Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengganti Username Shopee dengan Mudah

Cara Mengganti Username Shopee

Placelearn.com -  Hallo sobat semua, setelah sebelumnya saya menulis artikel mengenai Cara Mengubah Username Shopee Dengan Mudah. Pada postingan ini saya akan membagikan versi lengkapnya yaitu 3 Cara Mengganti Username Shopee dengan Mudah untuk dilakukan.

Sebelum menggunakan aplikasi Shopee untuk berbelanja, Konsumen diwajibkan untuk mendaftar akun Shopee dengan memasukkan nomor telepon, username dan password. Username yang sudah didaftarkan ini ternyata bisa diganti lagi dengan mengikuti cara mengganti username di shopee yang akan dibahas di artikel kali ini.

Username Shopee berguna sebagai identitas dari nama akun Konsumen Shopee. Untuk masuk dan menggunakan aplikasi Shopee, Konsumen wajib untuk memasukkan username dan password. Oleh karena itu username menjadi salah satu hal penting dalam penggunaan akun Shopee.

Lalu bagaimana cara mengganti username di Shopee sesuai dengan keinginan kita? Sebelum membahas hal tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai username pada Shopee.

Bedanya Username dan Nama Akun

Pada aplikasi Shopee, username dan nama akun adalah sesuatu yang berbeda. JIka nama akun menjadi identitas Konsumen untuk membeli, pengiriman dan COD suatu barang dan muncul pada menu profil, sedangkan username digunakan untuk masuk ke akun Shopee.

Dengan begitu, username memiliki peran sangatlah penting. Jika kita lupa username akun Shopee sudah pasti kita tidak bisa login dan menggunakan aplikasinya.

Syarat Mengganti Username Shopee

Tulis username sesuai dengan ketentuan yang tertera

Sebelum kita membahas mengenai cara mengganti username di Shopee, kenali terlebih dahulu syarat apa saja yang berlaku bagi Konsumen jika ingin mengganti username. Syarat untuk mengganti username di Shopee adalah sebagai berikut.

  • Username harus terdiri minimal 5 dan maksimal 30 karakter. Karakter ini terdiri dari huruf, angka, garis bawah dan titik tanpa spasi.
  • Sesuai dengan kebijakan Shopee terbaru, Konsumen yang mendaftarkan akun sebelum tanggal 15 April 2021 dapat mengganti username hanya satu kali. Sedangkan yang mendaftar akun Shopee setelah tanggal tersebut tidak bisa mengganti username.
  • Pastikan memilih username yang tidak melanggar kebijakan Shopee.
  • Pihak Shopee akan meninjau perubahan username selama kurang lebih 2×24 jam. Jadi username yang diubah tidak bisa langsung ganti begitu saja.

Cara Mengganti Username

Ada beberapa kebijakan terbaru dari Shopee untuk penggunanya. Salah satunya adalah tidak diperbolehkannya Konsumen untuk mengganti username. Konsumen yang tidak diperbolehkan untuk mengubah username merupakan Konsumen yang mendaftarkan akunnya setelah tanggal 15 April 2021.

Konsumen yang sudah mendaftarkan akunnya sebelum tanggal tersebut masih bisa mengganti username Shopee hanya satu kali saja. Lalu, bagaimana cara mengganti username di Shopee bagi pelanggan yang bisa? Berikut caranya.

1. Cara Mengganti Username Lewat HP

Cara mengganti username Shopee lewat HP cukup mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Shopee.
  2. Klik pada bagian Saya.
  3. Kemudian pilih ikon setting yang terletak di sebelah keranjang di atas kanan layar.
  4. Pilih Profil Saya.
  5. Pilih Username.
  6. Tulis username sesuai dengan ketentuan yang tertera.
  7. Klik Simpan.

2. Cara Mengganti Username Toko Lewat HP

Selanjutnya, Konsumen Shopee khususnya penjual juga dapat mengubah username tokonya dengan cara atau langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi kemudian masuk ke halaman Saya.
  2. Pilih bagian Toko Saya yang terletak di atas kiri layar.
  3. Pilih bagian Asisten Penjual.
  4. Setelah itu, pilih Profil Toko kemudian ganti username ID sesuai dengan yang diinginkan.
  5. Jika sudah selesai pilih tanda centang untuk menyimpan.

3. Cara Mengganti Username Toko Lewat PC/Laptop

Cara mengganti username di Shopee khususnya bagi penjual bisa juga dengan melalui PC/laptop. Cara untuk mengganti username tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Buka website Shopee, yaitu shopee.co.id menggunakan browser di PC/Laptop.
  2. Masuk ke akun Shopee terlebih dahulu.
  3. Jika sudah pilih pada Pengaturan Toko.
  4. Kemudian pilih Profil Toko.
  5. Kemudian pilih Profil Toko.
  6. Setelah itu, ubah username atau nama toko sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Jika sudah, klik tombol simpan.

