Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek HP Samsung Asli Atau Tidak Dengan Mudah

Cara Cek HP Samsung Asli

Cara Cek HP Samsung Asli - Teknologi menjadi salah satu yang sangat cepat berkembang di dunia,terutama pada HP genggam. Saat ini, banyak hadir merek HP dengan fitur, fasilitas handal dan terbaik di bidangnya.

Hampir di setiap negara memiliki pabrikan dan produsen HP dengan kelasnya tersendiri. Diantara banyaknya produsen, HP Samsung menjadi salah satu merek HP tertua mengalahkan merk HP lain yang ada.

[Baca Juga: Cara Membersihkan File Sampah di HP Samsung Dengan Mudah]

Untuk Teman-teman yang ingin membeli HP dengan merek Samsung, harus mengetahui cara cek HP Samsung di pasaran, sebab maraknnya produsen kelas Kw atau bodong. Teman-teman bisa simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Cek HP Samsung dengan Mudah

Mengetahui keaslian suatu produk sangatlah penting, terutama barang yang cukup mahal. Salah satunya adalah mengecek produk ponsel, berikut ini cara cek HP Samsung dengan berbagai cara yang dapat Teman-teman lakukan:

1. Cara Cek HP Samsung dengan Fisik HP

Untuk mengecek keaslian HP Samsung bisa dilihat dari bentuk fisik produk. Dalam hal ini, dibutuhkan ketelitian agar bisa membedakan mana HP asli dan KW dengan ciri-ciri yang ada difisiknya.

[Baca Juga: Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung Praktis dan Mudah]

Salah satu cara membedakannya yaitu dengan mengecek ketebalan dan bahan material di casing HP. HP Samsung yang asli memiliki body yang tebal dan kuat, dengan material berkualitas.

Material HP Samsung yang asli cenderung terasa lebih kasar dan saat diketuk akan mengeluarkan suara lebih kuat. Untuk HP buatan China umumnya terbuat dari bahan semi-plastik.

Materialnya juga lebih licin dan ringan saat digenggam, sehingga terasa lebih nyaman. Pertama-tama Teman-teman bisa mengecek kualitas atau kondisi fisik dari smartphone yang akan dibeli.

Cara ini lebih mudah dilakukan karena ciri-ciri Samsung asli dan palsu bisa dilihat dengan mata kepala langsung.

Berikut ini perbedaannya:

  • Tampilan layar di Samsung yang asli akan terlihat cerah sementara yang palsu layarnya lebih kusam.
  • Gap yang ada di tepi layar dengan fisik smartphone Samsung palsu terlihat lumayan lebar.
  • Logo Samsung palsu terasa kasar saat dipegang dan lebih mudah dihapus.
  • Letak tombol home dan volume di Samsung palsu terlihat tidak seimbang atau proporsional.
  • Samsung palsu juga tidak memiliki sensor yang lengkap.
  • Spesifikasi baterai Samsung palsu sangat berbeda dengan yang asli.
  • Jika Teman-teman membuka baterai Samsung palsu, ada beberapa komponen yang tidak pas dengan casing aslinya.
  • Smartphone samsung asli mempunyai body yang kuat dan tebal sedangkan yang palsu biasanya terbuat dari bahan semi plastik yang terasa lebih ringan.
  • Material yang digunakan dalam Samsung asli biasanya terasa lebih kasar saat disentuh dan ketika diketuk suara yang keluar terasa lebih dalam.

2. Cara Cek HP Samsung Kualitas Layar

Selain pada body HP, Teman-teman juga bisa cek HP Samsung dengan meneliti kualitas layar. Untuk HP Samsung yang palsu yaitu seri flagship, dengan melihat kualitas yang jauh lebih rendah dari aslinya.

Layar asli, dibuat dengan teknologi Super Amoled sehingga lebih jernih dan tajam. Sedangkan, HP flagship menggunakan layar IPS LCD sehingga kualitasnya terlihat buruk.

[Baca Juga: Cara Restart HP Samsung dengan Mudah dan Praktis]

Layar IPS LCD atau TFT tampak lebih buram dan tidak bisa menghasilkan gerakan yang smooth. Layar HP Samsung palsu umumnya memiliki bezel yang cukup tebal, sehingga akan membuat HP lebih cepat panas dan tidak awet digunakan dalam jangka waktu lama.

