Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip 100% Berhasil

Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip - Printer Epson merupakan printer yang sering kita temui di berbagai lokasi seperti percetakan, perkantoran, sekolahan bahkan di rumah kita sendiri. Jelas kita tahu bahwa printer merk Epson ini memang tergolong printer yang populer dikalangan para pebisnis sampai pelajar untuk menyelesaikan tugas sekolah. Sampai sekarang printer jenis Epson L110 ini sangat laris di pasaran Indonesia, bahkan sampai di ekspor ke negara tetangga.

Jenis Printer Epson L3110 memang salah satu printer all-in-one yang punya kualitas yang bagus. Akan tetapi memang seperti halnya printer lain, jenis printer ini juga butuh perawatan atau maintenance secara rutin. Salah satu hal yang harus dimiliki yaitu memastikan printer tetap beroperasi dengan baik dengan memiliki resetter Epson L3110. Printer ini juga biasa dipakai untuk melakukan fotocopy dan scan dokumen.

Seperti halnya printer Epson yang lain, jenis ini kerap kali mengalami masalah yaitu blinking, untuk itu cara mengatasi Printer Epson L3110 lampu tinta dan kertas berkedip sudah saya siapkan panduannya dibawah ini. Akan tetapi kok nggak jangan terburu-buru membawa ke tukang servis dahulu karena ternyata Kalian dapat memperbaiki nya sendiri di rumah. Caranya dengan mereset baik itu manual maupun otomatis. Sedangkan untuk tombol download resetter Printer Epson L3110 gratis terbaru juga sudah ada ya.

Penyebab Printer Epson L3110 Error atau Blinking

Penyebab Printer Epson L3110 tidak bisa print mesti di reset pada umumnya karena ada indikasi khusus. Salah satunya dengan berkedipnya lampu indikator tinta dan kertas secara bersamaan. Berbeda dengan seri l yang  lainnya, di mana lampu berkedip secara bergantian.

Penyebab utama lampu  berkedip ini bermacam-macam. Hal yang paling sering terjadi yaitu konter atau tabung pembuangan tinta yang telah penuh. Kalau sudah terjadi, maka printer tidak bisa operasi sampai berhasil diperbaiki.

Hal yang harus dipahami bahwa istilah tabung pembuangan tinta penuh tersebut tidak berhubungan dengan fisik atau hardware. Istilah tersebut terkait dengan sistem perhitungan data. Dalam memperbaikinya, dilakukan menggunakan software khusus. Untuk link download resetter Printer Epson L3110 gratis terbaru melalui tombol dibawah ini ya.

Cara Reset Printer Epson L3110 Dengan Resetter

Panduan cara mengatasi Printer Epson L3110 lampu tinta dan kertas berkedip bergantian maupun bersamaan simak disini ya. Untuk mereset Printer Epson L3110 dengan software resetter secara otomatis, dapat mengikuti langkah berikut:

  • Silahkan Download Resetter Epson L3110 Full Version untuk reset Printer Epson L3110 yang bisa ditemukan di internet.
  • Ekstrak file dahulu, dengan menggunakan aplikasi WinRAR atau winzip. Sebelumnya, matikan antivirus maupun Windows defender.
  • Selanjutnya jalankan aplikasi Adjprog.exe dan kemudian pilih jenis printer L3110.

  • Berikutnya, pilih Particular Adjustment mode dan kemudian Waste ink Pad Counter.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan Waste ink Pad Counter di bagian Check and initialization.
  • Silakan mencentang dan kemudian klik initialization kemudian check.
  • Selanjutnya klik Finish dan Restart printer.
  • Cobalah mengecek apakah sudah normal kembali atau belum.

Cara Reset Printer Epson L3110 Manual Tanpa Komputer

Cara reset Printer Epson L3110 manual dilakukan tanpa menggunakan software atau tanpa komputer. Cara ini bisa Kalian lakukan jika dalam keadaan mendesak, atau sedang tidak memiliki software resetter printer Epson. Berikut ini adalah panduan langkahnya:

  • Pastikanlah printer menyala dan lampu indikator juga sedang menyala atau tidak berkedip.
  • Tekan tombol dengan gambar tetesan tinta yang umumnya ada dekat tombol power kurang lebih 10 detik, kemudian kembali lepaskan.
  • Kalau lampu indikator ternyata masih menyala, Kalian bisa ulangi langkah nomor 2 dengan kombinasi waktu berbeda. Misalkan, tekan tombol tetesan tinta 5 detik dan kemudian lepaskan.
  • Beri jeda lagi 1 detik dan tekanan 3 detik, lepaskan. Berikan jeda lagi 1 detik dan tekan 1 detik kemudian lepaskan.
  • Jika sudah, maka periksalah apakah printer sudah berfungsi normal lagi.

Kalau dengan mereset dengan langkah tersebut tidak berhasil, mematikan printer dan tunggu sebentar. Nyalakan kembali dan ulangi langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas.  Kalian harus berhati-hati saat menekan tombol bergambar tetesan tinta, supaya tidak merusaknya. Banyak orang yang kesulitan melakukan reset manual karena tombolnya tidak berfungsi. Jika memang begitu, tombol harus diganti terutama kalau ingin melakukan reset manual.

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip dengan cara teknik reset. Dengan mengikuti kedua panduan diatas diharapkan printer Kalian sudah normal kembali dan dapat dipakai untuk beraktivitas. Simak ulasan mengenai artikel printer yang lain pada blog Placelearn.com ini ya. Semoga bermanfaat !