Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak yang Harus Diketahui

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak - Memiliki daya ingat yang tajam adalah dambaan setiap orang. Mempunyai ingatan yang kuat sangat membantu kita dalam mengerjakan aktifitas sehari-hari, terutama bagi para pelajar dan karyawan. Daya ingat setiap orang pastinya berbeda, ada yang cepat dalam menangkap, memahami, mengingat sesuatu yang dilihat, didengar, disentuh. 

Ada juga orang yang memiliki daya ingat yang lemah, bisa karena faktor gangguan otak seperti Alzheimer atau Demensia. Faktor lain yang menyebabkan otak lambat adalah jarang dilatih dan menerapkan pola hidup yang tidak teratur.

Mungkin anda pernah melihat anak kecil yang cerdas dan dengan mudah dalam mengingat sesuatu. Selain karena faktor nutrisi dan gizi yang diperoleh sejak kecil, faktor latihan adalah faktor yang sangat mendukug seseorang untuk dapat memiliki daya ingat yang kuat.

Secara umum daya ingat dan konsentrasi dapat ditingkatkan dari aktivitas-aktivitas yang positif dan menyehatkan. Melakukan sosialisasi yang positif dan pastinya mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk perkembangan otak.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Ada dua faktor yang dapat membantu daya ingat anda menjadi lebih kuat. Faktor pertama dari segi aktifitas yang anda lakukan yang kedua dari segi makanan yang anda konsumsi sehari-hari.

1. Aktifitas yang Perlu Anda Lakukan Agar Daya Ingat Meningkat

Tidur Teratur dan Cukup.

Manfaat tidur teratur dan cukup mengembalikan energi yang telah terpakai, menghilangkan rasa lelah pada tubuh. Selain itu tidur yang teratur dan cukup, dapat mengembalikan fungsi otak kiri atau otak kanan pada manusia. Ketika bangun tidur, kita pasti merasakan energi baru, otak terasa rileks dan siap menerima materi yang baru. Tidur siang juga merupakan aktifitas yang sangat baik, meskipun hanya 15 menit, hal tersebut bisa menjadikan otak lebih rileks dan mengembalikan energi kita.

Olahraga Teratur.

Selain istirahat yang cukup, olahraga teratur juga menjadi faktor penting. Karena dengan olahraga teratur kinerja jantung meningkat sehingga aliran darah ke seluruh tubuh dan bagian otak menjadi lancar, asupan dalam tubuh ke otak juga lancar, sehingga memaksimalkan kinerja otak.

Cobalah Bermain Game.

Disela-sela waktu kosong mungkin bisa memainkan game-game yang dapat mengasah otak kita, misal game strategi, teka-teki silang, sudoku dll. Karena game-game tersebut melatih otak kita untuk berfikir.

Teruslah Belajar.

Orang sukses memiliki kebiasaan membaca dari pada hanya menonton TV, karena dengan membaca akan melatih otak untuk terus berfikir dan menambah konsentrasi. Untuk itu cara meningkatkan daya ingat dengan terus belajar, menambah wawasan, menjawab soal-soal ataupun kegiatan otak lain. Membaca memberikan jenis latihan yang berbeda bagi otak dibandingkan menonton TV atau mendengarkan Radio. kemampuan imajinasi, bahasa dan pembelajaran asosiatif semua terhubung dalam sirkuit saraf tertentu untuk membaca.

Gaya Hidup Sehat.

Hindarilah merokok, minum alkohol dan makanan yang tidak sehat. Kecanduan alkohol atau obat terlarang lainya dapat menurunkan kinerja otak, bahkan menurunkan daya ingat. Cobalah untuk menjaga tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan air putih 6-8 gelas per hari.

Hindari Stres Berlebihan.

Stres berlebihan akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang akan mempengaruhi kinerja otak menjadi tidak stabil. Kenaikan tingkat glukokortikoid akibat stres yang berkepanjangan akan bepengaruh pada melemahnya daya ingat seseorang. Hal ini disebabkan karena ujung syaraf yang lebih tua merasa kesulitan untuk berhubungan dengan sel-sel otak yang baru.

 2. Makanan yang Perlu Dikonsumsi Agar Daya Ingat Meningkat

Jinten Hitam (Habatassauda).

Jinten Hitam adalah tanaman obat yang tergolong rempah-rempah. Di dalamnya terkandung asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3), sehingga merupakan nutrisi yang baik bagi otak untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. jintan hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak, dan sangat cocok untuk diberikan kepada anak-anak usia pertumbuhan maupun lansia.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3.

Minyak ikan kod kaya akan kandungan Omega 3 yakni Eicosapentaenoic (EPA) dan asam Docosahexaenoic (DHA) kedua zat gizi itu sangat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan sel-sel otak dan saraf, yang merupakan dasar dari kecerdasan. Omega 3 juga terkandung dalam ikan jenis lainya seperti ikan salmon, tuna, teri dll. Untuk dosis yang tepat dan sesuai sebaiknya konsultasikan kepada adokter atau ahli gizi.

Madu

Madu sangat mempunyai banyak manfaat, salah satunya sangat baik untuk meningkatkan perkembangan otak terutama untuk anak. Kandungan karbohidrat 82,3% lebih tinggi diantara produk-produk hewani lainya seperti, susu, telur, daging, keju dll. Setiap 100 gr madu murni mengandung 294 kalori. Sedangkan setiap 1000 gr madu kalorinya setara dengan  50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu. Minum satu sendok madu sebelum tidur akan meningkatkan fungsi kinerja otak. Sebab, fruktosanya mampu memberi energi cadangan pada hati dan bekerja pada otak semalaman.

Buah Berry.

Buah Berry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C dan juga antioksidan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa selain dapat mencegah kanker buah berry juga berkasiat untuk meningkatkan daya ingat pada otak. Buah berry juga mengandung zat quercetin yang berguna untuk melindungi fungsi sel otak. Sedangkan antosianin pada buah Berry dapat mencegah penyakit Alzheimer atau penurunan daya ingat.

Jenis Kacang-kacangan.

Jenis Kacang-kacangan mengandung lemak yang baik dan vitamin E sebagai antioksidan yang melindungi membran sel saraf. Vitamin ini membantu otak dalam rangka pemakaian glukosa sebagai sumber energi. selain baik untuk jantung kacang-kacangan juga berperan untuk meningkatkan daya ingat otak. Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam kacang, sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi kinerja otak.

beberapa aktifitas dan jenis-jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat pada otak. Hindari terlalu sering makanan-makanan yang cepat saji dan  berbahan kimia atau pengawet.

Akhir Kata

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak" semoga postingan yang saya bagikan ini bisa bermanfaat. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten placelearn.