Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ide Bisnis Mahasiswa 2023, Bisa Dijalankan Sambil Kuliah

7 Ide Bisnis Mahasiswa 2023

7 Ide Bisnis Mahasiswa 2023 - Tahun ajaran yang sekarang sebentar lagi akan selesai, mungkin beberapa dari Teman-teman sudah akan lulus SMA dan ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi yaitu bangku perkuliahan. Sebagai mahasiswa, mungkin Teman-teman berpikir untuk menjalankan bisnis yang bisa menambah uang jajan atau membayar peralatan kuliah seperti pensil, penggaris, pulpen, buku, dan lain sebagainya. 

[Baca Juga: 11 Contoh Bisnis Tak Kenal Musim dan Tidak Pernah Sepi]

Untuk melakukan itu semua, Teman-teman harus bisa melatih diri untuk mandiri, terutama belajar mengatur finansial. Oleh sebab itu, masa kuliah tidak hanya sekedar belajar untuk masa depan, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis sampingan. Ada banyak sekali ide bisnis sampingan yang bisa Teman-teman jalankan sambil sekolah.

Dengan memiliki bisnis sampingan, mungkin Teman-teman bisa menambah pengalaman di dunia kerja. Jadi, Teman-teman tidak perlu khawatir soal pekerjaan jika sudah lulus nantinya. Selain itu, dengan menjalankan bisnis mahasiswa ini Teman-teman dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

[Baca Juga: 4 Contoh Peluang Usaha yang Cocok di Daerah Pegunungan]

Ada banyak sekali ide bisnis mahasiswa yang bisa Teman-teman lakukan. Mulai dari online shop, jual beli laptop, buka bengkel, hingga menjadi jasa les privat. Namun, dari itu semua ada beberapa yang mungkin bisa menggangu belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, pada artikel kali ini malesngeblog.com akan memberikan beberapa ide bisnis mahasiswa yang bisa dijalankan sambil kuliah.

7 Ide Bisnis Mahasiswa 2023 dengan Modal Kecil

Ada banyak sekali ide bisnis mahasiswa yang bisa dicoba. Namun, pada kesempatan kali ini, malesngeblog.com akan memberikan 7 ide bisnis mahasiswa yang bisa Teman-teman lakukan sambil kuliah. Untuk itu simak ulasan ide bisnis mahasiswa 2023 berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Online Shop

Online Shop

Sekarang ini berbelanja secara online sudah menjadi salah satu cara termudah untuk membeli suatu barang. Selain tidak perlu ke pasar, berbelanja secara online juga praktis dan lebih efisien. Teman-teman bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjual berbagai barang, mulai dari kebutuhan perkuliahan, pakaian, pernak pernik, hingga makanan ringan.

Bagi Teman-teman yang memiliki modal terbatas, Teman-teman bisa menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Cara menjadi reseller atau dropshipper sangatlah mudah. Selain itu, jika Teman-teman baru memulai bisnis online shop ini dan takut mengalami kerugian, Teman-teman juga bisa menerapkan sistem pre-order di toko milikmu. 

Teman-teman bisa mulai menjual barang dagangan melalui platform online seperti, website, Shoppe, Lazada, Bukalapak, dan sebagainya. Jika kampus Teman-teman memiliki tempat jualan, Teman-teman juga bisa memanfaatkan tempat tersebut untuk memasarkan barang dagangan Teman-teman.

Bagi Teman-teman yang memiliki uang lebih dan ingin mempromosikan barang dagang, Teman-teman bisa memilih platform promosi online seperti Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya. Namun, jika Teman-teman tidak memiliki uang untuk promosi berbayar, Teman-teman juga bisa memanfaatkan media sosial untuk media promosi barang dagangan Teman-teman. Promosi sendiri menjadi faktor terpenting untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

2. Jasa Penerjemah

Jasa Penerjemah

Ide bisnis mahasiswa modal kecil 2023 selanjunya adalah membuka jasa penerjemah. Membuka bisnis jasa penerjemah memang cocok untuk mahasiswa, apalagi jika jurusan yang diambil adalah jurusan bahasa asing. Sekarang ini, bahasa asing seperti bahasa inggris memang sudah menjadi salah satu bahasa internasional. Jadi tak heran kalau membuka jasa penerjemah bisa menjadi salah satu opsi yang tepat. Keuntungan dari membuka bisnis jasa penerjemah juga lumayan besar loh.