Selengkapnya di cara cek layar Samsung, normal atau tidak berikut ini.

3. Cara Cek HP Samsung Menggunakan LCD Test

Cara mencobanya cukup mudah, yaitu dengan mengetik “*#0*#” di layar panggilan dan tunggulah beberapa detik, Layar Hp akan menampilkan informasi LCD test.

Informasi ini berisi tentang keterangan kamera, getaran, suara, layar sentuh, dan spesifikasi lain. Sedangkan HP Samsung palsu tidak akan menampilkan informasi seperti di atas secara rinci.

Selain mengetik kode  “*#0*#”, Teman-teman juga bisa mencoba mengetes spesifikasi HP dengan cara mengetik “*#*#4636#*#*” di layar panggilan. Sama seperti cara cek di atas, informasi tidak akan muncul jika HP vadalah Hp KW atau bodong.

4. Cara Cek HP Samsung Menggunakan Kode Rahasia

Menggunakan kode rahasia untuk mengecek HP Samsung yang bisa Teman-teman coba, yaitu dengan mengetik kode “*#1234#” di layar panggilan. Kode rahasia ini berfungsi untuk melihat tipe HP Samsung yang Teman-teman gunakan.

Kemudian, cocokkan tipe HP pada informasi yang tersedia dengan seri yang tertera di kotak boks. Jika nama dan nomornya berbeda, maka bisa di simpulkan bahwa HP tersebut adalah ponsel KW.

Untuk mengetahui kode yang tampak setelah mengetikkan kode, pertama Teman-teman harus tahu cara membaca nomor seri terlebih dahulu.

Contohnya, kode SM-N975F/DS untuk model HP Samsung Galaxy Note 10+. Dan semua kode rahasia bisa Teman-teman cek lewat website resmi yang dibuat Samsung.

Beberapa kode khusus Samsung yang sering dipakai yaitu:

  • #12580*369#: untuk menampilkan informasi software dan hardware di dalam smartphone
  • *#1234# atau *#9999#: untuk mencari tahu versi software, Modem, PDA, dan CSC
  • *#0228#: untuk masuk ke dalam Samsung ADC Reading
  • *#197328640#: untuk masuk ke dalam Samsung Service Mode
  • *#0*#: untuk mengakses test mode
  • *#9998*246#: untuk menampilkan informasi tentang baterai dan juga memori
  • *#32489#: untuk memunculkan informasi ciphering Samsung
  • *#232331# atau #7828#: untuk masuk ke mode test bluetooth
  • *#232337#: untuk mencari tahu alamat bluetooth dari smartphone Samsung

5. Cara Cek HP Samsung Menggunakan Nomor IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity  yaitu sebuah kode unik di perangkat HP yang berlaku untuk internasional. Cara untuk mengecek keaslian HP Samsung dengan IMEI bisa dilakukan dengan mengecek kesamaan nomor IMEI di boks HP.

Nomor di boks biasanya harus sama dengan kode yang ada pada layar setelah Teman-teman mengetik *#06# di layar panggilan. Jika kode yang Teman-teman temukan tidak sama, maka dapat dipastikan produk KW atau bodong.

Selain dengan layar panggilan, Teman-teman juga bisa mengecek dengan nomor IMEI melalui situs imei.kemenperin.go.id. Caranya cukup mudah, hanya perlu memasukkan nomor IMEI pada boks dan samakan informasi yang ada di layar.

Jika nomornya sama, maka HP Teman-teman adalan asli, jika tidak maka Hp bodong atau KW.

6. Cara Cek HP Samsung Menggunakan Sambungan ke Samsung KIES

KIES merupakan sebuah aplikasi khusus pengguna Samsung yang berfungsi untuk mengecek spesifikasi dan keaslian produknya.

Berikut cara yang bisa Teman-teman lakukan:

  1. Unduh aplikasi KIES di laptop terlebih dahulu dan kemudian sambungkan HP ke laptop.
  2. Lalu tunggu beberapa saat sampai layar laptop menampilkan informasi HP Samsung.
  3. Jika informasi tidak muncul, maka bisa dipastikan produk palsu.
  4. Agar lebih yakin, Gantilah kabel data atau menyambungkan ulang HP ke laptop.

