Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Artikel SEO Berkualitas yang Baik Agar Page One

Cara Membuat Artikel SEO Berkualitas

Cara Membuat Artikel SEO Berkualitas - Apa fungsi dari SEO? Secara umumnya, artikel berkualitas SEO bertujuan untuk bisa tampil di page one atau halaman utama google. Tutorial dan cara membuat artikel SEO ini sangat cocok untuk pemula yang baru mengenal dunia blogging. 

Mengapa kita harus tahu cara membuat artikel SEO?

Sebenarnya, menulis artikel yang berkualitas SEO itu hanya semudah ini, kok! Kerangka utama artikel SEO hanya pembukaan, konten dan isi dan penutup. Namun perlu diakui bahwa para pakar SEO memiliki trik dan cara tersendiri dalam memanjakan search engine Google. Tapi yang perlu diketahui bahwa artikel SEO harus juga disukai oleh pembaca.

[Baca Juga: 7 Cara Menulis Artikel SEO Agar Page One di Google]

Menulis sebuah konten yang menarik dan berkualitas adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Kita bisa saja membuat banyak artikel dalam waktu yang singkat tanpa peduli kualitas kontennya. Tapi karena hal inilah para para master IM memiliki bahan tertawaan. Hanya buang-buang waktu dan energi saja! 

Jadi, mulai sekarang, jika ingin sukses jadi blogger maka artikel berkualitas adalah hal yang mutlak dan wajib. Ibaratnya, blog itu adalah warung dan konten di dalamnya adalah menu makanan, jika makanan tidak enak ya sudah pasti warung akan sepi.

Kembali ke topik, apa itu artikel?

Bagaimana membuat artikel SEO berkualitas?

Sebagian besar penulis blog, terutama blogger pemula masih bingung dengan artikel yang berkualitas.

Artikel berkualitas adalah tulisan yang memuat konten yang mudah dibaca, mudah dipahami, menarik untuk dibaca dan dapat dipraktekkan secara langsung atau call to action oleh pembaca. Artikel berkualitas juga tidak hanya berupa pendapat dan opini pribadi tapi juga disertai data pendukung yang valid. 

Jangan terlalu seriuslah! Pokok bahasan kita ini akan dibahas secara santai, jadi nikmati saja. Bagaimana membuat artikel berkualitas? Langsung saja, berikut contoh kerangka dalam membuat artikel berkualitas dan tentunya menarik minat pembaca dan sangat cocok diterapkan untuk blogger pemula.

1. Tentukan Tujuan dan Tema Artikel

Pertama-tama yang akan dilakukan adalah menentukan tujuan dan tema. Seperti halnya dalam menulis suatu surat atau selebaran, maka tentu saja tulisan tersebut pastinya akan memiliki tujuan dan tema. Tujuan dapat berarti untuk siapa artikel tersebut dan tema berarti mengapa dan untuk apa dibahas.

[Baca Juga: 6 Cara Belajar SEO Untuk Pemula dan Mudah (Terbaru 2023)]

Setelah mengetahui siapa yang bermasalah dan mengapa mereka bermasalah maka saatnya bagi kita untuk membuat artikel yang berisi konten yang dapat menjadi solusi dari masalah tersebut. 

2. Riset Kata Kunci

Kita masuk ke bagian belajar SEO. Banyak blogger yang telah sukses tanpa tahu apa itu SEO. Tapi kembali lagi, lebih banyak mereka yang mengenal SEO dan menjadi blogger yang sukses. Melupakan SEO dalam membuat artikel memang ada benarnya juga. 

Tapi mari kita bahas bagian terpenting dalam SEO dan hubungannya dengan artikel yang berkualitas.

Artikel yang berkualitas itu tidak berpatokan penuh pada SEO. Belajar SEO itu fleksibel dan tidak perlu kaku. Banyak yang bertanya, di mana saya harus meletakkan keyword dalam suatu artikel? Beberapa akan menjawab keyword diletakkan di Judul, di paragraf pertama, tengah artikel dan paragraf akhir, menggunakan tag italic, bold dan underline pada keyword utama, dll. 

Beberapa teknik SEO tersebut sebenarnya berbahaya dan sudah tidak berlaku di Zaman Now!

Cara Riset Kata Kunci Yang Simpel Untuk Pemula

Sebagian besar menyarankan agar kita melakukan riset KW melalui ubersuggest atau pun google planner, bahkan tidak sedikit yang menggunakan tools SEO premium berbayar hanya untuk riset kata kunci yang tepat. Cara tersebut tidaklah pantas untuk pemula.

Saat Anda memutuskan menjadi blogger maka Anda harus belajar sendiri dan menikmati proses karena dalam dunia blogging kesuksesan dalam seminggu itu tidak akan pernah ada. Kecuali kamu bisa membuat artikel yang kontroversi dan di luar nalar, mungkin bisa.

