Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Depresi

7 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Depresi

7 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Depresi - Depresi adalah suatu kondisi psikologis dimana seseorang merasa sedih berlebihan, sehingga menganggu aktivitas sosial. Depresi adalah masalah serius yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Depresi juga bisa terkena siapa saja, tua maupun muda.

Berikut 7 Langkah Yang Bisa Kamu Lakukan Jika Mengalami Depresi

Bagi kamu yang mengalami depresi, tidak usah malu dengan hal yang ada di sekitarmu. Justru kamu harus bangkit dan mengobati rasa depresimu agar bisa lebih bahagia dalam menjalani hidup. Kamu bisa datang ke dokter untuk diobati atau jika kamu enggan menggunakan obat-obatan, kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut ini: 

1. Kamu Bisa Mengatasi Depresi Dengan Membawa Humor Ke Kehidupanmu!

Coba bawa hal yang bisa membuatmu tertawa ke kehidupanmu. Kamu butuh hiburan agar tak terus-terusan bersedih dan merenung. Kamu bisa menonton acara komedi di televisi.

Tertawa adalah cara yang paling sehat dan cepat untuk menyembuhkan depresimu.Tertawa bisa membawa hal baik ke tubuhmu maupun ke jiwamu, mungkin kamu akan melupakan sedikit masalahmu dnegan menonton acara komedi.

2. Mengatasi Depresi Dengan Lebih Aktif dan Produktif

Rutin berolahraga akan membuat tubuhmu memproduksi endorfin yang dapat berfungsi untuk menghilangkan stres. Kamu bisa melakukan kegiatan yang kamu sukai, seperti mengendarai sepede, naik gunung, yoga, dan lainnya.

Jika kamu melakukannya rutin 30 menit setiap hari dalam seminggu, tubuhmu akan terasa lebih sehat sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dirimu.

3. Menghabiskan Waktu Bareng Teman-Teman

Jadikan temanmu untuk tempat berbagi kebahagiaan. Kamu bisa mengajaknya pergi berlibur bersama untuk melepas kesedihanmu. Biasanya teman yang baik untukmu, akan menghibur dan mengajakmu untuk melupakan sejenak masalahmu.

4. Menyatu Dengan Alam Juga Bisa Menjadi Salah Satu Cara Untuk Kamu Mengatasi Depresi

Mebiarkan sinar matahari menyinari kulitmu dan menghirup udara segar  dapat membuat tubuhmu menjadi lebih segar dan berenergi. Sinar matahari penting untuk tubuhmu karena vitamin D dapat di produksi jika tubuhmu terkena sinar matahari, yang dapat berfungsi untuk mengatasi depresimu.

5. Menghabiskan Waktu Dengan Hewan Peliharaan

Kamu hanya hidup sendirian? Coba untuk memilih hewan yang bisa kamu pelihara. Kalau bisa pilihlah hewan yang bisa diajak bermain dan beraktivitas seperti kucing atau anjing. Jika kamu enggan memeliharanya, kamu bisa menjadi volunteer di shelter hewan. Merasakan interaksi dengan hewan yang aktif dapat meningkatkan moodmu.

6. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara mengatasi depresi adalah dengan memberikan nutrisi ke tubuhmu. Banyak orang yang tak sadar, apa yang mereka makan dapat mengubah mood. Beberapa penelitian menemukan bahwa gluten dalam tubuh mempengaruhi tingkat depresi.

Jika kamu tak ada waktu menyiapkan makanan sehat, setidaknya kamu memastikan kalau makananmu kaya akan vitamin B, C, dan D. Atau memakan makanan umbi-umbian yang kaya protein dan buah-buahan segar untuk makanan penutup. Pastikan kalau kamu tetap dalam keadaan terhidrasi dengan baik, kalau bisa jauhi kopi dan alkohol.

7. Aktif Melakukan Hobimu

Jika kesibukanmu membuat kamu tak bisa melakukan hobimu. Kamu bisa melakukan hobimu sekarang. Melakukan apa yang kamu suka tentu akan mengurangi rasa stress dan depresi. Lakukan hobimu dan ikuti komunitas agar kamu bisa bertemu orang-orang baru.

Akhir Kata

Terima kasih sobat telah membaca artikel "7 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Depresi" Semoga bermanfaat. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

Posting Komentar untuk "7 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Depresi"

close