Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Semua Tipe Dengan Mudah

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi

Placelearn.com - Hallo teman teman semua, semoga masih dalam keadaan sehat selalu. Untuk postingan kali ini saya masih akan membagikan Tutorial Android mengenai Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Semua Tipe. Yang mana ulasan lengkapnya dapat kalian simak di bawah ini.

cara membersihkan RAM  HP Xiaomi memang bisa dilakukan secara mudah dan praktis. Xiaomi sebagai salah satu merek kenamaan asal Tiongkok tersebut memang saat ini tengah berhasil merajai pasaran smartphone yang ada di Negara Indonesia.

Xiaomi telah lama dikenal oleh karena produknya yang memiliki spesifikasi tinggi dan juga harga yang terjangkau. Namun meski begitu, RAM HP Xiaomi cepat sekali penuh. Untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan RAM HP Xiaomi, maka Anda perlu membaca ulasan di bawah ini.

Bagaimana Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi?

Salah satu sektor yang paling sering diunggulkan oleh HP Xiaomi yaitu kapasitas RAM yang memiliki ukuran besar. Hanya saja beban untuk file dan aplikasi yang begitu besar tersebut seringkali akhirnya membuat RAM Xiaomi cepat sekali penuh.

Beberapa dari pengguna Xiaomi juga masih sering mengeluhkan mengenai masalah penyimpanan RAM mereka yang penuh tersebut.

Terutama di sini untuk HP Xiaomi dengan kapasitas RAM kecil. Karena itulah, perlu bagi Anda mengetahui bagaimana Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Semua Tipe  supaya nantinya HP Anda bisa bekerja secara optimal. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

Delet Aplikasi yang Tidak Dipakai

Salah satu penyebab mengapa RAM di HP Xiaomi cepat sekali penuh yaitu dikarenakan terlalu banyak aplikasi. Aplikasi baik ketika digunakan ataupun tidak akan terus memakan kapasitas RAM.

Jika dalam ponsel terinstal banyak sekali aplikasi, hal itu akan berdampak pada RAM yang makin menipis. Maka dari itulah, sebaiknya disini Anda menghapus aplikasi yang dirasa tidak penting dan jarang dipakai.

Memindahkan Data ke Penyimpanan Cloud

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Semua Tipe yang berikutnya yaitu dengan Anda memindahkan file data media ke dalam ponsel dalam penyimpanan cloud. Tiap kali disini seorang mengirimkan video ataupun foto, maka Anda perlu langsung membackup dan menghapus file-file tersebut dari ponsel. Saat ini telah banyak tersedia storage cloud gratis.

Dengan adanya storage cloud gratis, maka pastinya hal itu akan memudahkan Anda untuk menyimpan beberapa file. Salah satu yang bisa Anda gunakan yaitu Google Drive di mana disana menawarkan kapasitas hingga 15 gigabyte dan sangat cukup untuk menyimpan data-data pribadi Anda

Hapus Video dan Foto yang Tidak Penting

Aktivitas untuk mengambil foto berkirim dan juga gambar harus diakui banyak memakan ruang pada RAM. Sebaiknya disini Anda perlu menghapus gambar tersebut, terlebih foto maupun video yang dirasa kurang begitu penting

Seleksi Data Pada Folder WhatsApp

Hampir tiap orang memakai WhatsApp sebagai salah satu media guna memenuhi kebutuhan komunikasi secara lebih efektif, termasuk disini saling berbagi dokumen dan juga file. Perlu untuk Anda ketahui, menghapus data kiriman dari teman Anda di WhatsApp saja tidak cukup untuk membuat RAM ponsel jadi bersih.

Karena itu Anda harus melakukan cara membersihkan RAM HP Xiaomi agar nantinya RAM jadi lebih ringan. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Anda masuk pada bagian manajer aplikasi.
  • Selanjutnya disini Anda tinggal mencari folder WhatsApp, lalu Anda pilih database.
  • Hapus semua data yang muncul.
  • Berikutnya Anda kembali dan pilih folder media.
  • Jika sudah, Anda pilih status, kemudian hapus semua video dan foto yang terdapat dalam folder tersebut.
  • Bersihkan data cache yang menumpuk.

Penyebab lain yang akhirnya membuat ponsel jadi lemot yaitu dikarenakan RAM penuh oleh cache. Anda perlu melakukan proses pembersihan data cache dengan sekaligus. Caranya terbilang mudah, yaitu berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Anda pergi menuju ke bagian pengaturan.
  • Jika sudah, Anda cari bagian storage.
  • Anda tekan pilihan cached data.
  • Di bagian pop up yang muncul, Anda tekan oke.
  • Di tahapan ini maka semua cache sudah bersih.

Apa Fungsi dari Cleaner Security?

Memakai Cleaner Security

Mungkin beberapa dari Anda para pemilik HP Xiaomi belum mengetahui bahwasannya Xiaomi menyediakan aplikasi security yang mana disini berguna untuk menghapus data RAM yang sudah menumpuk. Cara membersihkan RAM tersebut melalui aplikasi security antara lain sebagai berikut.

  • Anda temukan aplikasi security yang memiliki warna hijau.
  • Selanjutnya di sini Anda pilih cleaner.
  • Anda tekan tombol clean up.
  • Matikan widget dan live wallpaper.

Live wallpaper dan juga widget memang akan membuat tampilan dari HP menarik. Namun penggunaan widget dan juga live wallpaper akan memakan banyak sekali RAM. Oleh karena itu, sebaiknya mulai saat ini Anda memakai wallpaper statis.

Selain itu, lebih baik Anda disarankan untuk menghapus widget yang dirasa kurang begitu penting. Caranya sendiri Anda tekan serta tahan, kemudian tarik menuju ke tombol delete hingga akhirnya widget tersebut hilang.

Membersihkan Recent App

Semua aplikasi yang terinstal di HP Anda tak akan berhenti menyedot penggunaan RAM hingga akhirnya recent apps tersebut dihapus. Cara untuk membersihkan RAM HP Xiaomi dari reset HP yaitu dengan Anda menekan tombol bagian kiri home. Tekan tanda x untuk menghapus semua aplikasi yang tengah berjalan.

Lakukan Restart Handphone Secara Rutin

Cara membersihkan RAM  HP Xiaomi yang selanjutnya yaitu dengan Anda melakukan restart handphone secara rutin dan berkala. Jika di sini Anda memakai ponsel yang memiliki kapasitas memori dan penyimpanan yang terbatas, maka restart ini memang perlu untuk dilakukan. Dengan Anda melakukan proses restart, setidaknya setiap 1 minggu sekali, maka chace memory yang menumpuk di HP akan segera hilang.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan mengenai bagaimana Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Semua Tipe yang perlu untuk Anda ketahui. Cara-cara tersebut terbilang praktis dan mudah untuk Anda praktekan. Pastikan Anda sudah mengikuti petunjuk secara runtut.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Semua Tipe Dengan Mudah"

close