Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Menghemat Baterai HP Android Dengan Mudah

Cara Menghemat Baterai HP Android

Cara Menghemat Baterai HP Android - Apakah Smartphone Android Teman-teman suka kehabisan baterai? Boros Pemakaian? Pasti kesel bukan jika mengalami hal tersebut? Untuk itu, pada artikel kali ini malesngeblog.com akan memberikan tutorial cara menghemat baterai smartphone android yang mudah.

Seiring berkembangnya teknologi, smartphone android kini sudah menjadi salah satu alat kebutuhan sehari-hari, mulai dari sekolah online, pekerjaan, hingga dijadikan alat untuk berjulan di marketplace. Selain itu, smartphone android yang sekarang juga sudah canggih, tidak seperti zaman dahulu. Hal Ini bisa dibuktikan dengan adanya fitur yang terdapat pada smartphone android, contohnya seperti kamera.

Jika smartphone android kita mengalami masalah, tentu hal tersebut bisa membuat kegiatan sehari-hari kita menjadi kacau. Apalagi jika smartphone android tersebut digunakan untuk bekerja. Tentu hal ini bisa membuat pekerjaan kita menjadi terhalang.

Ada banyak sekali masalah yang biasanya dialami oleh pengguna smartphone android, salah satunya seperti baterai boros. Baterai boros memang menjadi salah satu masalah yang umum terjadi. Baterai boros sangatlah mengganggu, apalagi jika kita suka bermain game online sehari-hari. Hal itu akan membuat waktu bermain game kita menjadi berkurang, yang tadinya lama jadi lebih singkat.

Jika smartphone android Teman-teman mengalami hal tersebut. Tenang, Teman-teman tidak perlu khawatir. Berikut beberapa tips cara menghemat baterai smartphone android yang bisa Teman-teman lakukan agar baterai HP Teman-teman jadi lebih hemat.

Cara Menghemat Baterai HP Android yang Mudah

Berikut beberapa tips cara menghemat baterai smartphone android agar baterai Teman-teman jadi lebih awet.

1. Matikan mode getar

Cara menghemat baterai smartphone android yang pertama yaitu dengan cara mematikan mode getar. Cara ini cukup efektif untuk menghemat baterai smartphone android Teman-teman. Cara mematikannya juga sangatlah mudah, Teman-teman cukup masuk ke pengaturan lalu cari menu Suara & Getaran, kemudian pilih Off.

2. Kurangi kecerahan layar

Mengurangi kecerahan layar pada smartphone android ternyata bisa menghemat baterai loh. Cara mengurangi kecerahan layar smartphone android cukup mudah. Teman-teman bisa langsung geser layar smartphone android Teman-teman ke bawah atau bisa di melalui pengaturan smartphone android.

Jika melalui pengaturan, Teman-teman tinggal cari menu 'Tampilan' kemudian geser lingkaran kecil yang ada di garis horizontal ke samping kiri. Semakin ke kiri kecerahan semakin rendah. Teman-teman bisa geser sesuai selera. Selain itu, Teman-teman juga bisa menggunkan aplikasi pihak ketiga.

3. Kurangi aplikasi yang ON

Cara menghemat baterai smartphone android selanjutnya yaitu dengan menghapus latar belakang aplikasi yang berjalan. Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi baterai android yang cepat habis.

Cara menghapusnya yaitu Teman-teman tekan aja pada gambar kotak di pojok kiri bawah pada smartphone android, kemudian hapus aplikasi yang ON (tidak hapus aplikasi ya).

4. Matikan fungsi GPS jika tidak diperlukan

Jika Teman-teman sering mengaktifkan GPS dan tidak digunakan, hal ini ternyata bisa menguras baterai loh.

GPS sendiri yaitu aplikasi peta yang biasanya digunakan orang untuk mengarahkan lokasi tertentu. Untuk mematikannya, Teman-teman bisa masuk ke setelan atau pengaturan HP milikmu atau bisa dari menu layar atas ponsel Teman-teman. Kemudian nonaktifkan lokasi.

5. Matikan sambungan wifi bila tidak digunakan

Cara menghemat baterai smartphone android selanjutnya yaitu dengan mematikan wifi jika tidak digunakan. Jika Teman-teman memakai data atau kuota, lebih baik sambungan wifi dimatikan saja.

