Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjual Hasil Foto di Internet Bagi Kamu Yang Hobi Fotografi

Cara Menjual Hasil Foto di Internet

Cara Menjual Hasil Foto di Internet - Hobi tidak hanya bisa menghibur diri, melainkan juga bisa menjadi sumber pendapatan uang jika dimanfaatkan secara tepat. Salah satu contohnya yaitu hobi fotografer. Dari hasil fotonya saja bisa dijual dengan harga yang mungkin cukup tinggi, tergantung kualitas foto-nya.

Menjual foto akhir-akhir ini memang menjadi salah satu trend yang mungkin menarik perhatian publik. Selain mudah dilakukan, menjual foto juga ternyata bisa memberikan banyak keuntungan. Bagi Teman-teman yang suka mengambil gambar dengan hasil yang bagus, Teman-teman bisa memanfaatkan cara ini untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan mudah.

Tidak perlu menggunakan kamera yang mahal, Teman-teman juga bisa menggunakan kamera HP saja. Sekarang ini, banyak HP yang sudah mendukung untuk menjadi seorang fotografer. 

Salah satu faktor penting dalam mengambil foto adalah kualitasnya. Ketajaman serta kejelasan foto menjadi kunci utama jika Teman-teman ingin menjualnya ke Internet

Cara Menjual foto ke internet tampaknya menjadi hal yang perlu dipahami oleh seorang potografer. Pasalnya, sekarang ini penghasilan fotografer tidak hanya dari hasil jasa memotret saja, tetapi juga bisa dengan cara lain, yaitu menjual foto di internet. 

Sekarang ini, banyak sekali situs yang bisa menjadi tempat untuk Menjual beli foto online. Salah satu situs yang cukup populer adalah Shutterstock. Di situs tersebut, Teman-teman bisa menjual foto dengan harga yang mungkin cukup mengutungkan.

Syarat Menjual Foto di Shutterstock

Sebelum mendaftar untuk jadi kontributor di platfrom Shutterstok, ada beberapa syarat yang perlu Teman-teman perhatikan. Berikut beberapa syarat yang harus Teman-teman penuhi.

1. Resolusi dan Jenis File nya harus Sesuai Ketentuan

Syarat pertama jika ingin menjual foto di shutterstock adalah resolusi dan jenis file harus sesuai ketentuan. Resolusi dan jenis file harus memenuhi aturan yang telah ditetapkan situs. Shutterstock mewajibkan semua foto minimal memiliki resolusi 4 megapixel. Ukuran tersebut berlaku untuk jenis file foto jpeg, vektor, dan eps. Untuk file vektor, penjual foto hanya perlu mengunggah file .eps saja untuk cara Menjual foto di Shutterstock.

2. Foto Memiliki Kualitas yang baik

Syarat yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu kualitas foto yang ingin diunggah ke platfrom tersebut. Pastikan Teman-teman mengunggah foto yang memiliki kualitas baik agar bisa lolos dengan mudah. Ada beberapa faktor yang menunjang kualitas foto antara lain; pencahayaan, fokus foto, hingga noise yang dihasilkan. Semakin tinggi kualitas foto, semakin mudah juga peluang untuk lolos.

3. Foto tidak ada unsur SARA

Shutterstock melarang untuk menjual foto yang mengandur unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan). Maka dari itu, pastikan foto yang ingin diunggah menarik dan tidak mengandung unsur SARA. Jika terdeteksi mengandung unsur SARA, secara otomotis foto akan langsung terblokir tanpa melalui riview.

4. Umur harus 18 tahun

Syarat yang terakhir yang harus Teman-teman penuhi untuk menjadi kontributor di platfrom Shutterstock yaitu umur harus 18 tahun atau 18 tahun ke atas. Hal ini tercantum di saat kita pertama kali mendaftar atau registrasi.

