Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fungsi Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Fungsi Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Fungsi Jaringan Komputer dan Manfaatnya - Seperti yang kita ketahui di era modern saat ini, penggunaan komputer hampir menyeluruh di semua kalangan. Apa lagi saat ini penggunaan jaringan komputer benar-benar saya rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tanpa jaringan komputer dan internet dalam jangka waktu yang lama pasti membawa dampak yang besar bagi kehidupan. Bahkan sebentar saja jaringan komputer hilang, maka sudah banyak aktivitas yang akan lumpuh.

Namun dibalik keuntungan jaringan komputer, ternyata ada juga kekurangan jaringan komputer.

penjelasan sederhana fungsi jaringan komputer. Fungsi jaringan komputer yang tidak bisa dilepaskan dari gaya hidup dan kebutuhan manusia modern saat ini telah melahirkan berbagai masalah umum yang sudah berakar.

Dan hari ini saya akan menjelaskan secara sederhana fungsi jaringan komputer lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Namun sebelumnya, simak sedikit materi tentang pengertian jaringan komputer berikut ini.

Apa itu jaringan komputer?

Pengertian jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih komputer yang terstruktur dalam suatu sistem yang memungkinkan terjadinya interaksi. Secara sederhana, tujuan jaringan komputer adalah agar node-node dalam jaringan dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya sesuai dengan tujuan dari jaringan komputer itu sendiri.

Dalam membangun jaringan komputer, secara khusus jaringan LAN (Local Area Network), hal utama yang harus diperhatikan adalah kebutuhan setiap node akan jaringan dan tujuan dari pembuatan jaringan komputer itu sendiri.

Karena itulah, terdapat beberapa jenis topologi jaringan komputer yang berfungsi sebagai model atau skema dalam membangun jaringan komputer agar jaringan yang dibangun lebih efektif dan efisien sesuai dengan tujuan dan manfaat yang ingin diperoleh atas terciptanya jaringan.

Paling tidak ada 3 hal utama yang harus diperhatikan dalam memilih topologi jaringan komputer sebelum melakukan instalasi jaringan komputer, yaitu mempertimbangkan kebutuhan terhadap jaringan, pengembangan jaringan komputer dan biaya instalasi jaringan komputer.

Jika kamu belum melihat tentang awal perkembangan jaringan komputer sampai seperti sekarang ini, ada baiknya kamu melihat artikel sebelumnya tentang Sejarah jaringan komputer.

Fungsi Jaringan Komputer

Adapun fungsi jaringan komputer bisa dilihat di bawah ini!

1. Mempercepat proses transfer data dan sharing file

Dengan memanfaatkan jaringan komputer, kita bisa mempercepat proses transfer data dari satu komputer ke komputer lainnya. Karena itu, fungsi jaringan komputer adalah untuk menghemat waktu pengiriman data dan informasi dari suatu tempat ke tempat lainnya.

2. Reabilitas tinggi

Jaringan komputer memiliki reabilitas yang tinggi. Reabilitas tinggi adalah kemampuan jaringan komputer untuk membagi data ke berbagai perangkat, seperti perangkat satu, dua dan tiga sehingga ketika satu komputer bermasalah atau rusak yang membuat data hilang, data bisa diperoleh kembali dari perangkat lainnya.

3. Hemat biaya

Perkembangan teknologi berkirim informasi membuat biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah. Dengan memanfaatkan internet, kita bisa menghemat biaya transfer data.

Bahkan dalam pembangunan jaringan komputer melalui teknologi perangkat jaringan komputer yang canggih membuat biaya komunikasi lebih murah dan cepat. Misalnya dalam jaringan LAN dari  yang memakai kabel berubah menjadi tanpa kabel (wireless).

4. Penyeberluasan informasi lebih cepat

Dengan jaringan komputer global atau internet, informasi dari berbagai penjuru dunia dapat sampai ke berbagai pelosok dunia secara cepat. Dengan demikian, jaringan komputer memiliki fungsi yang sangat sentral dalam hal menyebarluaskan informasi secara cepat.

5. Informasi yang dikirim lebih aman dan terlindungi

Data dan informasi yang dikirim melalui jaringan komputer jauh lebih aman dari kerusakan fisik. Selain itu, kerahasiaan informasi juga lebih aman.

Meskipun diakui bahwa data-data dalam jaringan komputer juga rentan untuk diretas, namun secara umum, informasi yang dikirim lebih aman dan terlindungi melalui jaringan komputer, terutama kerusakan secara fisik.

6. Media komunikasi jarak jauh

Dengan jaringan komputer, kita bisa berkomunikasi secara jarak jauh, bukan hanya melalui teks dan suara tapi juga melalui video call. Untuk menikmati layanan ini, kita tentu saja harus terhubung ke jaringan komputer menggunakan fasilitas internet yang disediakan oleh ISP (Internet Service Provider).

7. Memperluas jaringan melalui sosial media

Fungsi jaringan komputer yang terakhir adalah untuk memperluas jaringan melalui sosial media. Kita bisa berteman dengan orang-orang dari berbagai tempat dan negara, membangun relasi dan bisnis tanpa harus bertemu secara langsung.

Kekurangan Jaringan Komputer

Keuntungan dari penggunaan jaringan komputer memang sudah sangat banyak dirasakan oleh masyarakat. Mulai dari jaringan komputer sebagai media untuk mendapatkan hiburan, informasi yang lebih cepat diperoleh dari Google, banyak bisnis online yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet dan membuka kesempatan bagi para pebisnis muda untuk membangun startup, dan lain-lain. 

Kesimpulan

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa kekurangan jaringan komputer. Seperti membuat sikap manusia lebih individualistis, yang jauh semakin dekat dan yang dekat semakin jauh karena adanya sosial media, dan informasi yang beredar begitu cepat seringkali bukanlah informasi yang benar melainkan hoax. 

Karena itulah, berbagai informasi dari internet yang didapatkan melalui jaringan komputer harus difilter dan diolah dengan baik, benar dan tepat.

Akhir Kata

Terima kasih sobat telah membaca artikel "7 Fungsi Jaringan Komputer dan Manfaatnya" Semoga artikel ini berguna dan bermnafaat. Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Placelearn.

Posting Komentar untuk "7 Fungsi Jaringan Komputer dan Manfaatnya"

close