Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Notifikasi Aplikasi Tidak Muncul Pada Perangkat Android

Cara Mengatasi Notifikasi Aplikasi Tidak Muncul Pada Perangkat Android

Placelearn.com - Hallo Teman-teman semua, semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Untuk artikel kali ini Admin akan membagikan informasi tentang Cara Mengatasi Notifikasi Aplikasi Tidak Muncul Pada Perangkat Android. Yang dapat kalian simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pernahkah Kalian mengalami notifikasi aplikasi atau sistem pada smartphone Android hilang atau tidak muncul ? Yap, namanya juga gadget modern dengan sistemnya yang kompleks dan juga mungkin user penggunanya yang bisa salah pengoprasian atau salah pencet. Placelearn ingin menshare beberapa cara yang bisa Kalian coba agar notifikasi aplikasi di android muncul kembali.

Notifikasi aplikasi yang muncul bisa saja penting karena aplikasi tersebut memiliki pesan penting seperti aplikasi chat, dan juga notifikasi tidak muncul bisa juga hal yang baik karena ada juga aplikasi seperti game yang notifikasinya mengganggu.

Namun permasalahan terjadi ketika aplikasi yang berisi pesan penting atau aplikasi konektifitas dengan orang lain justru notifikasinya tidak muncul. Tentu kondisi demikian sering membuat kesal dan jengkel.

Nah, jika saat ini Kalian mengalaminya, cobalah cara untuk mengatasi notifikasi yang tidak muncul pada perangkat Android agar bisa muncul kembali

Cara Mengembalikan Notifikasi Yang Hilang Pada Smartphone Android

1. Coba Cek Pengaturan Notifikasi Aplikasi

Pertama kali yang harus Kalian lakukan yaitu mengecek terlebih dulu pengaturan notifikasi aplikasi pada smartphone Android yang digunakan, tujuannya untuk memastikan apakah tombol notifikasi sudah aktif.

Caranya tinggal buka menu Settings dan cari opsi Notifikasi, atau kadang Aplikasi duru baru didalamnya ada menu notifikasi. Cari aplikasi yang Kalian rasa ada masalah dengan notifikasinya, misalnya cari aplikasi WhatsApp dan lihat tombol notifikasi nya sudah menyala atau belum.

Normalnya ketika aplikasi di install pasti notifikasinya auto on, tetapi bisa saja karena tidak sengaja ada permintaan dan kita menekan off, hal seperti ini sering terjadi. Jadi hidupkan saja tombol notifikasi tersebut. Apabila tombol notifikasi sudah aktif dan ternyata jika ada pesan masuk tapi tidak ada notifikasi apapun, maka cek langkah berikutnya.

2. NonAktifkan Fungsi Optimalisasi Baterai

Berikutnya Kalian bisa mengecek pengaturan baterai pada perangkat dan sangat disarankan untuk menonaktifkan optimalisasi daya baterai atau mematikan kemampuan adaptifnya sehingga pengaturan baterai menjadi normal.

Pasalnya jika fitur optimalisasi baterai diaktifkan atau tidak sengaja teraktifkan maka smartphone akan otomatis mengurangi kinerja aplikasi tertentu yang memakan daya besar, jadi akan ada aplikasi yang durasi pemakaian tertentu diistirahatkan.

Jadi ketika baterai sudah terisi Kalian bisa memastikan fungsi ini mati agar semua notifikasi menjadi normal dan bisa masuk kembali. Caranya buka menu Settings dan pilih Battery kemudian nonaktifkan fitur Battery Optimazation.

3. Pastikan Background Data Aktif dan Normal

Masih pada fitur optimasi, kadang optimasi ini menyebabkan fungsi background data dinonaktifkan atau dibatasi, sehingga bisa juga membuat notifikasi tidak muncul pada beberapa kasus.

Jadi tidak ada salahnya untuk mengecek fungsi Background Data pada setiap aplikasi dan pastikan fungsi tersebut aktif, dengan begitu aplikasi tetap diizinkan mengakses data walau sedang tidak digunakan. Untuk mengeceknya buka menu Settings dan buka Apps, cari aplikasi yang akan di atur notifikasinya dan buka Data Usage kemudian klik tombol Background Data agar fitur ini aktif.

4. Cek Juga Fitur Hemat Data

Berikutnya coba cek fitur Data Saver atau penghemat data, mungkin saja tidak sengaja aktif atau terseting aktif ketika daya baterai berada pada persentase tertentu. Jika fitur ini hidup maka fungsi data yang berjalan di background aplikasi akan dihentikan dan menjadikan notifikasi tidak muncul.

Cara menonaktifkan fitur data saver berbeda pada tiap merek smartphone, namun langkah langkahnya tetap mirip, yaitu buka menu Settings cari menu Network dan buka Data Usage kemudian tinggal matikan Data Saver.

5. Atur Ulang atau Reinstall Aplikasi

Jika Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul Pada Smartphone Android tidak berhasil dan notifikasi masih tidak muncul maka Kalian harus mengatur ulang atau menginstall ulang aplikasi bermasalah dengan notifikasi.

Caranya mengatur ulang buka menu Settings pilih pengaturan Apps dan cari kemudian buka aplikasi tersebut selanjutnya Clear Cache sehingga aplikasi akan seperti baru di install.

Apabila terasa kurang menyakinkan maka lebih baik hapus atau uninstall aplikasi tersebut dan install kembali dari sumber terpercaya misalnya Google Play Store atau market bawaan smartphone. Dengan begitu seharusnya pengaturan aplikasi kembali normal dan notifikasi auto on.

Kesimpulan

Sebenarnya cukup banyak Cara mengembalikan Notifikasi Aplikasi yang Tidak Muncul Pada Smartphone Android, tapi jika semua setelan sudah benar tapi notifikasi masih tidak muncul, maka cobalah untuk melakukan update jika aplikasi tersebut tidak Kalian perbarui dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Notifikasi Aplikasi Tidak Muncul Pada Perangkat Android"

close