Cara Menjual Foto di Shutterstock 

Setelah Teman-teman mengetahui syarat untuk menjadi kontributor di Shutterstock, kali ini saatnya Teman-teman mulai menjual foto Teman-teman di platfrom tersebut. Cara menjual foto di Shutterstock cukup mudah, Teman-teman hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Daftar Akun atau Registrasi

Langkah pertama yang harus Teman-teman lakukan yaitu daftar akun atau registrasi. Untuk melakukannya, Teman-teman bisa langsung ke situsnya, cari menu registrasi kemudian klik get started untuk mendaftar sebagai kontributor.

Setelah itu, isi kotak formulir dengan benar dan lengkap. Masukkan email yang masih aktif agar nantinya bisa melakukan konfirmasi. Lanjutkan dengan konfirmasi email agar Teman-teman resmi terdaftar menjadi kontributor di situs tersebut.

2. Melakukan Konfirmasi Akun

Sebelum lanjut pada cara Menjual foto di Shutterstock, Teman-teman harus melakukan konfirmasi akun terlebih dahulu. Biasanya pihak Shutterstock akan memberikan instruksi untuk mengunggah KTP dan password sebagai Kontributor. Maka dari itu, pastikan Teman-teman sudah menyiapkan kedua dokumen tersebut agar pendaftaran bisa berhasil.

3. Pastikan Kontributor punya Akun Paypal

Situs Shutterstock mengharuskan penjual untuk memiliki akun Paypal. Hal ini berguna agar mempermudah transaksi penjualan foto sekaligus menjadi tempat transaksi jual beli yang aman. Oleh sebab itu, pastikan Teman-teman sudah memiliki akun Paypal sebelum menjual foto.

4. Seleksi Foto sebelum di Unggah ke Shutterstock

Setelah selesai melakukan pendaftaran atau registrasi, kontributor bisa langsung mulai menjual foto di shutterstock. Teman-teman bisa mengunggah hasil foto Teman-teman dengan kriteria yang telah ditentukan sebagai berikut:

Foto dari hasil karya sendiri.

jika hasil fotonya terdapat objek orang, maka perlu adanya model release. Perlu Teman-teman ketahui jika model release itu adalah pernyataan bahwa dirinya dipergunakan sebagai objek.

Foto tidak mengandung unsur brand dan watermark dalam foto yang diunggah.

5. Tunggu hingga pihak Shutterstock Meriview Fotonya

Foto yang berhasil diunggah, selanjutnya akan diriview oleh pihak Shutterstock. Jika fotonya lolos, maka foto tersebut akan langsung dimasukkan ke website shutterstock. Sedangkan foto yang tidak lolos akan di pending dahulu oleh pihak Shutterstock.

Pihak Shutterstock juga memberikan saran untuk perbaikan foto seperti kurang fokus, resolusi kurang, dan lain sebagainya. Dengan adanya saran tersebut, diharapkan kontributor bisa menjual foto di Shutterstock dengan bagus dan lebih berkualitas.

6. Pihak Shutterstock akan mengirimkan informasi pendapatan

Foto yang telah lolos seleksi, secara otomatis langsung dibeli oleh pihak shutterstock. Nantinya, mereka akan memberikan informasi tentang pendapatan dari total goto yang dibeli.

Untuk bisa menikmati hasil dari Menjual foto di shutterstock, pastikan saldo di Paypal telah mencapai 200 dolar. Nantinya penjual bisa langsung melakukan penarikan saldo dari Paypal ke rekeneng bank jika sudah mencapai target.

Akhir Kata

Itulah beberapa hal yang perlu Teman-teman pahami tentang Cara Menjual Hasil Foto di Internet. Semoga dengan penjelasan saya di atas Teman-teman bisa mendapatkan banyak keuntungan dari menjual hasil karya-karya Teman-teman di Internet.

Posting Komentar untuk "Cara Menjual Hasil Foto di Internet Bagi Kamu Yang Hobi Fotografi"