Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air 100% Berhasil

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air - Pernahkah Teman-teman mengalami kondisi dimana speaker HP kemasukan air? Baik itu secara tidak sengaja terkena tumpahan cairan, kehujanan, bahkan masuk kedalam bak mandi. Ada banyak sekali faktor yang mungkin bisa terjadi yang bisa menyebabkan speaker hp kemasukan air. 

Biasanya jika komponen speaker mengalami kemasukan air, akan menyebabkan kualitas suara speaker menjadi buruk, contoh suara yang mungkin pernah Teman-teman dengar adalah kresek-kresek atau bahkan jika terlalu parah akan tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya jika HP kemasukan air, entah itu tidak langsung maupun secara langsung akan menyebabkan permasalahan serius pada HP seperti HP menjadi error. Baik itu akan menyerang bagian layar hp, bagian komponen mesin bahkan bisa juga menyerang ke bagian speaker. Nah pada kesempatan kali ini, secara spesifik saya akan membagikan tips bagaimana cara mengatasi speaker yang kemasukan air.

Speaker HP Kemasukan Air

Speaker yang mengalami kemasukan air, pasti akan menyebabkan beberapa gangguan fungsi, seperti :

  • Suara yang dihasilkan menjadi pecah.
  • Suara menjadi kecil.
  • Suara menjadi tidak jelas.
  • Muncul suara berisik atau suara kresek-kresek.
  • Bunyi suara akan menjadi cempreng.
  • Jika kondisinya parah speaker bisa tidak bersuara sama sekali.

Apabila hal diatas terjadi pada ponsel Teman-teman tentunya akan menjadi masalah yang merepotkan, sebab aktifitas dalam menggunakan Hp bisa terganggu. Sebagai contoh saat melakukan panggilan telepon suara akan menjadi tidak jelas atau bahkan tidak ada suara sama sekali, hal tersebut sudah pasti sangat mengganggu kenyamanan Teman-teman.

Seperti yang sudah kita ketahui, komponen speaker merupakan komponen yang sangat rentan mengalami kerusakan, maka dari itu apabila kemasukan air akan sangat memperngaruhi semua aktifitas Teman-teman dalam menggunakan ponsel.

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air Dengan Mudah

Komponen speaker merupakan komponen yang bisa diganti jika mengalami kerusakan, tanpa perlu mengganti ponsel baru. Tapi saya rekomendasikan Teman-teman mencoba terlebih dahulu beberapa cara yang dapat Teman-teman lakukan untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut. 

Dalam artian Teman-teman jangan terburu-buru untuk membawanya ke service center untuk melakukan ganti komponen, apalagi sampai membeli HP baru. Apabila Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air yang saya bagikan ini bisa membantu, maka tidak ada salahnya untuk Teman-teman coba terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Teman-teman lakukan:

1. Periksa Settingan Volume HP

Untuk dapat melakukan pemeriksaan ini, Teman-teman harus pastikan terlebih dahulu apakah suara yang keluar benar-benar kurang jelas atau kurang keras. Sebab tidak jarang permasalahnya bukan dikarenakan air yang masuk ke speaker, akan tetapi dari pengaturan volume itu sendiri. Teman-teman bisa coba lakukan langkah dibawah ini:

  • Langkah pertama silahkan Teman-teman buka menu Settings.
  • Kemudian buka menu Suara.
  • Lalu atur Volume dengan menaikkan menjadi maximal.
  • Kemudian lakukan pemeriksaan suara dengan cara memutar music di aplikasi music yang kalian miliki.
  • Pastikan jika suaranya sudah kembali normal ataukah masih sama.

2. Menggunakan Kode Test Speaker

Apabila Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air yang pertama tidak berhasil, Teman-teman dapat memakai cara dengan kode untuk test speaker hp Teman-teman. Apakah suara benar-benar rusak atau ternyata masih baik-baik saja. 

Setiap merk HP mempunyai kode yang berbeda-beda, dibawah ini akan saya bagikan beberapa kode yang bisa Teman-teman coba. Namun jika kode dibawah tidak sesuai dengan merk HP, silahkan Teman-teman cari di Google untuk kode yang sesuai dengan merk HP Teman-teman. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama silahkan buka menu Dial di HP.
  • Lalu silahkan ketik kode dibawah ini disesuaikan dengan merk HP Teman-teman.
  1. kode HP Samsung #0#.
  2. kode HP Xiomi ##64663##.
  3. kode HP Realme ##4636##.
  4. kode HP Oppo *#800#.
  5. kode HP Vivo *#558#.
  6. kode HP Asus ##2664##.
  • Kemudian akan tampil halaman pengetesan Hardware nantinya.
  • Silakan Teman-teman cek Speaker pada halaman tersebut.

