Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Arti Lambang Pramuka Tunas Kelapa

Penjelasan Lengkap Arti Lambang Pramuka Tunas Kelapa

Placelearn.com - Penjelasan Lengkap Arti Lambang Pramuka Tunas Kelapa. Lambang pramuka adalah tanda/symbol pengenal organisasi gerakan pramuka yang bersifat tetap. Lambang ini dibuat oleh seorang pegawai tinggi Departemen Pertanian yang juga merupakan seorang tokoh pramuka yaitu Soenardjo Atmodipurwo.

Lambang ini pertama kalinya digunakan yaitu pada tanggal 14 Agustus 1961, pada saat Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno menganugerahkan panji Gerakan Pendidikan Kepanduan nasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramkua lewat keputusan Presiden Republik Indonesia No. 448 tahun 1961.

Bentuk Lambang Pramuka

Lambang Pramuka berbentuk silhouette (bayangan) tunas kelapa. Penjabaran tentang arti lambang pramuka ini ditetapkan dalam keputusan Kwarnas Nomer 06/KN/72 mengenai arti lambang pramuka telah memperoleh hak paten.

Hak paten tersebut berasal dari Dirjen Hukum Perundangan-undangan Departeman Kehakiman, dengan Keputusan Nomor 176634 tanggal 22 Oktober 1983, dan Nomor 178518 tanggal 18 Oktober 1983, mengenai  Hak Paten Gambar TUNAS KELAPA dilingkari PADI dan KAPAS, serta No. 176517 tanggal 22 Oktober 1983 tentang Hak Paten tulisan PRAMUKA.

Penggunaan Lambang Pramuka

Pemakaian lambang pramuka sebagai lencana dan digunakan dalam tanda-tanda, papan nama, bendera alat administrasi gerakan pramuka dan lainya. Diatur dalam petunjuk penggunaanya.

Penggunaan lambang tersebut mempunyai tujuan sebagai alat pendidikan untukmengingatkan dan menanamkan sifat seperti yang termaktub dalam makna lambang tunas kelapa kepada semua anggota gerakan pramuka.

Setiap anggota diharapkan mampu mengamalkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ia miliki kepada masyarakat disekitarnya. Sebab generasi muda yang terkumpul dalam gerakan pramuka diharapkan mampu menjadi kader pembangunan yang berjiwa pancasila di masa yang akan datang.

Arti Lambang Pramuka

1. Buah kelapa/nyiur dalam keadaan tumbuh mempunyai makna “cikal”.

Makna buah kelapa yang sedang tumbuh secara istilah adalah “cikal bakal” di Indonesia berarti: penduduk asli pertama yang menurunkan generasi baru. Jadi, buah kelapa/nyiur yang tumbuh mempunyai kiasan bahwa setiap pramuka adalah usur utama bagi kelangsungan hidup bangsa Negara Indonesia.

2. Buah Kelapa Mampu Bertahan Lama Dalam Keadaan Seperti Apapun.

Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap pramuka adalah sosok seorang yang rokhaniah dan jasmaniah kuat, sehat, ulet, serta mempunyai tekad yang besar dalam menghadapi setiap rintangan yang menghadang dalam hidup ini dan siap menempuh segala ujian untuk mengabdi demi tanah air dan bangsa Indonesia.

3. Buah Kelapa/Nyiur Bisa Tumbuh Dimana Saja.

hal ini membuktikan bahwa besarnya daya dan upaya dalam menyesuaikan diri dengan keadaan disekitarnya. Jadi melambangkan, bahwa setiap pramuka mampu beradaptasi diri dalam masyarakat dimanapun dia berada dan dalam situasi seperti apapun.

4. Buah Kelapa/Nyiur Tumbuh Menjulang Tinggi Lurus Ke Atas

Pohon kelapa merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia. Hal ini melambangkan, bahwa setiappramuka memiliki cita-cita yang tinggi dan lurus, yaitu mulia dan jujur dan ia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

5. Akar Kelapa/Nyiur Tumbuh Kuat Ke Dalam Tanah

Jadi lambang ini mempunyai makna, tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada landasan dan dasar-dasar yang baik, bner, kuat dan nyata, ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri agar bisa mencapai cita-citanya.

6. Kelapa Atau Nyiur Adalah Jenis Pohon Serbaguna Dari Mulai Ujung Hingga Akarnya.

Jadi lambang itu mempunyai makna bahwa setiap pramuka adalah sosok yang berguna dan membaktikan diri untuk kepentingan agama, tanah air, bangsa, Negara kesatuan republic Indonesia serta kepada seluruh masyarakat. 

Akhir Kata

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Penjelasan Lengkap Arti Lambang Pramuka Tunas Kelapa" Semoga bermanfaat dan berguna. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Arti Lambang Pramuka Tunas Kelapa"

close