Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime Dengan Mudah

Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime

Placelearn.com - Hallo sobat semua ketemu lagi dengan saya, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime. Salah satu tipe HP Samsung yang cukup populer digunakan yaitu Samsung Galaxy J2 Prime. Tipe Samsung yang satu ini dirilis pada tahun 2016 lalu, sejak saat itu ponsel tersebut cukup menjadi incaran banyak konsumen di tanah air.

Bagi Kalian para pemilik Samsung J2 Prime, maka perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi memori penuh Samsung J2 Prime. Sementara untuk mengetahuinya, Kalian  perlu membaca ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Bagaimana Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime?

Samsung memang banyak sekali memproduksi dan juga memperkenalkan produk terbaru yang lebih keren dan lebih canggih tiap tahunnya. Oleh karena itu, tipe Samsung Galaxy J2 Prime saat ini sudah tidak lagi diproduksi.

Beberapa pengguna HP dengan tipe Samsung galaxy J2 Prime tersebut memang diketahui banyak mengeluhkan permasalahan mengenai memori internal yang cepat sekali penuh, padahal aplikasi yang terinstal masih terbilang cukup sedikit.

Hal itu dikarenakan Samsung galaxy J2 Prime masih dibekali dengan memori internal sebesar 8 GB.  Namun kapasitas 8 gigabyte yang terdapat pada memori Samsung tersebut tidak dapat Kalian pakai semua. Kalian bisa melihat hal tersebut ketika awal kali membeli ponsel.

Memori perangkat hanya tersisa kurang lebih sebesar 3,5 Gigabyte saja. Dan beberapa sisanya sudah dipakai oleh sistem. Oleh karena itulah, memori dari HP Samsung tipe galaxy J2 Prime tersebut memang cepat sekali penuh.

Karena itu bagi Kalian pemilik tipe Samsung ini, harus mengetahui bagaimana cara mengatasi memori penuh Samsung J2 Prime.

Hal itu tentunya supaya kapasitas internal memory cukup lega dan Kalian bisa memasang aplikasi lain yang dibutuhkan. Untuk mengetahui bagaimana caranya berikut ini akan diulas secara lengkap

Jangan Menginstal Anti-virus

Cara mengatasi memori penuh Samsung J2 Prime yaitu dengan Kalian tidak menginstal antivirus. Sistem keamanan Samsung J2 Prime mempunyai keamanan yang cukup tinggi.

Jadi disini Kalian sebaiknya tidak memaksa untuk meng-install anti-diperlukan mana hal tersebut malah akan membuat memori dari HP Samsung Kalian terbebani. Terlebih lagi jika Kalian menginstal anti-virus secara ilegal bukan dari playstore.

Copot Pemasangan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Cara mengatasi memori penuh Samsung J2 Prime berikutnya yaitu dengan Kalian mencopot pemasangan aplikasi yang tidak Kalian butuhkan  Kalian bisa meremove aplikasi-aplikasi yang jarang sekali dipakai yang sebelumnya sudah Kalian install.

Langkah yang satu ini memang terbilang cukup efektif untuk dilakukan. Terlebih jika aplikasi yang Kalian instal tersebut memiliki ukuran yang besar.

Atur Letak Download Data Aplikasi

Untuk cara yang satu ini tentunya seringkali para pengguna aplikasi FB dan WhatsApp di HP Samsung J2 Prime merasa memori mereka cepat sekali penuh. Padahal di sini aplikasi yang terinstal hanya sedikit dan yang paling sering kali dimainkan hanya Facebook dan WhatsApp saja.

Perlu untuk Kalian ingat, jika pada aplikasi WhatsApp setelan untuk penyimpanan data saat Kalian memperoleh pesan masuk berupa video maupun gambar, maka secara otomatis akan disimpan di dalam memori internal ponsel.

Maka dari itulah, langkah tepat bagi Kalian yaitu mengatur letak penyimpanan ke dalam wadah manual. Sehingga tidak secara otomatis terdownload saat berada dalam jaringan data maupun wi-fi.

Mengubah Penyimpanan Kamera

Cara mengatasi memori penuh Samsung J2 Prime yang selanjutnya yaitu dengan Kalian mengubah penyimpanan.

Memperluas memori internal untuk Samsung tipe tersebut bisa dilakukan dengan cara Kalian memindahkan ruang penyimpanan default pada pengaturan bawaan HP aplikasi kamera memakai ruang penyimpanan internal guna menyimpan semua hasil jepretan Kalian , baik itu foto maupun video.

Karena itulah, supaya memori internal Kalian tidak cepat habis karena foto maupun video tersebut, maka Kalian bisa menyimpannya menggunakan tambahan kartu SD.

Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Seperti halnya pada kamera, Kalian bisa memindahkan letak instalasi serta data-data dari aplikasi yang sebelumnya terdapat di memori internal ke bagian memori eksternal. Cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke dalam memori eksternal micro SD tersebut memang relatif mudah untuk dilakukan.

Namun yang perlu untuk Kalian ingat disini yaitu, tidak semua aplikasi nantinya bisa Kalian pindahkan ke kartu SD. Terlebih lagi untuk aplikasi yang merupakan bawaan dari ponsel Samsung J2 Prime.

Pakai Fitur Pengoptimalan Perangkat

Pada HP Samsung galaxy J2 Prime tersebut telah di sediakan fitur yang terbilang instan dan cukup canggih bagi Kalian untuk membersihkan file sampah.

Dengan membersihkan file sampah tentunya, hal itu akan menambah ruang memori perangkat serta bisa dilakukan untuk membersihkan RAM dari file yang tidak diperlukan oleh sistem.

Pindahkan Data ke Kartu Micro SD

Cara berikut yang bisa Kalian lakukan yaitu dengan memindahkan data yang terdapat di dalam ponsel ke micro SD. Data-data tersebut bisa berupa foto video dokumen dan lain sebagainya.

Untuk dapat mengetahui kira-kira data apa saja yang terdapat di memori internal J2 Prime, maka Kalian bisa memakai aplikasi file saya ataupun aplikasi bawaan ponsel, yaitu File manager.

Menghentikan Aplikasi Bawaan yang Tidak Digunakan

Untuk cara mengatasi memori penuh Samsung J2 Prime yang terakhir yaitu dengan Kalian menghentikan aplikasi bawaan yang tidak Kalian pakai. Untuk melakukan hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang terbilang praktis dan mudah.

Nantinya Kalian hanya perlu menuju ke menu pengaturan, selanjutnya Kalian pilih bagian aplikasi. Jika sudah, Kalian tinggal melanjutkan kebagian menonaktifkan aplikasi. Pilih aplikasi yang nantinya ingin Kalian hentikan. Dan sebaiknya Kalian memilih aplikasi yang benar-benar jarang sekali dipakai.

Akhir Kata

Demikianlah sobat mannulis semua ulasan saya mengenai Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime. Yang telah kalian baca dan simak di atas, semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat buat sobat semuanya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime Dengan Mudah"

close