Jika informasi KIES tetap tidak muncul setelah menukar kabel data dan laptop, maka bisa dipastikan HP Teman-teman adalah palsu.

7. Cara Cek HP Samsung dengan Cek Kualitas Kamera

HP Samsung tidak hanya dikenal karena kualitas tampilan dan software-nya saja, namun juga kualitas kamera yang dihasilkan terbilang handal dan mumpuni. Hasil foto dengan HP Samsung memiliki detail yang akurat dan jernih.

Jika dibandingkan dengan HP palsu maka hasilnya jauh lebih buram dan kurang menarik. Selain itu, HP Samsung memiliki fitur zoom jauh, sementara Hp palsunya hanya bisa zoom satu atau dua kali saja.

8. Cara Cek Ulang Spesifikasi di CPU-Z

Untuk mengecek keaslian HP Samsung juga bisa dengan spesifikasi di dalam HP, Teman-teman bisa mencoba gunakan aplikasi CPU-Z serta AIDA 64. Kedua aplikasi bisa Teman-teman dapatkan secara gratis dan unduh di semua jenis HP Android.

Aplikasi ini akan menampilkan spesifikasi HP mulai dari seri, model, sampai pada pengaturan secara lengkap. Teman-teman bisa mengeceknya langsung, jika nomor seri dan modelnya terlihat berbeda, maka  HP Teman-teman adalah produk palsu.

Jangan lupa untuk pastikan semua data seperti nomor, model, dan keterangannya sama.

9. Kualitas kamera

Tidak bisa dipungkiri, untuk kualitas kamera smartphone Samsung menjadi salah satu yang terbaik diantara pesaing-pesaingnya.

Bahkan dalam kondisi yang tidak terlalu banyak cahaya, kamera Samsung asli masih bisa mendapatkan gambar dengan detail yang jelas.

Untuk produk yang palsu atau KW, hasil kamera dalam kondisi minim cahaya akan dipenuhi dengan noise dan gambarnya lebih gelap.

10. Tipe dan spesifikasi

Teman-teman juga bisa melihat keaslian smartphone Samsung dengan melihat tipe dan spesifikasinya. Caranya dengan mengakses di bagian Pengaturan atau Setting lalu pilih menu Tentang Ponsel atau About Device.

Setelah muncul tipe dan spesifikasinya, Teman-teman tinggal mencocokkan dengan spesifikasi resmi yang ada di situs Samsung atau GSM Arena.

11. Cek spesifikasi di aplikasi AIDA 64 atau CPU-Z

Cara lainnya yang bisa Teman-teman lakukan yaitu dengan mengecek ulang spesifikasi smartphone menggunakan aplikasi AIDA 64 atau CPU-Z. Dua aplikasi ini bisa di install secara gratis melalui Google Play Store.

AIDA 64 dan CPU-Z sendiri bisa menampilkan spesifikasi smartphone secara lengkap seperti seri, model, dan pengaturan-pengaturan lainnya.

Menariknya lagi, informasi yang ada di dalamya tidak bisa diedit oleh siapapun, sehingga bisa dipastikan terpercaya.

12. Samsung Member

Setiap smartphone Samsung yang asli tentu sudah terdaftar dengan Samsung Member. Teman-teman bisa mengetahui keasliannya dengan memanfaatkan fitur ini.

Caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Samsung Member dan pilih bagian “Get Help” yang ada di sebelah bawah.
  2. Setelah itu pilih ikon HP. Dan di sini akan tampil informasi nomor model, serial number, dan Nomor IMEI lengkap.

Umumnya, apabila tidak muncul keterangan saat melakukan pengecekan, dapat dipastikan produk yang dibeli adalah palsu. Sebab, produk asli akan memiliki keterangan lengkap dan detail.

Apabila ingin memastikan kebenaran dari produk Teman-teman , lakukan lebih dari 1 cara hingga beberapa cara tersebut menghasilkan kesimpulan yang sama.

Akhir Kata

Itulah ulasan singkat mengenai cara cek HP Samsung yang dapat Teman-teman terapkan. Ada beberapa cara yang dapat dicoba yang meliputi menggunakan fisik, kualitas layar, LCD Test, Kode Rahasia, IMEI, Samsung Kiez dan CPU-Z.

Posting Komentar untuk "Cara Cek HP Samsung Asli Atau Tidak Dengan Mudah"

close