Cara riset keyword yang saya anjurkan untuk pemula seperti saya adalah menggunakan google.com dengan memanfaatkan google penelusuran. Cara ini terkesan kurang efektif tapi cukup terpercaya untuk membuat artikel sampai di halaman pertama google. Berikut cara manual riset keyword tanpa google planner.

1. Kunjungi https://www.google.com

2. Masukkan kata kunci yang akan ditarget sesuai dengan artikel yang akan dibuat

Misalnya masukkan kata kunci "cara membuat artikel berkualitas"

Tips SEO blogger : Untuk blogger pemula sebaiknya menembak keyword yang hasilnya tidak terlalu besar. Cukup di bawah 100.000 hasil pencarian untuk belajar membuat artikel masuk ke halaman pertama mesin pencari Google

  • Kunjungi blog yang menarik terutama pada posisi satu sampai posisi lima untuk mempelajari struktur penulisan di blog tersebut, sekaligus melihat-lihat keyword yang mereka gunakan. Blog-blog tersebut sekaligus menjadi referensi dalam pembuatan artikel nantinya.
  • Lihat pada bagian bawah halaman pada bagian penelusuran terkait

Di sana akan banyak ditemukan kata kunci lain yang juga terkait dengan kata kunci yang kita akan gunakan dalam pembuatan artikel. Teknik ini digunakan untuk membuat artikel dengan metode LSI (Latent Semantic Index) yang menggantikan metode keyword density yang sudah tidak efektif lagi.

Kebiasaan mengulang kata kunci dalam artikel dapat membuat google kejam terhadap blog kita sehingga tidak tampil dihalaman depan. Bisa saja penalti tersebut didapatkan sebagai akibat disangkah spamming. Teknik membuat artikel SEO Friendly dengan metode LSI akan dibahas pada bagian bawah!

3. Cara Membuat Artikel yang User Experience

Pasti kamu pernah mendengar istilah "artikel untuk manusia bukan mesin pencari." Pernyataan tersebutlah yang membuat saya yakin bahwa teknik LSI dalam membuat konten berkualitas memang sangat tepat. Percuma membuat artikel panjang dan lebat seperti hutan jika cara penulisan dan gaya bahasanya menyerupai penulisan artikel ilmiah. 

Artikel yang user experience adalah artikel yang memanjakan pembaca. Tujuan kita menulis adalah memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi visitor blog. Jadi, cobalah untuk mulai membuat konten yang bermanfaat!

Ciri-ciri artikel yang memiliki konten berkualitas

Sebelum membuat konten berkualitas, ada baiknya kita tahu ciri-ciri dari suatu konten yang berkualitas.

Tersimpan di memori

Artikel yang berkualitas tentu saja dapat tersimpan di memori otak.

Call to Action

Call to actioan (CTA) adalah artikel yang mudah dipraktekkan dan dapat langsung diimplementasikan. Banyak ditemui pada blog tutorial.

Mengundang Share

Artikel buatan panduanIM misalnya mengundang ribuan share karena memiliki manfaat seperti CTA di atas. Untuk dapat membuat artikel yang mengundang share maka artikel harus full dan komplit dalam membahas suatu tema.

Isi konten dapat dipercaya

Agar isi konten dapat dipercaya maka dibutuhkan beberapa parameter pendukung seperti gambar, grafik dan video atau pun sumber terpercaya lainnya. Berapa banyak gambar dalam suatu artikel? Tidak perlu mempersoalkan tentang itu, yang penting gambar harus sesuai dengan isi artikel dan tidak mengganggu pembaca.

4. Cara Membuat Artikel SEO Berkualitas yang Baik

Kini kita masuk ke bagian inti dari artikel ini, yaitu menulis artikel SEO Friendly. Sebelum lanjut, sebaiknya kamu melihat dulu contoh-contoh artikel berkualitas SEO di blog-blog ternama seperti panduanIM dan Sugeng.id.

Cara Menulis Artikel Dengan Metode LSI

Setelah melakukan riset keyword di langkah kedua di atas, kita masuk ke bagian ini untuk menulis artikel SEO dengan metode LSI. Apa sih, LSI itu? LSI atau Latent Semantic Index adalah fitur yang diadopsi oleh mesin pencari atau search engine seperti google untuk dapat memahami maksud dari suatu artikel. - PanduanIM.com

Penggunaan metode LSI ini dapat meningkatkan posisi artikel di halaman pencari seperti google karena memiliki manfaat untuk meningkatkan relevansi terhadap keyword utama yang kita targetkan dengan menggunakan long tail keyword. 