JIka ternyata ketiga cara di atas tidak bisa digunakan karena username sudah pernah diganti atau memang tidak bisa diganti, gunakan cara berikut ini untuk mengubah username akun Shopee.

Cara Mengganti Username yang Tidak Dapat Diubah Tanpa Hapus Akun

Kebanyakan orang jika username akun Shopee miliknya tidak dapat diganti, biasanya mereka akan menghapus akun dan membuat akun yang  baru lagi. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan Konsumen untuk kehilangan data dan informasi penting yang sudah tersimpan di akun sebelumnya.

Padahal ada cara mengganti username di shopee tanpa hapus akun dengan langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Shopee.
  2. Kemudian pada halaman utama pilih Saya.
  3. Cari menu Chat kemudian pilih.
  4. Setelah itu, Konsumen akan diarahkan untuk masuk ke obrolan live chat dengan tim Shopee.
  5. Sebelumnya pilih terlebih dahulu apakah Konsumen tersebut adalah seorang pembeli atau penjual.
  6. Jika sudah memilih, Konsumen akan dihubungkan dengan salah satu tim cs Shopee.
  7. Tulis kendala atau pertanyaan yang ingin kalian ajukan. Jika ingin mengganti username, maka langsung saja inti permasalahan tersebut.
  8. Pihak Shopee akan merespon dengan meminta beberapa data yang dibutuhkan.
  9. Kendala akan diproses dalam waktu 2×24 jam.
  10. Setelah itu, Konsumen akan menerima pesan pemberitahuan, apakah username yang ingin diganti dengan yang baru bisa diterima.

Meskipun bisa dibilang membutuhkan waktu yang cukup lama akan tetapi, Konsumen tidak perlu menghapus akun sebelumnya untuk merubah username sesuai dengan yang diinginkan.

Namun, jika permohonan pertama kali ini dilayani dan diterima, lebih baik cukup satu kali ini saja. Hal ini untuk menghindari penolakan permohonan selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan sebagai Konsumen Shopee untuk memilih username yang cocok untuk digunakan selamanya.

Cara Mengganti Nama Toko

Jika ternyata username toko di Shopee tetap tidak bisa diubah, cobalah untuk mengganti nama toko saja. Nama toko di Shopee bisa diubah dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Cara Mengganti Nama Toko Lewat Aplikasi

  1. Buka aplikasi shopee yang ada di ponsel.
  2. Kemudian pilih menu Toko Saya yang terletak di bagian atas kiri layar.
  3. Setelah itu pilih menu Asisten Penjual.
  4. Lalu pilih Profil Toko.
  5. Ubah nama toko sesuai dengan yang diinginkan kemudian klik tanda Simpan.

2. Cara Mengganti Nama Toko Lewat Website

  1. Buka halaman website seller.shopee.co.id pada browser di PC/laptop.
  2. Setelah itu masuk ke akun shopee yang dimiliki.
  3. Kemudian pilih pada Pengaturan Toko.
  4. Lalu klik pada Profil Toko.
  5. Lalu klik pada Profil Toko.
  6. Setelah itu tulis nama toko dengan yang baru.
  7. Jika sudah selesai, klik tanda simpan untuk menyimpan perubahan tersebut.

Nama toko bisa diubah lagi setelah 30 hari melakukan perubahan sebelumnya. Jika belum mencapai 30 hari, tombol untuk mengubah nama tidak akan bisa diklik. Maka pastikan lagi nama toko yang ingin diubah sudah sesuai dengan apa yang diinginkan.

Dalam membuat nama toko, pastikan juga bahwa nama tersebut tidak mengandung spasi atau juga nama dagang dari merek lain. Jika menggunakan dua kata dalam nama, sebaiknya gunakan tanda garis bawah atau titik sebagai pemisah.

Dari beberapa cara mengganti username di Shopee yang disebutkan di atas dapat disimpulkan bahwa penggantian username tidak bisa dengan bebas dilakukan. Sekali lagi Konsumen harus benar-benar memilih nama yang tepat sehingga tidak perlu sering mengganti username.

Akhir Kata

Demikianlah Teman-teman semua Ulasan saya tentang 3 Cara Mengganti Username Shopee dengan Mudah. Semoga informasi yang saya bagikan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkan nya. 

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengganti Username Shopee dengan Mudah"

close