Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Contoh Peluang Usaha yang Cocok di Daerah Pegunungan

Contoh Peluang Usaha yang Cocok di Daerah Pegunungan

Placelearn.com - Hallo Teman-teman semua, untuk artikel kali ini saya akan kembali memnagikan informasi tentang peluang bisnis mengenai Contoh Peluang Usaha yang Cocok di Daerah Pegunungan. Bagi kalian yang ingin mencoba, silahkan simak ulasannya di bawah ini sampai selesai.

Teringat kembali saat kecil pernah tinggal di daerah Puncak, jalan ke Toraja di Sulawesi Selatan, salah satu daerah pegunungan. Pemandangan indah dan udara sejuk membuat siapapun akan betah berlama-lama di tempat ini.

Ngomong-ngomong tentang daerah pegunungan, ternyata ada beberapa usaha yang menguntungkan dan menjanjikan yang bisa dikembangkan di pegunungan.

Mungkin ada yang bilang kalau daerah pegunungan tidak cocok untuk usaha karena termasuk daerah yang sepi pengunjung. Tapi itu mungkin dulu, karena saat ini sudah banyak daerah pegunungan yang ramai, baik menjadi tempat tinggal atau pun menjadi tujuan wisata. Karena itu, tidak perlu takut tinggal di pegunungan jika ingin berbisnis.

Berikut beberapa contoh usaha di daerah Pegunungan yang bisa dikembangkan dan hasilnya menguntungkan.

Contoh Peluang Usaha yang Cocok di Daerah Pegunungan

  1. Usaha Warung Kopi Atau Cafe
  2. Usaha di Bidang Pertanian
  3. Jasa Penginapan
  4. Membangun Desa Wisata

1. Usaha Warung Kopi Atau Cafe

Daerah dataran tinggi biasanya memiliki sejuta pesona alam yang menjadi tujuan wisata baik turis lokal maupun mancanegara.

Untuk mencapai tempat wisata tersebut, tentu saja ada rute yang harus dilalui. Dan ada beberapa lokasi yang memang sengaja dibuat sebagai tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Salah satu contohnya ada di daerah Puncak, jalan yang menghubungkan Palopo dan Tana Toraja. Di sini sering dijadikan tempat untuk beristirahat.

Karena itulah, banyak masyarakat di sana yang mendirikan warung kopi sederhana yang menyediakan berbagai menu masakan.

Bukan hanya masakan tapi makanan ringan pun banyak dijajakkan. Dan yang tidak ketinggalan adalah makanan khas bajek Puncak yang sangat lezat dan bikin ketagihan. Karena daerah tersebut cukup sejuk, maka kopi dan bakso bisa menjadi santapan yang lezat sebelum melanjutkan perjalan ke tempat tujuan wisata.

Sebagai tips, gunakan usaha makanan khas sebagai senjata oleh-oleh bagi pengunjung.

2. Usaha di Bidang Pertanian

Usaha pertanian memang identik dengan desa dan sawah. Bukan berarti daerah pegunungan tidak bisa bertani yang menguntungkan.

Masih dari Puncak, di sini para petani juga menghasilkan hasil perkebunan yang melimpah berupa kopi dan cengkeh. Tentu saja, ketika musim tanaman ini tiba untuk panen, maka penghasilan yang didapatkan juga sangat besar.

3. Jasa Penginapan

Daerah pegunungan sudah pasti identik dengan pemandangan alamnya yang luar biasa.

Jadi, tidak salah jika menjadi sasaran utama wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Mungkin ada yang menggunakan tenda, tapi tidak sedikit juga yang cari hotel atau tempat nginap.

Bagi kamu yang tinggal di daerah wisata, menyediakan jasa penginapan termasuk peluang usaha yang menguntungkan.

Untuk memulainya, bisa tanpa modal dengan menyewakan rumah atau kamar yang terdapat di daerah tempat wisata tersebut sebagai homestay.

4. Membangun Desa Wisata

Tidak bisa dipungkiri bahwa usaha akan menguntungkan jika berada di daerah ramai dan strategis. Bagaimana dengan daerah pegunungan yang masih asri dan bersih?

Jadi masalah yang dihadapi, bagaimana mengubah daerah sepi menjadi ramai?

Caranya dengan membangun desa wisata. Tentu ini tidak bisa dilakukan sendiri. Harus melibatkan semua yang ada di suatu daerah agar bisa saling mendukung dan membantu.

Pegunungan, dengan udara sejuk dan pemandangan yang indah, hanya membutuhkan sedikit polesan untuk menjadikannya sebagai tempat wisata yang ramai. Dari sini, terciptalah peluang usaha baru.

Unik, dari daerah sepi menjadi sebuah desa rekreasi yang mendapatkan penghasilan dari pengunjung.

Setelah menjadi tempat rekreasi, akan banyak tercipta usaha potensial lainnya. Mulai dari hasil dari daerah tersebut sampai masakan khas, kerajinan unik yang semuanya bisa menjadi oleh-oleh dari suatu daerah.

Sudahkan kamu memperhatikan peluang usaha di sekitarmu? Secara khusus yang tinggal di daerah pegunungan, ternyata memang benar ada begitu banyak contoh usaha yang bisa dikembangkan.

Demikianlah contoh peluang usaha yang cocok di daerah pegunungan yang bisa dikembangkan dan menguntungkan di masa depan. Semoga bermanfaat.

Akhir Kata

Terima kasih sobat telah membaca artikel "4 Contoh Peluang Usaha yang Cocok di Daerah Pegunungan". Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

Posting Komentar untuk "4 Contoh Peluang Usaha yang Cocok di Daerah Pegunungan"

close