Cara yang satu ini diketahui cukup akurat, jika sudah menggunakan cara ini tetapi kondisi speaker HP masih tetap tidak berbunyi, maka kemungkinan speaker benar-benar mengalami kerusakan.

3. Bersihkan Speaker HP

Berkaitan dengan permasalahan HP yang kemasukan air, biasanya masih akan tertinggal sisa-sisa embun di dalam Speaker tersebut. Maka dari itu perlu dilakukan pembersihan. Caranya adalah dengan memakai jarum atau alat sejenisnya. Teman-teman dapat membersihkan speaker secara perlahan di bagian luar speaker, tujuannya untuk menghilangkan suara kresek-kresek.

Banyak yang sudah mencoba cara ini dan hal ini bisa sedikit membantu. Sebab setiap tipe HP memiliki letak speaker yang berbeda-beda. Jika speaker terletak dibelakang HP maka Teman-teman harus membuka bagian casing belakang HP terlebih dahulu. Untuk caranya melepas casing Teman-teman bisa mencari tutorialnya di Youtube dan sesuaikan dengan tipe serta merk HP Teman-teman.

4. Gunakan Hairdryer Untuk Mengeringkan HP

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa hairdryer bekerja mengeluarkan angin panas, dan hal ini bisa sangat membantu untuk mengeringkan embun yang ada di dalam speaker. Untuk caranya ada dibawah ini:

  • Pertama nyalakan hairdryer.
  • Kemudian arahkan ke Speaker yang diduga kemasukan air.
  • Berikutnya beri jeda waktu sedikit, sebagai contoh 10 detik untuk dipanaskan dan 5 detik untuk didingingkan.
  • Tidak lupa juga untuk setting suhu hairdyer ke mode suhu rendah dengan tujuan supaya suhu HP tidak terlalu panas saat dikeringkan.

Cara tersebut biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang mempunyai hp tipe baterai lepas. Sehingga dapat melepas casing HP serta baterai untuk memaksimalkan pengeringan pada speaker yang terkena air tersebut.

5. Gunakan Kipas Angin

Tidak hanya dengan hairdyer, mengeringkan speaker juga bisa dilakukan dengan kipas angin. Caranya juga hampir sama yaitu arahkan kipas angin ke dalam speaker yang diduga terkena air, lalu tunggu 3 sampai 5 jam kemudian baru dinyalakan kembali. Silahkan Teman-teman periksa kembali apakah speaker sudah berfungsi kembali atau masih belum berfungsi.

6. Menggunakan Beras

Beras merupakan salah satu media yang dapat dipakai untuk mengeringkan HP yang kemasukan air. Sebab menurut penelitian, beras mempunyai sifat menyerap air yang baik, sehingga bagian komponen yang lembab dapat dikeringkan termasuk speaker. Banyak para pengguna yang menggunakan cara ini untuk mengeringkan HP yang terkena hujan. Langkah-langkahnya adalah:

  • Pertama Teman-teman siapkan beras secukupnya.
  • Kemudian lepaskan casing dan baterainya.
  • Lalu Teman-teman kubur semua bagian HP yang kemasukan air kedalam beras tersebut kemudian tunggu semalaman atau lebih, maksimal 2 sampai 3 hari.
  • Berikutnya Teman-teman dapat coba untuk nyalakan kembali HP Teman-teman dan periksa lagi speakernya, apakah sudah bisa berfungsi atau belum.

7. Bawa ke Service Center HP

Apabila semua Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air yang sudah saya jelaskan diatas masih belum bisa mengatasi masalah tersebut, maka cara terakhir yang bisa Teman-teman lakukan yaitu dengan membawa HP Teman-teman ke Service Center atau ke tempat service HP untuk melakukan pergantian komponen speaker. Karena sudah dipastikan jika speaker hp Teman-teman mengalami kerusakan.

Untuk cara menggantinya pun terhitung tidaklah mudah, apabila Teman-teman belum pernah mencoba mengganti speaker sama sekali, maka ada baiknya untuk ditangani dengan orang yang lebih ahli dalam bidang tersebut. 

Untuk biayanya sendiri biasanya Teman-teman perlu mempersiapkan biaya sebesar 100 sampai 300 ribu rupiah. Namun jika hp Teman-teman masih mempunyai garansi biasanya akan mendapatkan keringanan biaya atau mungkin malah gratis. Tetapi memang membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa rekomendasi yang bisa saya berikan mengenai bagaimana Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air. Saya harapkan salah satu cara tersebut bisa membantu Teman-teman dalam mengatasi permasalahan tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air 100% Berhasil"

close