Apa itu long tail keyword? Singkatnya, saat kita mencari keyword "Cara menulis artikel" maka long tail keywordnya dapat menjadi "Cara menulis artikel yang baik dan benar". 

Mengapa LSI? Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa artikel yang baik itu membuat pembaca nyaman. Teknik SEO jadul yang sudah tidak laku lagi seperti mengulang dan menuliskan kata kunci secara berulang-ulang dalam artikel membuat pengunjung ilfil dan terganggu. Dengan LSI, artikel akan lebih berbobot dengan kata kunci baru yang tetap mengarah ke keyword utama.

Cara membuat konten dengan teknik LSI dapat dilihat pada bagian riset kata kunci pada langkah kedua di atas. Hati-hati dalam penggunaanya jangan sampai membuat artikel kacau dan amburadul karena ingin memasukkan semua keyword yang berhubungan tanpa bisa membuat hubungan yang baik antar kata kuncinya. Kunci dari LSI adalah relevansi antar keyword dan tulisan.

5. Cara Optimasi SEO ON-PAGE

Setelah artikel siap dipublish, kita sebaiknya melakukan optimasi terhadap blog, secara khusus optimasi artikel yang siap tersebut sebelum benar-benar dibagikan kepada publik. 

1. Cara Membuat Link Singkat Untuk SEO

Permalink atau URL suatu halaman usahakan sesingkat mungkin dan mengandung tidak lebih dari 4 kata yang di dalamnya terdapat kata kunci utama. 

Contoh URL SEO

(Salahhttps://www.placelearn.com/2022/11/cara-riset-keyword-untuk.html

(Lumayan) https://www.placelearn.com/2022/11/cara-riset-keyword-untuk-bisnis-online.html

(Bagushttps://www.placelearn.com/2022/11/cara-riset-keyword.html

Pada blogger, saya sering membuat artikel dengan URL singkat dengan cara memposting artikel dengan judul yang singkat kemudian mengedit kembali artikel dengan judul yang lebih menarik. Hal ini agar URL halaman lebih singkat. Atau bisa langsung diubah dengan menggunakan tautan permanen khusus.

Keterangan: URL SEO harus membuat permalink yang sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan.

2. Cara Optimasi Gambar

Manfaatkan tag alt dan title dalam gambar. Bisa menuliskan keyword dalam tag alt dengan teknik long tail keyword. Gambar adalah salah satu faktor pendukung dalam artikel yang berkualitas. Banyak yang lebih senang membaca buku cerita berwarna dibandingkan dengan koran atau komik yang hanya hitam putih. Tapi sebagian yang gemar membaca novel mengatakan bahwa hitam putih sudah dapat menggambarkan seluruh warna kehidupan. #inspiration

Membuat konten berkualitas yang SEO memang tidak boleh setengah-setengah karena SEO saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya.

3. Cara Bangun Link Internal

Internal link juga tidak kalah penting dalam membuat sebuah konten yang saling berhubungan. Kita akan membahas lebih rinci lagi tentang link internal, seperti cara memuat anchor texr di blogger otomatis new tab, perbedaan antara link nofollow dan dofollow.

Berikanlah link internal yang sesuai sehingga dapat menghasilkan klik ke blog sendiri. Tujuan link internal ini untuk menurunkan bounce rate dan juga meningkatkan page views. Cara membuat link building di dalam blog harus relevan dan tidak boleh sembarangan jika ingin mendapat peringkat SEO. Salah satu teknik link building dalam blog SEO adalah memasang link ke kategori yang sama.

Kesimpulan 

Artikel yang berkualitas dan disukai oleh pembaca sudah pasti akan menjadi artikel yang SEO. Bukan hanya disukai tapi juga dapat memberikan jawaban dan solusi yang lengkap dari suatu permasalahan.

Intinya, menulis artikel yang SEO itu selalu mengalamatkan tujuan akhirnya kepada pembaca sehingga faktor user experience sangat krusial. Membuat konten SEO itu mudah kok, yang penting mau belajar dan terus belajar. Para blogger sesenior Mastimon pun pastinya sudah mengalami jatuh bangun dalam membangun sebuah blog sampai bebesar sekarang.

Saya masih blogger pemula tapi saya tertarik menulis tutorial blog. Kenapa? Karena saya juga sedang belajar dan mempraktekkan semua yang sudah saya pelajari dari para blog master SEO kemudian menuliskan caranya untuk para calon blogger dan blogger pemula seperti saya.

Akhir Kata

Terima kasih sudah membaca artikel tentang "Cara Membuat Artikel SEO Berkualitas yang Baik Agar Page One" yang sangat cocok untuk pemula, Semoga bermanfaat. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Artikel SEO Berkualitas yang Baik Agar Page One"

close