Bisnis jasa penerjemah ini sangat disukai mahasiswa, karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang serta peralatan. Cukup dengan HP saja, Teman-teman bisa memulai menjalankan bisnis ini. Selain itu, membuka jasa penerjemah juga bisa menambah ilmu sekaligus ketrampilan berbahasa asing.

3. Jasa Les Privat

Jasa Les Privat

Belajar, sekarang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan semua orang. Inilah yang membuat peluang bisnis jasa les privat semakin meningkat setiap harinya. Pasalnya, banyak sekali orang yang membutuhkan jasa les privat untuk menambah pemahaman materi belajar.

Teman-teman bisa memanfaatkan kemampuan Teman-teman sebagai mahasiswa untuk mengajarkan ilmu yang telah Teman-teman dapatkan. Teman-teman bisa mengajar siswa SD hingga SMA tergantung keinginan Teman-teman. Materinya juga sama, Matematika, PPKn, Bahasa Indonesia, hingga Bahasa Inggris.

4. Bisnis Mahasiswa Buket Snack

Bisnis Mahasiswa Buket Snack

Saat ini, buket snack memang sudah banyak berkembang di Indonesia. Buket snack sendiri biasanya digunakan mahasiswa untuk memberikan ucapan selamat, seperti wisuda, selesai skripsi, dan sebagainya.

Buket snack menjadi salah satu ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa karena mudah dan praktis. Membuat buket snack juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Hal yang paling diandalkan dalam menjalankan bisnis ini yaitu kreatifitas dan juga inovasi.

Keuntungan dari bisnis buket snack ini juga lumayan besar, apa lagi ketika ada wisuda. Teman-teman bisa memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menghasikan keuntungan yang lebih besar.

5. Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website

Ide bisnis mahasiswa 2023 yang bisa Teman-teman lakukan selanjutnya yaitu dengan membuka jasa pembuatan website. Bisnis ini sangat cocok untuk Teman-teman yang mengambil jurusan ilmu komputer atau teknik informatika. 

Dalam menjalankan bisnis ini, dibutuhkan skill atau keahlian khusus dalam pemograman. Selain itu, membuat website juga harus menarik dan kreatif agar pembeli bisa lebih puas. 

Teman-teman bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada teman Teman-teman yang sedang mendapatkan tugas membuat sebuah website. Teman-teman juga bisa menjadi freelancer di berbagai platform online.

6. Jasa Desain

Jasa Desain

Industri kreatif dibidang desain setiap hari selalu mengalami peningkatan. Hal ini karena banyaknya perusahaan yang membutuhkan jasa desain untuk memasarkan produk mereka.

Bagi mahasiswa jurusan desain grafis atau desain komunikasi visual, ide bisnis mahasiswa ini bisa menjadi salah satu peluang yang sayang untuk dilewatkan. Meskipun begitu, bagi Teman-teman yang tidak mengambil jurusan desain tetapi bisa mengoperasikan aplikasi editing dan cukup berpengalaman, Teman-teman juga bisa mencoba untuk menjalankan bisnis ini.

Ada banyak sekali software yang biasanya digunakan untuk menjalankan bisnis ini, diantaranya seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, dan lain sebagainya.

7. Penulis

Penulis

Ide bisnis mahasiswa 2023 selanjutnya yaitu menjadi penulis. Menjadi penulis memang sangatlah mudah, tidak perlu mengeluarkan banyak uang, Teman-teman bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Hanya bermodal HP dan jaringan internet saja, Teman-teman bisa memulai untuk menulis.

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa karena pekerjaannya tidak perlu ke kantor dan bisa Teman-teman lakukan dari rumah. Ada banyak sekali platform online yang bisa Teman-teman manfaatkan untuk menjual tulisan Teman-teman, salah satunya seperti sribulancer.

Memiliki pekerjaan sampingan bisa melatih Teman-teman untuk lebih mandiri, bertanggung jawab, serta bisa menambah pengalaman dalam dunia kerja. Dari 7 ide bisnis mahasiswa di atas, mana yang lebih cocok untuk Teman-teman? 

Akhir Kata

Baiklah Teman-teman semua, Itulah sedikit ulasan dari saya mengenai 7 Ide Bisnis Mahasiswa 2023, Bisa Dijalankan Sambil Kuliah. Yang mana mungkin bisa kalian coba salah satunya. Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "7 Ide Bisnis Mahasiswa 2023, Bisa Dijalankan Sambil Kuliah"

close