Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Google Form di Hp Android Paling Mudah Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Google Form di Hp Android

Cara Membuat Google Form di Hp Android - Membuat google form ada banyak sekali cara yang bisa Teman-teman gunakan. Google form biasanya digunakan untuk berbagai keperluan seperti survei perusahaan, formulir pendaftaran online, mendata siswa, membuat tugas sekolah dan lain sebagainya.

Cara membuat google form terbilang mudah, Teman-teman bisa melakukannya melalui Hp ataupun Pc. Fiture yang ada di google form sangatlah bagus dan bervariasi karena Teman-teman bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari para perespon.

Pengertian Google Form

Google form atau google formulir merupakan layanan google berbentuk perangkat lunak 

administrasi survei yang bisa Teman-teman gunakan untuk tanya jawab, serta bisa Teman-teman customisasi sesuai dengan kebutahan.

Google kini sudah membuat perkembangan inovasi dengan menghadirkan beberapa platform yang dimilikinya, diantaranya seperti google docs, sheets, slides dan masih banyak lagi.

Ada banyak tipe yang bisa Teman-teman gunakan untuk membuat google form seperti kusioner dan formulir pendaftaran.

Fungsi Google Form

Membuat google form pasti bukan tanpa alasan. Untuk membuat google form pastikan Teman-teman sudah tahu fungsi-fungsinya. Simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Membuat Kusioner

Fungsi utama dalam dari layanan google form yaitu membuat kusioner berupa formulir. Fungsi tersebut biasanya berisi kritik, saran, masukan, ulasan serta sebagai bahan untuk perkembangan sebuah penelitian. Membuat kusioner sering digunakan oleh beberapa pembisnis, sekolah, perusahan guna mendapatkan rating dari orang banyak.

2. Membuat Formulir Pendaftaran Kerja

Seiring berkembangnya teknologi, mendaftar pekerjaan menggunakan kertas kini kian hari kian menghilang. Banyak sekali perusahaan yang kini yang sudah membuat google form untuk calon pekerja yang ingin mendaftar. Selain mudah untuk dikelola datanya, perusahaan juga tidak perlu susah payah melihat satu per satu isi dari surat lamaran pekerjaan.

Menggunakan google form untuk formulir pendaftaran kerja juga bisa menjangkau lebih banyak pelamar. 

3. Tugas Sekolah

Selain untuk pekerjaan, google form juga bisa digunakan untuk mengumpulkan tugas sekolah. Sekarang ini banyak sekolah-sekolah yang sedang menggunakan sistem daring untuk belajarnya. Selain itu, kita juga tidak diperbolehkan bertatap muka secara langsung. Jadi menggunakan google form sudah menjadi metode paling tepat untuk mengirimkan tugas sekolah.

Manfaat Google Form

Manfaat google form yaitu mudah untuk digunakan dan disebarkan serta hasilnya bisa dimasukkan disheet. Sehingga data survei onlinenya bisa didownload dan diolah secara mudah dan praktis. 

Google form juga sangat praktis dan bisa menghemat kertas. Dengan menggunakan tekonlogi, kita tidak perlu membagikan kertas kepada perespon untuk meminta pendapatnya. Jadi hal ini sangat membantu perusahaan dalam menghemat tinta, waktu, dan tenaga.

Selain itu, manfaat lainnya yaitu bisa membuat data dalam bentuk file secara mudah, terstruktur, dan pastinya tidak bikin kepala pusing. Hal itu biasanya digunakan sekolah-sekolah untuk mendata ribuan siswanya ketika masuk sekolah. 

Lantas bagaimana cara membuat google form di Hp Android? Simak caranya sebagai berikut.

Cara Membuat Google Form di Hp Android Tanpa Aplikasi

Untuk cara membuatnya, berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan masuk browser dan cari google from atau pergi ke forms.google.com
  2. Jika sudah masuk, kemudian edit judul dan deskripsi sesuai kebutuhanmu.
  3. Ketik pernyataan pertama di formulir.
  4. Pilih jenis pertanyaan pertama yang ingin Teman-teman gunakan. Setiap pertanyaan diatur ke pilihan ganda. Pilihlah jenis pertanyaan berbeda untuk setiap pertanyaan diformulir.
  5. Klik opsi 1 dibawah pertannyaan pertama, kemudian masukkan opsi respons untuk pertanyaan pertama.
  6. Geser tombol required ke gambar. Menu ini terletak di pojok kiri bawah layar hp Teman-teman.
  7. Ketuk icom gambar jika Teman-teman ingin menambahkan pertanyaan baru.
  8. Klik icon palet warna untuk membuka menu pop-up warna yang bisa Teman-teman gunakan untuk mengubah tema formulir.
  9. Masukkan alamat email kontak dibawah judul email kemudian klik bidang kepada dan masukkan email calon perespon.
  10. Langkah terkahir, klik tombol send di bagian bawah layar hp Teman-teman. Tombol ini berada di pojok kanan bawah halaman kirim form. Ini akan mengirim formulir ke calon perespon melalui email.

Google Form selain digunakan untuk survey, google form juga bisa menjadi salah satu alat untuk mendata sebuah file secara mudah dan tidak ribet. Itulah cara membuat google form di Hp Android tanpa aplikasi. Semoga artikel ini membantu dan terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Akhir Kata

Itulah Teman-teman semua, ulasan saya tentang Cara Membuat Google Form di Hp Android Paling Mudah Tanpa Aplikasi. Semoga Tutorial Android yang saya bagikan ini bisa bermanfaat dan berguna buat semuanya yang lagi membutuhkan informasi ini.

1 komentar untuk "Cara Membuat Google Form di Hp Android Paling Mudah Tanpa Aplikasi"

close