Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot Untuk Semua Tipe

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot

Placelearn.com - Hallo teman temanku semua, semoga di hari lebaran yang kedua ini kita dalam keadaan sehat. Seperti biasa untuk postingan kali ini saya masih akan membahas Tips Android tentang Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot Untuk Semua Tipe. Yang bisa kalian baca ulasan lengkapnya di bawah ini. Untuk jelasnya simak artikel ini sampai selesai.

Memiliki smartphone yang lemot dan tidak bisa bekerja dengan cepat memang sesuatu yang sangat menyebalkan. Maka dari itu, di sini Anda perlu mengatasi hal tersebut dengan cara mengoperasikan perangkat smartphone secara aman saat Anda di sini bermain game maupun menjalankan sebuah aplikasi.

Untuk mengetahui bagaimana Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, maka Anda perlu mengikuti tiap langkah yang akan diberikan di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengatasi HP Lemot Xiaomi?

Tiap tipe smartphone Xiaomi mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda antara satu sama lain. Perbedaan tersebut tentunya akan sangat berpengaruh pada performa dari perangkat smartphone Xiaomi Anda.

Terlebih lagi untuk HP Xiaomi yang mempunyai RAM dengan kapasitas terbatas dan masih memakai prosesor jadul yang mempunyai performa di bawah standar. Karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot yang akan diberikan di bawah ini.

Hapus Semua File yang Tidak Penting

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot yang pertama yaitu dengan Anda menghapus file-file yang dirasa kurang penting dan tersimpan di dalam memori internal hp. Sebab salah satu hal yang mengakibatkan HP Xiaomi tersebut jadi lemot yaitu kapasitas memori internal yang kurang mencukupi.

Setidaknya di sini Anda harus menyisakan beberapa ruang memori internal agar tidak mengganggu performa dari perangkat smartphone Xiaomi Anda. Bagi Anda yang mempunyai HP Xiaomi dengan kapasitas memori internal 16 GB atau 8 GB, tentunya sering merasa HP tersebut lemot.

Hal itu dikarenakan ruang penyimpanan hp sudah habis untuk melakukan penyimpanan game, aplikasi maupun file dengan ukuran besar. Maka dari itulah, lebih baik disini Anda menghapus semua file yang dirasa kurang penting.

Uninstall Game dan Aplikasi

Cara selanjutnya ini masih berhubungan dengan memori internal sangat disarankan Anda uninstal aplikasi maupun game yang memiliki ukuran besar.

Tujuannya yaitu untuk mengurangi pemakaian memori internal sehingga nantinya Xiaomi milik Anda tidak lemot. Terlebih lagi rata-rata saat ini game mempunyai ukuran yang besar dan ukuran tersebut akan makin bertambah ketika sudah di update.

Tanpa disadari kapasitas memori internal nantinya akan terus berkurang, sehingga smartphone akan terasa lebih lemot dan berjalan lambat. Untuk melakukan install game maupun aplikasi di HP Xiaomi, caranya sangatlah mudah.

Anda hanya cukup masuk ke bagian pengaturan, selanjutnya pilih bagian kelola aplikasi. Barulah setelah itu Anda bisa memilih mana kira-kira game atau aplikasi yang perlu untuk diuninstall agar bisa menyediakan ruang di memori internal. Namun disini terdapat beberapa aplikasi bawaan yang memang tidak bisa Anda uninstall.

Berhentikan Aplikasi yang Berjalan

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot berikutnya yaitu dengan Anda menghentikan aplikasi yang berjalan. Aplikasi yang banyak berjalan di background mengakibatkan kapasitas RAM tersebut berkurang. Karena itu, Anda perlu segera menonaktifkan aplikasi tersebut dengan cara manual. Caranya terbilang mudah, yaitu Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama Anda menuju ke bagian menu pengaturan.
  • Jika sudah pilihlah bagian kelola aplikasi.
  • Selanjutnya Anda pilih aplikasi yang nantinya ingin Anda dinonaktifkan.
  • Lalu di sini Anda pilih paksa berhenti.
  • Kurangi penggunaan Widget

Makin banyak widget yang Anda pakai di homescreen, hal tersebut tentunya akan membuat banyak RAM yang juga akan dipakai. Itulah yang akhirnya menjadi penyebab mengapa HP Xiaomi tersebut jadi lemot. Untuk mengatasinya di sini Anda perlu mengurangi penggunaan widget pada homescreen.

Lebih baik memakai widget yang memang dirasa penting, seperti kalender ataupun jam. Sedangkan untuk widget yang kurang penting, maka sebaiknya Anda menghapusnya saja supaya HP Xiaomi Anda tidak lemot.

Kurangi Pemakaian Animasi

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot yang selanjutnya yaitu dengan Anda mengurangi pemakaian animasi. Smartphone Xiaomi memakai sistem operasi MIUI yang mana di sini berbasis Android. Kelebihan dari sistem operasi tersebut jika dibandingkan OS Android pada umumnya, yaitu mempunyai animasi yang jauh lebih bagus dan tampak halus.

Namun hal tersebut nyatanya dapat menjadikan hp Anda jadi terasa lebih lemot, terutama untuk HP yang memiliki spesifikasi rendah. Untuk dapat mengurangi pemakaian animasi di HP Xiaomi, maka disini Anda perlu melakukan akses pilihan pengembang di bagian menu pengaturan.

Reset Ponsel

Jika masih terasa lemot dan Anda menginginkan agar performa dari HP Xiaomi kembali seperti ketika pertama Anda membelinya, maka disini Anda bisa mengembalikan pengaturan HP Xiaomi ke pengaturan pabrik. Caranya terbilang mudah saja, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang akan diberikan di bawah. Langkah-langkah tersebut antara lain yaitu:

  • Anda buka terlebih dahulu bagian menu setelan.
  • Selanjutnya Anda pilih setelan tambahan.
  • Anda pilih bagian setel ulang dan cadangkan.
  • Setelah itu, Anda pilih bagian reset ke setelan pabrik.
  • Jika sudah, Anda pilih bagian reset ponsel.
  • Hapus cache.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot yang terakhir yaitu dengan Anda menghapus cache. Xiaomi di sini telah menyediakan fitur untuk melakukan penghapusan yang bernama cleaner atau pembersih. Fitur tersebut nantinya akan menghapus berkas cache dan berkas-berkas yang tidak penting lainnya.

Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, maka Anda dapat menggunakan bagian pintasan yang terdapat di home screen HP Xiaomi. Setelah itu, Anda pun bisa melakukan akses melalui aplikasi dan kemudian Anda pilih bagian pembersih.

Setelah itu Anda tinggal melakukan klik bagian bersihkan. Anda bisa melakukan langkah ini secara rutin supaya nantinya HP Xiaomi milik Anda tidak lagi lemot. Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot yang satu ini memang terbukti cukup ampuh untuk diterapkan.

Akhir Kata

Demikianlah sobat semua artikel tentang  Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot Untuk Semua Tipe. Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat dan berguna buat kalian semua. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Posting Komentar untuk " Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot Untuk Semua Tipe"

close