Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Foto Di Galeri HP Android Tidak Bisa Dihapus

Cara Mengatasi Foto Di Galeri HP Android Tidak Bisa Dihapus

Placelearn.com - Hallo Teman-teman semua, pada postingan kali ini saya akan kembali membagikan Tutorial Android tentang Cara Mengatasi Foto Di Galeri HP Android Tidak Bisa Dihapus. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan kalian simak artikel ini sampai selesai.

Foto di galeri tidak bisa dihapus memang menjadi masalah yang sering dialami banyak pengguna Hp Android. Penyebabnya bisa dari aplikasi yang bermasalah atau file foto yang rusak.

Tentu ada beberapa cara mengatasi foto di galeri tidak bisa dihapus dan Kalian bisa coba-coba beberapa cara yang akan kita bahas kali ini. Dan caranya cukup mudah, Sehingga Kalian bisa coba langsung.

Galeri sendiri merupakan salah satu aplikasi yang penting di smartphone. Dengan adanya Galeri maka kita bisa melihat file media di smartphone dengan mudah terutama file foto dan video.

Namun yang menjadi masalah beberapa pengguna yaitu foto tidak bisa dihapus di galeri. Hal ini memang banyak dialami pengguna Hp Android dan Kalian.

Penyebab Foto Di Galeri Tidak Bisa Dihapus Hp Android

Foto di galeri susah dihapus atau ketika sudah dihapus ada lagi, Tentu ada beberapa penyebab nya.

  • File foto rusak – Foto di galeri tidak bisa dihapus kemungkinan karena file foto tersebut rusak atau biasanya belum keunduh secara penuh.
  • Aplikasi Galeri error – Kemungkinan berikutnya yang menjadi penyebab foto di Galeri tidak bisa dihapus karena aplikasi Galeri itu sendiri error atau bermasalah.
  • Tidak ada izin – Penyebab berikutnya kenapa foto di Galeri tidak bisa dihapus dikarenakan tidak ada izin untuk menghapus foto.
  • File foto terkena virus – Kemungkinan yang jarang namun bisa jadi penyebab kenapa foto di Galeri tidak bisa dihapus dikarenakan file foto terkena virus.

Cara Mengatasi Foto Di Galeri Tidak Bisa Dihapus Hp Android

Untuk pengguna Hp Android yang mengalami masalah file foto tidak bisa dihapu, Maka tenang saja. Karena banyak opsi atau cara mengatasi nya. Berikut ini sudah saya rangkum beberapa tutorial nya sebagai berikut.

1. Restart Smartphone

Cara termudah untuk mengatasi foto di galeri tidak bisa dihapus yaitu dengan restart Smartphone. Karena bisa jadi penyebab dari masalah ini dikarenakan aplikasi Galeri yang error. Sehingga cara termudah mengatasi masalah ini yaitu dengan restart Hp.

2. Hapus File Cache Aplikasi Galeri

Jika aplikasi Galeri error dan banyak foto tidak bisa dihapus, Maka bisa coba lakukan hapus cache. Walau sederhana namun cara ini efektif untuk mengatasi masalah seperti ini. Karena kemungkinan terlalu banyak file cache pada aplikasi sehingga memberatkan aplikasi.

Untuk menghapus file cache aplikasi Galeri, Caranya sebagai berikut :

  1. Buka pengaturan.
  2. Kemudian masuk ke menu Apps.
  3. Buka dan cari aplikasi Galeri.
  4. Selanjutnya klik hapus cache.
  5. Maka secara otomatis cache akan terhapus.

3. Hapus Melalui Aplikasi File Manager

Cara ampuh untuk mengatasi foto di Galeri tidak bisa dihapus Hp Android yaitu dengan menghapus melalui file manager langsung. Cara ini memang sederhana namun efektif untuk menghapus file yang sulit di hapus di Galeri.

Kalian tinggal buka file manager dan cari file foto yang akan dihapus. Biasanya hanya dengan cara ini maka foto akan terhapus di memori begitu juga di Galeri.

4. Gunakan Zarchiver

Aplikasi satu ini memang sering digunakan untuk ekstrak foto, Namun aplikasi satu ini juga bisa digunakan menghapus foto yang sulit di hapus. Jika Kalian belum ada Zarchiver maka tinggal pasang melalui Play Store langsung. Kemudian cari foto menggunakan aplikasi ini dan klik hapus. Maka secara otomatis file foto akan terhapus begitu juga di Galeri.

5. Format Memori

Jika foto di galeri tidak bisa dihapus dan juga terdeteksi disebabkan oleh virus. Maka cara mengatasi nya yaitu dengan format memori. Tentu cara ini efektif namun dengan resiko semua data di memori akan hilang. Sehingga jika Kalian melakukan cara ini jangan lupa untuk backup terlebih dahulu data-datanya, Apalagi untuk file data yang penting.

6. Hapus Foto Melalui Laptop

Cara berikutnya untuk mengatasi foto di Galeri tidak bisa dihapus yaitu dengan menghapus foto melalui Laptop. Cara ini juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Dengan menyambungkan Hp ke Laptop menggunakan kabel USB.

Jika sudah maka nanti data termasuk file foto di memori akan terbaca. Nantinya Kalian bisa menghapus foto yang tidak bisa dihapus di Galeri.

7. Reset Ke Pengaturan Pabrik

Cara terakhir merupakan cara beresiko dan perlu di fikirkan terlebih dahulu bagi Kalian yang hendak melakukannya. Cara nya yaitu dengan reset ke pengaturan pabrik, Dengan begitu semua akan reset dan data akan kembali seperti semula layaknya baru beli Hp.

Cara ini bisa jadi solusi bagi Kalian yang mengalami masalah foto di Galeri tidak bisa dihapus Hp Android dan file terkena virus yang cukup parah. Namun sebelum melakukan cara ini alangkah baiknya untuk difikirkan dahulu dan backup data yang penting jika memang hendak melakukannya.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Cara Mengatasi Foto Di Galeri HP Android Tidak Bisa Dihapus. Sebenarnya untuk masalah ini kebanyakan karena error galeri, Jadi cukup restart smartphone maka aplikasi galeri bisa normal kembali. Sekian informasi mengenai Placelearn.com dan terimakasih telah membaca.

1 komentar untuk "7 Cara Mengatasi Foto Di Galeri HP Android Tidak Bisa Dihapus"

close