Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Panduan Lengkap] Cara Memindahkan (Transfer) Blog Blogger Ke Akun Gmail Lain

[Panduan Lengkap] Cara Memindahkan (Transfer) Blog Blogger Ke Akun Gmail Lain

Transfer Blog ke Email Lain - Mungkin Anda ternasuk salah satu blogger beruntung yang mendapat tawaran dari seseorang untuk membeli blog milik Anda, dan pasti Anda akan bertanya-tanya bagaimana cara agar bisa mentransfer blog ke akun lain dengan aman tanpa membagikan akun Google Anda?

Mungkin Anda hanya ingin tahu bagaimana cara mentransfer blog Blogger Anda dari satu profil Blogger ke profil Blogger lain? Nah utntuk itu, dalam artikel ini saya akan memberikan panduan kepada Anda cara yang tepat untuk mentransfer blog Blogger Anda ke akun lain tanpa harus ikut memberikan akun Google / Blogger Anda.

Lanjut baca terus untuk mencari tahu.

Platform Blogger tidak menyebutkan apapun tentang fitur seperti itu untuk memigrasi blog dari satu akun ke akun lain. Tetapi proses migrasi blog dari satu akun Blogger ke akun Blogger lain ternyata cukup mudah.

Namun, sesekali saya melihat ada beberapa orang yang menanyakan tentang panduan cara untuk mentransfer blog Blogger di Komunitas Blogger resmi dan juga grup-grup Blogger di Facebook.

Langkah-langkah Untuk Memindahkan (Transfer) Blog

Untuk membuat prosesnya lebih mudah dipahami, mari kita sebuat saja pemilik blog saat ini sebagai User A dan pemilik blog yang akan membelinya sebagai User B. Blog yang akan ditransfer kita sebut saja Wikiveria yang mana banyak membahas tentang budaya, seperti alat musik tradisional dan lain sebagainya.

Kita juga akan berasumsi bahwa kedua belah pihak memiliki Akun Blogger yang sudah ada sebelumnya. Jika salah satu pihak tidak memiliki akun Blogger, mereka dapat dengan mudah mendaftar untuk akun Blogger menggunakan akun GMail mereka. Cukup buka situs Blogger dan masuk menggunakan kredensial akun GMail.

Jika Anda ingin memigrasi blog antara dua akun Blogger yang berbeda yang Anda miliki dan kelola sendiri, sebaiknya gunakan dua browser web atau perangkat yang berbeda untuk melakukan langkah-langkah di bawah ini. Sebagian besar browser web modern saat ini hadir dengan mode penyamaran atau Private Mode yang dapat Anda gunakan.

1. Undang Sebagai Penulis Ke Blog

Sebelum kita dapat membuat akun Blogger lain sebagai admin, pertama kita perlu mengundang mereka sebagai penulis. Oleh karena itu, pemilik blog yang ada - User A, perlu mengundang User B sebagai penulis ke blog yang akan ditransfer.

Blogger menyediakan dua peran berbeda untuk blog, yakni Admin dan juga Penulis.

Admin adalah pemilik blog. Mereka memiliki kontrol penuh atas pengaturan blog dan bahkan dapat menghapus admin blog lainnya.

Sedangkan Penulis memiliki akses terbatas ke dasbor blog. Mereka dapat membuat postingan blog baru dan mengedit postingan blog mereka sendiri saja.

Untuk mengundang penulis ke blog Blogger, buka Menu Setelan > gulir ke bawah untuk menemukan bagian Izin. Ini adalah bagian di mana Anda dapat mengelola penulis dan admin blog.


Untuk mengundang User B sebagai penulis ke blog kita yang ingin ditransfer, klik tautan "Undang Lebih Banyak Penulis" untuk menampilkan area teks. Masukkan alamat email yang terkait dengan akun Blogger User B dan klik tombol "Kirim".

2. Menerima Undangan

User B akan menerima email dari Blogger tentang undangan sebagai penulis yang dikirim oleh User A.

Klik tombol "Terima Undangan". User B nantinya akan ditambahkan sebagai penulis blog.

User A - pemilik yang ada akan dapat melihat User B terdaftar sebagai Penulis di bagian Izin blog Blogger.

3. Ubah Menjadi Role/Peran Admin

Saat ini, User A masih menjadi pemilik blog dan memiliki izin penuh atas blog tersebut. User A sekarang dapat menetapkan User B dari peran Penulis ke peran Administrator.

Untuk menetapkan profil blogger kita yang baru ditambahkan dari peran Penulis ke peran Administrator, buka bagian Setelan > Izin > Admin dan Penulis Blog dan pilih "Admin" dari tombol tarik-turun di samping profil User B.

Taraa! User B sekarang memiliki akses administrator ke blog tadi.

User A sekarang dapat menghapus dirinya sendiri dari blog atau bisa juga User B yang menghapus User A dari blog dengan mengklik ikon "X".

Blog tersebut sekarang telah berhasil ditransfer dari akun Blogger User A ke akun Blogger User B.

Penutup

Saya harap artikel panduan sederhana ini bisa membantu Anda yang menggunakan platform Blogger untuk bisa mentransfer blog Blogger dari satu akun ke akun lain. Jika Anda mengalami masalah, jangan ragu untuk bertanya kepada saya di komentar atau langsung saja di halaman Kontak.

Posting Komentar untuk "[Panduan Lengkap] Cara Memindahkan (Transfer) Blog Blogger Ke Akun Gmail Lain"

close