Caranya cukup mudah, Teman-teman masuk aja ke setelan atau pengaturan smartphone Teman-teman, kemudian ketik 'Wifi' di kotak pencarian kemudian nonaktifkan. Teman-teman juga bisa lewat menu layar atas jika Teman-teman ingin cepat.

6. Aktifkan mode optimasi agar baterai lebih hemat

Biasanya di ponsel android keluaran terbaru sudah menyediakan fitur ini. Jika sudah ada, Teman-teman masuk saja ke menu setelan atau pengaturan kemudian ketik baterai di kotak pencarian kemudian optimized mode, jika belum ada Teman-teman bisa setting mode hemat daya di ponsel Teman-teman atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

7. Disable atau nonaktifkan aplikasi bawaan

Cara menghemat baterai smartphone android selanjutnya yaitu dengan menonaktifkan aplikasi bawaan. Cara menonaktifkannya cukup mudah, Teman-teman pergi saja ke setelan atau pengaturan kemudian ketik app atau aplikasi di kotak pencarian, setelah itu pilih aplikasi yang ingin kalian disable/nonaktifkan.

8. Jangan gunakan wallpaper bergerak

Wallpaper biasanya ada dua macam yaitu wallpaper bergerak dan wallpaper biasa (diam). Sebaiknya Teman-teman pakai wallpaper biasa saja jika ingin baterai Teman-teman awet dan lebih lama dalam pemakaian.

9. Matikan fitur motions & gestures

Cara menghemat baterai smartphone android selanjutnya yaitu dengan mematikan fitur motions dan gestures. Fitur ini seperti 'screensoot dengan 3 jari'.

Cara mematikannya cukup mudah, Teman-teman pergi saja ke setelan atau pengaturan, kemudian ketik fitur tambahan pada kotak pencarian, lalu pilih 'motion dan gestures', setelah itu matikan fitur yang Teman-teman inginkan.

10. Gunakan greenify

Fungsi dari Greenify sendiri adalah untuk mengaktifkan mode saat smartphone android Teman-teman menghentikan semua aktivitas agar baterai Teman-teman menjadi lebih hemat. Namun, cara ini sendiri tidak disarankan karena untuk mengaktifkannya membutuhkan aplikasi pihak ketiga, yang kualitasnya belum terjamin secara pasti.

11. Matikan bluethooth dan wifi

Cara menghemat baterei smartphone selanjutnya yaitu dengan mematikan Bluethooth dan Wifi. Cara ini sangat efektif untuk menghemat baterai android, karena kedua fitur tersebut akan selalu mencari saluran jaringan jika masih aktif. Jadi pastikan untuk mematikan Bluethooth dan Wifi jika tidak Teman-teman gunakan.

Untuk menonaktifkannya pun cukup mudah, Teman-teman bisa melalui pengaturan pada smartphone Teman-teman lalu pilih ‘connections’. Tetapi tidak semua merek smartphone sama untuk  menonaktifkannya, namun yang pasti tempatnya masih sama, yaitu di pengaturan.

12. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika cara di atas masih tidak membuahkan hasil, Teman-teman bisa menggunakan cara ini. Di zaman yang sudah canggih seperti sekarang, banyak sekali developer yang sudah mengembangkan dan membuat aplikasi yang bisa membuat baterai smatphone android menjadi lebih awet.

Ada banyak sekali aplikasi pilihan yang bisa Teman-teman gunakan, baik berbayar maupun gratis. Teman-teman bisa pilih saja sesuai keinginan.

  • Kesimpulan Cara Menghemat Baterai HP Android

Memiliki smartphone yang baterainya awet memang menjadi salah satu kelebihan. Selain bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, memiliki baterai yang awet juga menghemat listrik. Jadi, tidak perlu mengisi daya baterai berkali-kali.

Jika baterai HP Teman-teman boros, Teman-teman bisa menggunakan cara di atas untuk mengatasinya. Namun, jika cara di atas masih tidak efektif, Teman-teman perlu memperbaikinya di konter smartphone. Mungkin baterai smartphone Teman-teman sudah rusak dan perlu diganti.

Akhir Kata

Demikianlah Teman-teman semua, Ulasan saya tentang Cara Menghemat Baterai HP Android Dengan Mudah. Jika cara di atas belum berhasil, Teman-teman disarankan pergi ke toko smartphone terdekat untuk melakukan perbaikan pada baterai Teman-teman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "12 Cara Menghemat Baterai HP Android Dengan Mudah"

close