mengikuti ulasan di bawah ini.

Menghapus File Sampah Menggunakan Fitur Bawaan

Cara yang pertama bisa Kalian lakukan yaitu dengan menghapus sampah di HP Samsung menggunakan fitur bawaan. Setiap ponsel Samsung telah dibekali dengan fitur untuk menghapus sampah dan cache yang tidak berguna.

Fitur tersebut umumnya ditemukan dibagian pengaturan atau setelan Samsung, hanya saja mungkin lokasinya untuk masing-masing tipe berbeda. Namun mayoritas cara yang dipakai hampir sama, antara lain sebagai berikut.

  • Langkah pertama yaitu Kalian perlu masuk ke dalam menu setting atau pengaturan.
  • Jika Kalian sudah berada di menu setting, maka langkah berikutnya Kalian scroll ke bagian bawah lalu pilih menu aplikasi.
  • Pilih cache atau sampah yang terdapat di aplikasi.
  • Tap salah satu aplikasi yang nantinya ingin Kalian pindai.
  • Setelah itu Kalian tinggal memilih menu penyimpanan.
  • Untuk melakukan penghapusan sampah atau cache silakan Kalian pilih hapus memori.

Cara membersihkan sampah di HP Samsung menggunakan metode yang disebut di atas memang menuntut Kalian untuk memilih satu persatu aplikasi yang nantinya ingin dihapus sampahnya. Sehingga dengan begitu Kalian bisa memilih mana kira-kira aplikasi yang ingin dibersihkan.

Cara Membersihkan File Sampah di HP Samsung Sekaligus

Cara yang pertama di atas merupakan cara menghapus sampah di HP Samsung dengan satu persatu, maka untuk cara yang berikutnya ini yaitu menghapus semua cache hanya dalam satu langkah saja. Cara tersebut bisa Kalian pakai jika merasa ponsel Samsung yang Kalian miliki memiliki banyak sampah dan mengganggu ponsel, sehingga jadi lebih lemot.

Sama seperti halnya dengan cara yang pertama, untuk cara yang kedua ini Kalian bisa mengaplikasikan di semua tipe ponsel Samsung. Langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut:

  • Langkah pertama Kalian masuk ke dalam menu pengaturan.
  • Setelah berada di menu pengaturan, Kalian bisa pilih perawatan perangkat.
  • Secara otomatis nantinya ponsel Samsung Kalian akan melakukan pemindaian atau scanning ketika Kalian masuk ke dalam fitur tersebut.
  • Setelah Kalian masuk ke dalam penyimpanan, lalu secara otomatis akan melakukan pemindaian, tunggu hingga akhirnya proses tersebut selesai dilakukan.
  • Jika sudah, Kalian tinggal menghapus sampah yang terdapat di HP Samsung.
  • Secara otomatis nantinya file sampah akan terhapus dan ponsel bisa Kalian gunakan kembali.

Cara membersihkan sampah di HP Samsung memang relatif mudah untuk dilakukan. Cara-cara di atas merupakan cara-cara untuk membersihkan sampah dengan memakai fitur bawaan dari HP Samsung. Cara ini memang diklaim merupakan salah satu cara yang paling mudah dan praktis.

Namun jika disini Kalian masih kurang begitu puas, maka Kalian bisa melakukan cara selanjutnya. Cara berikutnya adalah membersihkan sampah yang terdapat di HP Samsung yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Saat ini telah terdapat banyak sekali pilihan aplikasi yang mampu untuk menghapus file sampah dengan cara sekejap. Kalian bisa mendapatkan aplikasi tersebut melalui Google Play Store. Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan yaitu File by Google.

Aplikasi ini memang dikhususkan untuk menghapus sampah yang terdapat di ponsel Android. Aplikasi buatan Google satu ini cukup populer digunakan karena memiliki fitur yang lengkap. Selain itu juga performa yang ditampilkan oleh aplikasi cukup baik untuk dapat mencari file tersembunyi.

Untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan sampah di HP Samsung memakai aplikasi pihak ketiga, maka berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yaitu tentunya disini Kalian harus mengunduh atau mendownload lebih dahulu aplikasi File by Google.
  • Jika aplikasi sudah terunduh, maka lakukan penginstalan untuk memasangnya di perangkat Android Kalian.
  • Buka aplikasi kemudian lakukan login memakai akun Google Kalian.
  • Menu pemindaian jika perlu.
  • Ponsel nantinya akan secara otomatis melakukan proses pemindaian dengan sangat cepat.

Terdapat juga menu lainnya seperti cadangkan dan rekomendasi. Selain itu juga terdapat pilihan beberapa menu lain.

Selain fitur-fitur untuk menghapus sampah yang terdapat pada Android yang tidak berguna aplikasi yang satu ini juga dibekali dengan fitur lain seperti rekomendasi aplikasi. Nantinya Kalian pun juga akan memperoleh fitur menarik seperti backup file dan tentunya berguna dalam menjaga file penting.

Kesimpulan

Baiklah sobat semua itulah ulasan singkat mengenai Cara Membersihkan File Sampah di HP Samsung yang perlu untuk Kalian ketahui. Menghapus sampah atau cache memang sangat perlu untuk dilakukan agar performa dari HP Kalian semakin baik.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan File Sampah di HP Samsung Dengan Mudah"

close