Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total

penyebab hp xiaomi mati total

Placelearn.com - Hello sahabat mannulis semua, semoga dalam keadaan sehat. Untuk postingan ini saya akan membagikan Tutorial Android mengenai Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total. Yang bisa teman teman simak ulasan lengkap nya di bawah ini.

Terdapat banyak sekali hal yang mengakibatkan HP Xiaomi mati total. Bagi Anda pemilik HP Xiaomi harus mengetahui apa saja hal yang bisa menyebabkan smartphone Anda tersebut mati dan bagaimana cara mengatasinya.

Untuk mengetahui penyebab HP Xiaomi mati, maka disini Anda perlu menyimak informasi yang akan diberikan. Di bawah ini juga akan diberikan beberapa cara untuk mengatasinya.

Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total?

Faktor yang mengakibatkan HP Xiaomi mati total bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Ada yang sepele, ada pula yang berat. Jika penyebab tersebut tergolong berat, maka umumnya Anda harus melakukan penggantian komponen yang terdapat di dalam smartphone supaya nantinya bisa kembali hidup normal.

Namun jika smartphone tersebut mati total, maka di sini Anda harus mempertaruhkan data penting yang terdapat di dalam HP. Karena memang data tersebut tidak akan bisa dicadangkan selama hp masih berada dalam keadaan mati total.

Namun jika data tersebut tersimpan di dalam micro SD, pastinya hal tersebut tidak akan jadi masalah. Tapi terkadang terdapat data-data penting yang tersimpan di dalam memori internal. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi HP Xiaomi mati total.

1. Disebabkan Air

Air bisa menjadi salah satu penyebab perangkat elektronik mati. Hal itu dikarenakan air dapat mengakibatkan konslet yang membuat komponen jadi rusak. Hal tersebut juga berlaku pada smartphone Xiaomi. Terdapat banyak kasus di mana Xiaomi mati oleh karena kontak dengan air.

Sebenarnya kerusakan itu bisa Anda cegah selama mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Namun apabila penanganan dilakukan terlambat, maka besar kemungkinan hal itu akan mengakibatkan HP Xiaomi mati total.

Tapi sayangnya hingga saat ini Xiaomi memang belum meluncurkan HP yang mempunyai sertifikat anti air. Agar smartphone Xiaomi milik Anda tidak mati total karena disebabkan air, maka Anda harus berhati-hati ketika memakai smartphone.

Upayakan tidak meletakkan HP Xiaomi yang ada di tempat yang rawan terkena air dan selalu melindungi smartphone Anda dari hujan.

2. Baterai Rusak

Baterai merupakan komponen penting yang terdapat pada HP. Jika di sini baterai tersebut rusak, maka baterai tidak akan dapat menyimpan daya secara otomatis yang membuat smartphone tersebut mati. Baterai yang rusak ini bisa menjadi salah satu penyebab HP Xiaomi mati total.

Cara untuk mengatasinya yang jelas di sini Anda harus membeli baterai baru.  Pastikan Anda membeli baterai original supaya awet dan tahan lama.

Sehingga nantinya mampu menyimpan daya dengan lebih sempurna. Jangan tergoda dengan harga baterai yang murah. Karena harga murah pastinya sebanding dengan kualitas baterai itu sendiri. Pastikan Anda membeli baterai yang benar-benar original dari Xiaomi.

3. Charger Rusak

Sebelum di sini memutuskan apakah HP mati total atau tidak, maka lebih dahulu cek charger yang dipakai. Karena bisa saja hal yang menyebabkan HP Xiaomi tersebut mati total yaitu dikarenakan charger rusak, sehingga tidak dapat melakukan pengisian baterai.

Sangat disarankan untuk memakai charger asli dan tidak menggunakan charger dari HP merek lain, karena bisa saja berbeda daya.

Kemudian Anda cek apakah baterai sudah terisi atau tidak. Jika baterai masih belum terisi, maka besar kemungkinan penyebab dari HP Xiaomi tersebut mati total yaitu dikarenakan faktor tersebut.

4. Port USB Rusak

Penyebab HP Xiaomi mati total berikutnya yaitu port USB yang rusak. Cara melakukan pengisian daya pada HP Xiaomi yaitu dengan Anda menghubungkan antara port USB dengan kabel charger. Karena itulah, peran dari port USB memang sangat krusial.

Jika port USB rusak, maka secara otomatis di sini Anda tidak bisa lagi melakukan pengisian daya. Ini merupakan salah satu penyebab yang sering kali dialami mengapa HP Xiaomi milik Anda mati total.

Bagaimana Mengatasi Tombol Powernya Rusak?

1. Tombol Powernya Rusak

Tombol power yang rusak juga bisa menjadi penyebab HP milik Anda mati. Sekalipun hal tersebut merupakan sesuatu yang sepele, smartphone nantinya tidak akan bisa menyala jika tombol power tersebut rusak.

Cara melakukan pengecekan apakah tombol power rusak sangatlah mudah. Di sini Anda tinggal mencolokkan charger lalu lihat apakah pengisian daya tersebut berjalan.  Jika ternyata pengisian daya baterai berjalan Tapi hp milik Anda tidak bisa dinyalakan, maka kemungkinan di sini tombol power mengalami kerusakan.

Namun jika Anda mencoba untuk melakukan pengisian daya tapi tidak berjalan, itu berarti bukan pada tombol power yang bermasalah. Anda harus segera mengatasi tombol power tersebut. Jika tidak dapat diperbaiki maka disarankan untuk mengganti dengan yang baru.

2. Umur Smartphone

Sebuah perangkat elektronik pastinya memiliki masa pakai tersendiri. Hal itu juga berlaku untuk HP Xiaomi. Jika ternyata umur dari perangkat smartphone milik Anda sudah terlalu tua, maka ada kemungkinan komponen yang terdapat di dalam smartphone sudah rusak dan tidak dapat berfungsi kembali. Itulah akhirnya yang mengakibatkan HP Xiaomi Anda tidak dapat dinyalakan dan mati total.

3. Overheat

Overheat yaitu panas berlebih yang seringkali terjadi pada smartphone, khususnya di sini dengan merek Xiaomi. Panas tersebut terjadi secara terus menerus yang diakibatkan oleh HP bekerja terlalu extra, baik itu dalam bermain game ataupun edit video. Overheat memang sangatlah berbahaya, hal itu dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen yang terdapat di dalam smartphone.

Tak jarang terdapat kasus di mana Xiaomi mati total oleh karena kasus tersebut. Agar nantinya tidak mengalami hal itu, maka disarankan untuk Anda memakai smartphone dengan normal. Jika sudah terlalu panas, lebih baik istirahat lebih dahulu untuk menghindari HP Xiaomi mati total.

Akhir Kata

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total". Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat dan berguna. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total"

close